backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

5

Tanya Dokter
Simpan

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Cara Ampuh Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Hapsari · Tanggal diperbarui 27/10/2022

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Cara Ampuh Mengatasinya

Sakit kepala sebelah kiri adalah salah satu kondisi yang kerap menjadi keluhan. Penyebab sakit kepala sebelah kiri pun bisa muncul dari kebiasaan sehari-hari hingga gejala dari kodisi medis tertentu. Berikut penjelasan mengenai sakit kepala jenis ini, mulai dari penyebab hingga cara ampuh untuk mengatasinya.

Berbagai penyebab sakit kepala sebelah kiri

saridon obat sakit kepala

Penyebab sakit kepala sebelah kiri sangat beragam dan terkadang tidak Anda sadari. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya yang perlu Anda ketahui.

1. Faktor gaya hidup

Tanpa disadari, kebiasaan Anda sehari-hari bisa menyebabkan sakit kepala muncul hanya di sebelah kiri.

Misalnya, kurang tidur dapat meningkatkan hormon stres kortisol yang bisa memicu sakit kepala sakit kepala tegang (tension headache). Orang yang memiliki gangguan tidur lebih berpotensi untuk sering sakit kepala bagian kiri.

Selain itu, mengonsumsi makanan asin yang berlebihan dan faktor stres bisa membuat otot menegang dan menurunkan sirkulasi darah sehingga menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri.

2. Infeksi atau alergi

Infeksi umum seperti pilek atau sinus bisa menyebabkan sakit kepala yang tak tertahankan.

Ini terjadi karena saluran sinus menyempit saat Anda mengalami infeksi atau alergi sehingga membuat kepala sakit.

Bahkan, infeksi yang lebih serius, seperti ensefalitis dan meningitis, juga mengakibatkan sakit kepala hebat yang bisa muncul di kepala sebelah kiri.

3. Terlalu sering minum obat pereda nyeri

Meski tujuan awalnya adalah mengobati sakit kepala, obat pereda nyeri seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan paracetamol bisa membuat gejala sakit kepala semakin parah.

Apalagi jika Anda mengonsumsi obat pereda nyeri tersebut dalam dosis yang berlebihan dan dikonsumsi lebih dari 2 – 3 hari per minggu, hal ini sebaiknya dikurangi.

4. Migrain

Sakit kepala sebalah dapat dipicu oleh migrain di sebelah kiri. Kondisi ini umumnya ditandai dengan serangan sakit kepala atau denyutan pada satu sisi kepala Anda.

Migrain di sebelah kiri dapat didahului atau disertai dengan migrain aura. Migrain aura adalah gangguan penglihatan atau sensasi mati rasa di salah satu sisi tubuh.

5. Gangguan saraf

Dalam banyak kasus, sakit kepala sebelah kiri juga bisa disebabkan karena adanya masalah saraf.

Berikut ini beberapa masalah saraf yang bisa menyebabkan sering sakit kepala sebelah kiri.

  • Neuralgia occipital.
  • Giant cell arteritis.
  • Trigeminal neuralgia.

6. Berbagai kondisi medis lain

Sakit kepala sebelah kiri bisa terjadi akibat kondisi kesehatan yang dimiliki oleh seseorang, seperti peningkatan tekanan dalam bola mata atau glaukoma dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Menurut Harvard Health Publishing, sakit kepala di sebelah kiri yang intens bisa jadi pertanda jika mereka mengalami hipertensi berat.

Adapun kondisi kesehatan lain yang dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri, yakni tumor dan stroke.

Sakit kepala bisa jadi pertanda adanya pembekuan darah menghambat sirkulasi darah ke otak yang menyebabkan stroke.

Gejala sakit kepala sebelah kiri yang harus diwaspadai

Sakit kepala gejala stroke ringan

Meski sakit yang terasa di kepala adalah salah satu masalah kesehatan yang terbilang umum, kondisi satu ini tidak boleh disepelekan.

Berikut adalah beberapa gejala sakit kepala yang perlu Anda perhatikan.

1. Muncul secara tiba-tiba dan terasa sangat menyakitkan

Segera pergi ke dokter bila tiba-tiba Anda mengalami sakit kepala secara mendadak disertai dengan rasa nyeri yang hebat dan tak tertahankan.

Apalagi kalau rasa sakit di bagian kiri belum pernah Anda alami sebelumnya, terutama sakit yang terasa seperti kepala Anda dipukul keras-keras dan bertambah parah hanya dalam hitungan beberapa menit.

2. Sulit bicara disertai dengan mati rasa

Bila Anda merasakan sakit kepala bagian kiri yang dahsyat yang diikuti dengan gangguan seperti bicara melantur, sulit menyusun kalimat, linglung, sulit berpikir, dan sulit memahami kata-kata orang lain, bisa jadi Anda mengalami stroke.

Apalagi kalau muncul gejala yaitu sulit menggerakkan anggota tubuh dan muncul rasa kesemutan atau kebas, tanda Anda mengalami stroke bisa lebih besar.

3. Gangguan penglihatan

Menurut dr. Emad Estemalik dari Cleveland Clinic Lerner College of Medicine di Amerika Serikat (AS), sakit kepala bagian kiri dengan gangguan penglihatan bisa jadi gejala migrain yang serius.

Rasa sakit kepala sebelah akibat migrain dapat menyebabkan penglihatan Anda jadi kabur hingga berbayang.

4. Gejala tambah parah kalau berganti posisi

Perhatikan, apakah rasa sakit di kepala yang menyerang jadi makin menyiksa kalau Anda ganti posisi? Sebagai contoh, kalau Anda membungkuk, bangkit berdiri, atau duduk.

Jika rasa sakit menjadi tambah parah kalau ganti posisi, bisa jadi ini adalah salah satu gejala bocornya cairan serebrospinal dalam otak.

5. Tidak kunjung sembuh

Jika obat pereda nyeri tidak juga membuat rasa sakit mereda, maka segeralah periksakan ke dokter.

Anda juga disarankan untuk ke dokter kalau rasa sakit tidak kunjung mereda, meskipun sudah lebih dari 24 jam dan Anda sudah minum obat pereda nyeri.

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri

menumbuhkan rambut

Berikut beberapa pilihan cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri yang tergolong efektif dan ampuh.

1. Beristirahat

Saat sakit kepala akibat kurang tidur menyerang, segeralah cari tempat untuk berbaring atau sekadar duduk.

Usahakan Anda beristirahat di ruangan yang tenang dan terhindar dari kebisingan agar bisa berbaring dengan tenang.

Cobalah untuk tenangkan diri dan lemaskan bagian kepala serta pundak Anda.

2. Atur napas

Stres adalah salah satu faktor pemicu sakit kepala. Salah satu cara efektif untuk meredakan stres agar terhindar dari sakit kepala adalah dengan mengambil napas dalam-dalam.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Tutup mata Anda dan ambil napas melalui hidung.
  2. Selanjutnya, hirup napas dalam-dalam untuk dua hitungan.
  3. Tahan napas dalam satu hitungan.
  4. Lalu buang napas perlahan dalam empat hitungan.

3. Pijat kepala pelan-pelan

Anda bisa coba memijat bagian yang sakit menggunakan jari telunjuk dan atau ibu jari Anda. Misalnya, jika kepala Anda terasa sakit di bagian kiri, pijat kepala di area tersebut.

Berikan pijatan ringan dengan konstan selama 7 – 15 detik, lalu lepaskan. Ulangi lagi sampai Anda merasa sakit berkurang.

4. Minum obat pereda nyeri

Apabila beristirahat tidak cukup meredakan sakit kepala bagian kiri, Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri.

Obat yang biasa digunakan adalah aspirin, paracetamol, ibuprofen, naproxen. Namun, perlu diperhatikan untuk mengonsumsi obat tersebut harus disesuaikan dengan jenis sakit kepala yang menyerang.

5. Lakukan peregangan sederhana

Sempatkanlah untuk melakukan peregangan selama beberapa menit. Tak perlu melakukan peregangan yang sulit, cukup lakukan dengan gerakan-gerakan sederhana.

Contohnya, menekuk kepala ke satu sisi kemudian putar perlahan ke arah bawah membentuk gerakan setengah lingkaran, biarkan dagu Anda menyentuh dada.

Anda bisa ulangi kembali ke sisi yang berlawanan.

6. Banyak minum air putih

Jadi, jika Anda mengalami sakit kepala bagian kiri yang disertai dengan haus, mulut kering, rasa lelah berlebihan, serta frekuensi buang air kecil yang jarang-jarang, cobalah untuk minum segelas air.

Sebab, kondisi ini bisa menunjukkan Anda sedang mengalami dehidrasi.

7. Jauhi gadget Anda untuk sementara waktu

Jika pekerjaan mengharuskan Anda menatap layar komputer waktu lama, berikan kesempatan mata Anda untuk beristirahat sekitar 10 menit per jam.

Selain itu, perhatikan juga posisi duduk Anda. Jika ingin menggunakan handphone, usahakan Anda berada dalam posisi yang pas.

8. Kompres dingin atau hangat

Anda bisa melakukan teknik kompres dingin atau kompres panas di bagian kening dan belakang leher untuk mengatasi sakit kepala bagian kiri.

Hal ini akan membantu melancarkan peredaran darah dan mengendurkan otot-otot yang kaku.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Damar Upahita

General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Hapsari · Tanggal diperbarui 27/10/2022

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan