home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Langkah Wajib Dalam Perawatan Kulit

3 Langkah Wajib Dalam Perawatan Kulit

Merawat kulit, terutama wajah, sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Nah, apakah selama ini langkah perawatan kulit Anda sudah benar? Atau selama ini Anda belum mulai perawatan apa pun karena sudah malas duluan saat mendengar soal repotnya merawat kulit?

Padahal, menjaga kesehatan kulit itu tidak perlu ribet. Bila dilakukan dengan benar dan secara rutin, tiga langkah saja sudah cukup untuk menjaga kulit tetap sehat.

Tiga langkah wajib dalam perawatan kulit

Pada dasarnya, prinsip perawatan kulit yang tepat itu mencakup membersihkan, menjaga kelembapan, dan melindungi. Karena itu, Anda bisa mengikuti tiga langkah perawatan kulit berikut ini:

1. Cuci muka dengan pembersih yang lembut, bebas sabun

Membersihkan wajah dapat dilakukan pada pagi hari saat bangun tidur untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel pada wajah selama Anda tidur. Lakukan lagi pada malam hari sebelum tidur untuk membersihkan riasan wajah (makeup) yang Anda gunakan seharian serta kotoran yang menempel pada wajah seperti partikel debu, polusi, dan kotoran lainnya akibat beraktivitas di luar ruangan.

Langkah perawatan kulit wajah dimulai dengan mencuci wajah Anda menggunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menimbulkan iritasi seperti sabun atau pewangi tambahan yang berlebih. Pembersih wajah yang formulanya lembut dan ringan dapat membantu menjaga struktur lapisan kulit agar bekerja secara optimal dan kondisi kulit wajah Anda tetap sehat. Selain itu, pembersih wajah yang lembut umumnya cocok bagi semua jenis kulit.

Basahi wajah pakai air, lalu ratakan pembersih wajah pada seluruh permukaan wajah menggunakan ujung jemari Anda dengan gerakan memutar. Setelah itu, bilas wajah sampai tuntas dan keringkan menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepukkannya pada wajah secara perlahan hingga kering.

2. Melembapkan kulit dengan moisturizer

Langkah perawatan kulit selanjutnya adalah melembapkan kulit. Langkah ini penting bagi semua orang dengan setiap jenis kulit. Artinya, Anda juga harus tepat memilih jenis pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Contohnya, bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak sebaiknya menggunakan pelembap yang ringan, tahan lama, dan yang terpenting tidak menyumbat pori-pori.Sementara, bagi Anda yang ingin menjaga kelembapan kulit kering, gunakan moisturizer yang dapat diserap dengan cepat oleh kulit Anda.

Moisturizer sangat membantu dalam mencegah kulit jadi kering. Dengan begitu, kulit pun akan terasa tetap lembut dan halus. Pelembap kulit ini paling efektif bekerja saat kulit masih sedikit basah, biasanya setelah mandi. Maka itu, segera oleskan pelembap setelah Anda selesai mandi.

3. Lindungi kulit dengan tabir surya

Menurut Cleveland Clinic,melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari sangatlah penting karena matahari memancarkan radiasi sinar ultraviolet (UV). Jika kulit dibiarkan terpapar radiasi UV dalam waktu lama tanpa perlindungan apa pun, kulit Anda dapat mengalami berbagai masalah. Mulai dari keriput, kusam, belang, muncul flek hitam, hingga meningkatkan risiko pertumbuhan sel kanker.

Sayangnya, sinar matahari tidak selalu bisa dihindari. Maka, salah satu langkah perawatan kulit yang juga penting dilakukan adalah menggunakan tabir surya (sunscreen) untuk melindungi kulit Anda.

Pilih tabir surya yang menawarkan SPF 30 atau lebih dan pastikan produk pilihan Anda dapat melindungi dari paparan radiasi sinar UVA dan UVB sekaligus.

Gunakan tabir surya setidaknya 15 menit sebelum keluar ruangan setiap hari. Bahkan saat Anda menggunakan pakaian tertutup atau matahari tak tampak, tetap gunakan tabir surya pada kulit wajah dan seluruh bagian tubuh. Jika dalam sehari Anda terpapar sinar matahari terus-menerus, gunakan tabir surya setiap dua jam sekali.

Nah, tiga langkah wajib dalam perawatan kulit tersebut cukup mudah, bukan? Yuk, saatnya mulai menjaga kesehatan kulit dengan membiasakan langkah-langkah tersebut setiap hari. Bila Anda punya keluhan khusus atau ada pertanyaan soal kondisi kulit, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit (dermatolog).

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

10 skin care secrets for healthier-looking skin | American Academy of Dermatology. Retrieved from https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/skin-care-secrets Accessed July 1, 2019

Basic Skin Care Tips, Information, & More | Cleveland Clinic. (2016). Retrieved from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9982-skin-care-basics-and-tips Accessed July 1, 2019

Do You Really Need a Skin Care Routine?. Retrieved from https://www.nm.org/healthbeat/healthy-tips/do-you-really-need-a-skin-care-routine Accessed July 1, 2019

Yuen, C. (2016). How to Take Care of Your Skin. Retrieved from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-types-care#skin-care-dos Accessed July 1, 2019

 

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 04/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x