4 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Manfaat kentut bagi tubuh sangat banyak. Walau efeknya menimbulkan bau kurang sedap, namun kentut merupakan proses alami yang merupakan bagian dari sistem pencernaan dan baik bagi kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat kentut? Mari kita bahas mulai dari alasan kenapa kita harus kentut.

Manfaat Kentut

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buang angin merupakan proses alami dan dapat menjadi tanda bahwa sistem pencernaan bekerja sesuai dengan fungsinya. Dengan kata lain, makanan yang dikonsumsi telah diproses oleh tubuh dengan baik.

Tak hanya merupakan bagian dari sistem pencernaan saja. Jika ditelusuri lebih lanjut, ternyata buang angin bermanfaat juga untuk hal-hal berikut ini.

1. Menandakan makanan yang dikonsumsi sudah seimbang

Manfaat kentut pertama adalah memberi sinyal soal nutrisi. Menu makan yang terdiri dari protein, rendah lemak, sayuran, buah-buahan, biji-bijian sudah termasuk seimbang. Namun akan dihasilkan banyak gas dari hasil pencernaannya.

Di sisi lain, beberapa jenis karbohidrat tidak dapat langsung diurai dalam saluran pencernaan. Sehingga makanan akan difermentasi terlebih dahulu di usus besar sebelum dibuang. Proses fermentasi ini juga menghasilkan gas sehingga Anda buang angin.

2. Mengurangi rasa sakit pada perut

Selanjutnya, ada manfat kentut lainnya yakni mengurangi rasa sakit pada perut. Saat Anda makan, mengunyah, menelan, dan memproses makanan, semua hal ini menghasilkan gas dalam saluran pencernaan. Ketika gas menumpuk, lama kelamaan Anda akan merasa tidak nyaman dan bahkan menyebabkan rasa sakit.

Ketika menahan buang angin, gas tersebut tidak keluar dari badan sehingga tekanan dan rasa sakit dalam perut tidak akan berkurang. Namun buang angin akan melepaskan gas tersebut dan mengurangi tekenan sehingga rasa sakit akan berkurang.

3. Mengidentifikasi alergi pada makanan

Dari kentut, Anda dapat mengetahui apakah Anda alergi pada suatu makanan tertentu. Saat mengonsumsi makanan yang menyebabkan alergi, gejala yang ditimbulkan dapat berupa diare, mual, kembung dan produksi gas yang berlebih.

Jika Anda selalu merasakan gejala tersebut saat mengonsumsi makanan tertentu, lalu kentut, itu tandanya tubuh memberikan sinyal bahwa Anda alergi pada makanan itu. Itu adalah salah satu tambahan manfaat kentut.

Namun, penting untuk tetap berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui dengan jelas dan pasti mengenai makanan apa yang menyebabkan alergi.

4. Menunjukkan saluran pencernaan yang sehat

Saluran pencernaan yang sehat berarti dihuni oleh berbagai jenis bakteri baik yang lebih banyak. Bakteri-bakteri ini bekerja dalam memakan dan mencerna makanan yang Anda konsumsi. Saat sistem percenaan sehat dan bakteri dapat mudah memproses makanan, otomatis gas jadi lebih mudah terbentuk.

Tak Ada Alasan Menahan Kentut

Dengan demikian, tidak ada alasan lagi untuk Anda menahan kentut. Sebab, manfaat kentut sudah sangat jelas terlihat. Kentut dapat berfungsi sebagai indikator kesehatan pencernaan sampai jadi alat untuk mengidentifikasi alergi.

Namun memang, kentut tidak bisa sembarangan. Anda sebaiknya mencari toilet atau tempat sepi saat hendak buang angin. Tujuannya supaya tidak mengganggu orang lain.

Menahan kentut tidak berbahaya langsung pada organ tubuh, namun memang dampaknya pada tubuh terasa begah. Selain itu, usus juga akan terasa seperti menggelembung karena penyumbatan gas yang tertahan kentutnya.

Dalam kondisi tertentu, menahan kentut memang bisa berdampak fatal seperti menimbulkan divertikulitis. Namun kasus ini sangat jarang terjadi dan lebih banyak ditemui pada pasien usia lanjut.

Jadi, kunci untuk mendapatkan manfaat kentut adalah dengan tidak menahannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Jenis Makanan yang Bikin Kita Sering Kentut

Bila dalam satu hari rasa ingin buang angin datang terlalu sering, lama-lama Anda tentu kewalahan. Apa saja makanan pemicu sering kentut?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Kesehatan Pencernaan, Gangguan Pencernaan Lainnya 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

Mencium Bau Kentut Ternyata Berpotensi Baik untuk Kesehatan

Meski baunya tak sedap dan kerap dihindari, ternyata mencium bau kentut juga dapat berdampak baik untuk kesehatan Anda, lho.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kesehatan, Informasi Kesehatan 3 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Saya Terus Kentut Saat Olahraga?

Selain badan sakit, terus kentut saat olahraga juga sering dialami banyak orang. Namun, apa penyebabnya, ya? Lantas, normalkan bila ini terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan, Informasi Kesehatan 4 September 2019 . Waktu baca 4 menit

Perut Terasa Ramping Setelah Kentut, Apa Karena Ada Kalori yang Ikut Terbakar?

Anda mungkin pernah merasa tubuh jadi lebih ramping setelah kentut. Karena itulah, banyak orang menduga bahwa tubuh membakar kalori saat kentut. Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 4 Februari 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kentut dalam sehari

Berapa Kali Kentut dalam Sehari yang Masih Dianggap Normal?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 16 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
tidak bisa kentut susah kentut

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
mengurangi kentut terus-terusan

Kentut Terus-terusan? Simak 9 Langkah Praktis untuk Mengurangi Kebiasaan Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
kentut saat berhubungan seks

Kentut Saat Berhubungan Seks, Apakah Ini Normal?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 20 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit