4 Jenis Makanan Penyebab Bau Badan yang Tidak Anda Sangka

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sudah menjaga kebersihan diri namun tetap punya bau badan yang kurang sedap? Tentu hal ini bisa bikin Anda minder dan tidak nyaman sepanjang hari. Apalagi ketika Anda harus bertemu atau berdekatan dengan orang lain. Bisa jadi, bau badan yang tak sedap ini disebabkan karena makanan yang Anda konsumsi selama ini. Ya, makanan bisa menjadi alasan mengapa badan berbau kurang sedap. Lalu makanan apa saja yang menjadi penyebab bau badan?

Berbagai makanan yang menjadi penyebab bau badan

Keringat yang dikeluarkan tubuh biasanya tidak memiliki bau yang menyengat. Ketika keringat mengenai bakteri yang ada di permukaan kulit, baru kemudian bau badan muncul. Sementara, makanan yang Anda makan bisa memperkuat bau yang keluar dari badan Anda tersebut. Hal ini terjadi ketika makanan penyebab bau badan tersebut memengaruhi aroma keringat setelah dicerna di dalam tubuh. Apa saja makanan penyebab bau badan?

1. Bawang putih

Bumbu dasar yang selalu ada di dalam setiap makanan ini disebut-sebut dapat menyebabkan bau badan menjadi kurang sedap. Hal ini disebabkan karena bawang putih memiliki zat yang disebut dengan allicin. Zat ini secara ilmiah memang mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun, sayangnya zat ini justru memengeruhi aroma keringat Anda.

2. Daging merah

Meskipun enak dan lezat, ternyata terlalu banyak makan daging merah bisa bikin badan Anda punya bau badan kurang sedap. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Chemical Sense, menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi banyak daging merah secara terus-terusan dalam waktu dua minggu, memiliki bau badan yang tak sedap. Walaupun begitu, belum diketahui berapa banyak jumlah daging merah yang dikonsumsi yang bisa menjadi penyebab bau badan.

3. Makanan yang mengandung sulfur 

Makanan yang mengandung zat sulfur, seperti brokoli, kembang kol, dan kol, termasuk makanan penyebab bau badan. Pasalnya zat sulfur yang ada di dalam makanan tersebut akan diserap oleh tubuh kemudian menyebabkan peningkatan jumlah keringat dan memengaruhi aroma keringat maupun napas Anda.

manfaat makan ikan

4. Makanan pedas

Anda penyuka makanan pedas? Jika iya, hati-hati, bisa saja Anda sebenarnya punya bau badan yang kurang sedap tetapi Anda tak menyadarinya. Lagi-lagi, makanan pedas memiliki kandungan kimia yang dapat masuk ke pembuluh darah, dan kemudian memengaruhi napas dan keringat. Apalagi biasanya setelah mengonsumsi makanan pedas, tubuh Anda akan berkeringat. 

Kurang konsumsi sayuran hijau juga bisa menyebabkan bau badan

Ternyata rutin mengonsumsi sayuran hijau bisa membantu menghilangkan bau badan. Chlorophyllin adalah suatu zat yang ditemukan pada tumbuhan dan sudah digunakan sebagai deodoran melalui konsumsi oral pada tahun 1940-an dan 1950-an. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam dapat menyegarkan tubuh dan mencegah bau badan. Jadi, mungkin saja bau badan yang Anda alami akibat kurang dari konsumsi chlorophyllin ini.

Untuk menyiasati bau badan, Anda juga bisa menambahkan konsumsi sayuran hijau saat menyantap makanan penyebab bau badan seperti daging. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi risiko bau badan karena makanan tertentu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Khasiat Minyak Daun Basil untuk Kesehatan Tubuh

Selain digunakan sebagai bumbu masak rica-rica, daun basil juga bisa diekstrak menjadi minyak yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Herbal A-Z 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Tips Membedakan Sakit Perut Karena Gas dan Karena Penyakit Lain

Sakit perut merupakan gejala dari masalah pencernaan yang sering muncul. Namun, apa bedanya sakit perut karena gas dan karena penyakit lain?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Monika Nanda
Kesehatan Pencernaan, Radang Usus Buntu 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Begini Cara Memilih Multivitamin yang Aman dan Sesuai untuk Anda

Banyak jenis multivitamin yang ada di pasaran. Tapi yang manakah yang sesuai dengan Anda? Berikut cara memilih multivitamin yang tepat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Fakta Gizi, Nutrisi 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Sering Tidak Disadari, Bulu Mata Juga Bisa Kutuan! Apa Gejalanya?

Hati-hati, mata yang gatal bisa jadi disebabkan oleh kutu bulu mata. Wah, bagaimana bisa terjadi dan seperti apa cara mengobatinya? Berikut ulasannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Penyakit Mata 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tanaman untuk kamar

Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
mulut bayi berjamur

Ciri-ciri Infeksi Jamur (Oral Thrush) di Mulut Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
Bekas luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Langkah yang Tepat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
cara menghilangkan nyeri haid

9 Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit