5 Penyakit yang Membuat Anda Sering Menguap

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda sering menguap belakangan ini? Apakah Anda cukup tidur? Jika Anda merasa sudah cukup tidur, maka kenapa tetap saja sering menguap? Apa sih yang menyebabkan Anda menguap sebenarnya?

Apa yang menyebabkan kita menguap?

Menguap adalah kegiatan yang tidak Anda sadari, karena terjadi begitu saja atau disebut juga gerakan involuntary. Memangnya Anda pernah menguap karena memang berniat untuk menguap? Kegiatan ini langsung diatur dan dikontrol oleh otak tanpa kita sadari. Menurut penelitian, menguap merupakan kegiatan untuk ‘mendinginkan’ otak. Otak seperti mesin-mesin yang selalu beroperasi setiap saat dan ada kalanya otak kita merasa panas karena dipakai terus menerus. Ketika terjadi kondisi tersebut maka secara otomatis otak akan mendinginkan dirinya sendiri dengan cara merangsang Anda untuk menguap.

Sebenarnya, ketika Anda menguap, maka secara alami Anda akan meregangkan rahang serta meningkatkan aliran darah ke leher, wajah, dan kepala. Kemudian, saat menguap juga secara tidak sadar Anda akan menarik napas dalam-dalam dan membuat cairan tulang belakang serta darah mengalir dari otak ke tubuh bagian bawah. Hal ini membuat mulut terbuka lebar dan angin dari luar pun masuk untuk mendinginkan otak. Oleh karena itu, menurut sebuah penelitian ketika di udara dingin tubuh akan lebih sering menguap dibandingkan saat berada di tempat yang bersuhu panas.

Penyakit yang menyebabkan Anda menguap berlebihan

Menguap yang berlebihan yaitu jika menguap lebih dari sekali dalam satu menit dan biasanya disebabkan oleh kelelahan dan ngantuk yang sangat amat. Walaupun begitu ternyata sering menguap juga menunjukkan adanya gangguan pada kesehatan Anda. Apa saja gangguan tersebut?

1. Central Sleep Apnea

Kondisi ini merupakan masalah yang muncul ketika Anda tidur dan biasanya gejala yang muncul adalah kesulitan bernapas atau bahkan berhenti bernapas saat tertidur di malam hari. Gangguan pernapasan ini berkaitan dengan masalah pada otak yang ‘terlupa’ untuk memberikan otot-otot Anda untuk bernapas saat tertidur.

Central sleep apnea berbeda dengan obstructive sleep apnea yang merupakan gangguan pernapasan yang diakibatkan oleh tertutupnya saluran pernapasan. Orang yang mengalami central sleep apnea tidak mengalami penyumbatan pada saluran pernapasan, tetapi masalahnya adalah pada koneksi antara otak dengan otot-otot yang berperan dalam pengambilan napas. Jika Anda memiliki gangguan ini, Anda akan sering menguap karena tidur Anda terganggu sehingga menimbulkan kelelahan dan rasa kantuk yang berlebihan.

2. Serangan jantung

Serangan jantung atau juga disebut sebagai infark miokardium dalam bahasa medis adalah kondisi di mana fungsi jantung terganggu akibat jantung tidak mendapatkan aliran darah yang mengandung oksigen serta zat makanan yang digunakan untuk memompa darah. Aterosklerosis adalah penyebab utama dari serangan jantung, yaitu pembuluh darah yang tersumbat akibat plak-plak yang terbentuk dari lemak yang kemudian membuat aliran darah tidak lancar ke jantung.

Gejala yang ditimbulkan jika Anda mengalami serangan jantung adalah sakit pada bagian dada, berkeringat, mual, gangguan pernapasan, serta kelelahan. Oleh karena itu, menguap juga akan sering terjadi karena Anda akan merasa sangat lelah.

3. Multiple sclerosis

Multiple sclerosis adalah masalah kronis pada sistem saraf sentral, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang selubung jaringan saraf dan kemudian menyebabkan peradangan serta menimbulkan luka pada jaringan. Berbagai gejala ditimbulkan oleh multiple sclerosis ini, namun sekitar 80% penderita multiple sclerosis mengalami kelelahan serta keletihan yang berat dan juga akan menyebabkan Anda menguap lebih sering. Selain itu, orang yang menderita multiple sclerosis juga mengalami gangguan dalam mengatur suhu tubuh dan sering kali menguap untuk mempermudah mengatur suhu kembali normal.

4. Stroke

Stroke adalah penyakit yang disebabkan rusaknya jaringan otak akibat pembuluh darah pada otak tersumbat plak, yang kemudian menyebabkan aliran darah yang membawa oksigen serta makanan tidak sampai ke otak. Sel dan jaringan otak pun rusak dan menimbulkan penyakit stroke. Sebuah jurnal, yaitu Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry menyebutkan bahwa penderita stroke juga akan sering menguap. Hal ini disebabkan karena luka yang terjadi pada otak menyebabkan iritasi pada sistem saraf yang kemudian meningkatkan suhu pada otak. Lalu akan muncul gerakan menguap sebagai respon untuk mendinginkan otak.  

Sebuah penelitian pada pasien stroke menemukan bahwa pasien stroke menguap setidaknya lebih dari 3 kali dalam 15 menit.

5. Epilepsi

Epilepsi adalah masalah pada otak yang menimbulkan gejala kejang-kejang yang tidak terduga kapan terjadinya dan sering berulang. Kejang-kejang ini diakibatkan oleh perubahan kegiatan listrik otak yang disebabkan oleh berbagai hal seperti konsumsi obat-obatan terlarang, gangguan dan masalah otak sejak kecil, meningitis, stroke, dan trauma yang menimbulkan kerusakan otak. Beberapa studi menemukan bahwa orang yang sering kali menguap berlebihan mungkin saja memiliki masalah pada otak, salah satunya adalah epilepsi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Jangan Digaruk! Ini 2 Jenis Obat Infeksi Jamur Vagina untuk Meredakan Gejala

Vagina gatal akibat infeksi jamur tentu sangat mengganggu aktivitas. Redakan dengan berbagai obat infeksi jamur vagina, mulai dari krim sampai obat minum.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Wanita, Infeksi Jamur Vagina 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Jenis-Jenis Pijat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Badan pegal bisa jadi lebih segar setelah dipijat. Ada beragam jenis pijat yang memberikan manfaat yang berbeda-beda. Anda lebih suka yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Pengobatan Alternatif, Pengobatan Herbal dan Alternatif 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Micellar water populer di kalangan makeup artist dan pencinta produk skincare. Namun, apakah produk ini aman dan bermanfaat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Fakta Mengagumkan Soal Lutut Manusia yang Tangguh Tapi Rawan Cedera

Lutut manusia bertugas untuk menopang aktivitas Anda sehari-hari. Yuk, cari tahu berbagai fakta menarik soal kesehatan lutut berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit dari tikus

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
keluar air mani

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
efek bleaching gigi

Efek Bleaching untuk Memutihkan Gigi, Adakah yang Perlu Diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
mie instan atau nasi

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit