Anda Sering Jatuh? Ini Kondisi Medis yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 15 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Keseimbangan tubuh yang baik dibutuhkan setiap orang untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Lalu bagaimana dengan orang yang mudah jatuh karena tidak seimbang? Ya, mungkin Anda salah satu orang yang sering jatuh atau ‘oleng’ ketika berjalan atau saat melakukan aktivitas lainnya. Hati-hati, keseimbangan tubuh yang kurang baik bisa jadi tanda Anda mengalami beberapa kondisi medis yang tidak Anda sadari. Lalu apa saja kondisi medis yang menyebabkan Anda tidak mempunyai keseimbangan tubuh yang baik dan mudah jatuh?

Kondisi medis yang sering terjadi dan menyebabkan keseimbangan tubuh kurang baik

1. Masalah telinga dalam

Telinga tidak hanya berfungsi sebagai indera pendengar saja, namun juga bertanggung jawab atas keseimbangan tubuh. Di dalam telinga bagian dalam terdapat sebuah rongga yang berisi cairan dan sensor keseimbangan. Ketika terjadi infeksi atau gangguan pada telinga dalam, maka cairan dan sensor keseimbangan akan terganggu sehingga tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik. Jadi, otak tidak menerima sinyal apapun dari sensor keseimbangan dan membuat Anda menjadi tidak seimbang dan mudah jatuh.

2. Mempunyai otot-otot yang lemah

Orang yang sudah memasuki masa lanjut usia, rata-rata mempunyai keseimbangan yang buruk. Jadi jangan heran jika, banyak lansia yang sering dan mudah jatuh sehingga harus ditemani ke mana pun untuk menghindari risiko tersebut. Hal ini memang umum terjadi pada lansia, karena otot-otot mereka mulai melemah akibat massa otot berkurang. Massa otot akan berkurang seiring dengan pertambahan usia. Untuk mencegah hal ini terjadi di masa tua Anda, maka Anda sebaiknya melakukan olahraga yang rutin agar massa otot tidak mudah berkurang.

3. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Gejala pusing dan kehilangan keseimbangan berkurang terkadang juga disebabkan oleh efek samping dari penggunaan suatu obat. Salah satu contoh sederhananya saja, beberapa obat bisa membuat Anda mengantuk dalam beberapa menit setelah mengonsumsinya. Rasa kantuk ini membuat keseimbangan Anda menurun, sehingga mudah jatuh.

Risiko pusing dan kehilangan keseimbangan dapat lebih besar jika Anda mengonsumsi lebih dari satu jenis obat dalam satu waktu. Apabila Anda yakin bahwa obat tersebut memiliki efek samping terhadap keseimbangan tubuh Anda, sebaiknya diskusikan hal tersebut ke dokter.

4. Kurang pasokan darah ke otak

Kurangnya aliran darah ke otak disebut dengan hipotensi ortostatik dan percaya atau tidak, kondisi ini ternyata cukup umum terjadi. Sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak hampir seribu orang ini menunjukkan bahwa sebanyak 21% dari total respondennya mengalami hipotensi ortostatik. Jika Anda sering pusing dan tidak seimbang ketika berdiri dari posisi duduk atau tiba-tiba bangun dari posisi tidur, maka penyebabnya adalah hipotensi ortostatistik. Kondisi ini bisa disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Kurang asupan makanan juga dapat mengakibatkan hal ini terjadi. Apabila kondisi ini sering terjadi, maka Anda harus memeriksakan diri ke dokter.

Kondisi medis yang jarang terjadi namun bisa menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi buruk

1. Kerusakan saraf

Salah satu kelompok orang yang paling berisiko untuk mengalami hal ini adalah penderita diabetes. Dalam bahasa medis kerusakan saraf disebut juga dengan neuropati perifer yang juga bisa diakibatkan oleh infeksi, kekurangan vitamin, kelainan genetik, terlalu sering minum alkohol, dan beberapa trauma yang menyebabkan kerusakan saraf di kaki, tangan, dan kepala.

2. Tumor otak

Salah satu gejala yang timbul jika seseorang memiliki tumor di otaknya adalah kehilangan keseimbangan, mudah jatuh, dan pusing. Namun, kehilangan keseimbangan yang diakibatkan oleh tumor otak biasanya sangat sering terjadi. sehingga jangan cemas dan khawatir dulu jika Anda hanya sesekali mengalami kehilangan keseimbangan, maka kemungkinan besar bukan tumor otak penyebabnya.

Tumor yang berjangkit di dalam otak dapat menyebabkan gangguan koordinasi serta otak tidak sempurna dalam mengirim atau menerima sinyal, sehingga keseimbangan tubuh buruk. Oleh karena itu jika Anda sering mengalami masalah keseimbangan, lebih baik untuk periksakan diri ke dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Konsumsi Kayu Manis Berlebihan, Hati-hati Risikonya untuk Kesehatan

Meski memiliki manfaat, perhatikan jumlah asupan kayu manis. Terlalu banyak mengonsumsi rempah ini memiliki risiko kayu manis yang berbahaya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Pria kadang suka "keluar" duluan. Adakah cara agar seks menjadi lebih lama? Yuk simak berbagai cara tahan lama pria saat berhubungan seks di bawah ini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Seksual, Tips Seks 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Hidung ingusan memang sangat menganggu Anda. Berikut tips yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan hidung meler, entah karena flu atau alergi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengobati tipes

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
buah zakar gatal

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
menghangatkan tubuh

6 Cara Menghangatkan Tubuh Saat Sedang Kedinginan

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
suplemen herbal yang harus dihindari menjelang operasi

Hati-hati, 8 Suplemen Herbal Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Masuk Ruang Operasi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit