Sering Main HP Bisa Menyebabkan Sakit Kepala, Benarkah?

Sering Main HP Bisa Menyebabkan Sakit Kepala, Benarkah?

Banyak orang yang bilang jika terlalu sering menatap layar HP bisa mengalami migrain atau sakit kepala. Memang hampir semua orang kini tidak bisa lepas dari smartphone atau HP setiap hari. Namun, apakah benar main HP bisa menyebabkan sakit kepala?

Apakah main hp bisa menyebabkan sakit kepala?

Terlalu lama menatap layar HP ternyata sudah terbukti dapat meningkatkan risiko migrain dan sakit kepala.

Memang sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa radiasi ponsel berpotensi membahayakan kesehatan.

Salah satunya, yaitu kebiasaan sering menyimpan ponsel di saku celana yang terbukti dapat meningkatkan risiko kanker pada manusia.

Terkait sakit kepala, sebuah studi pada jurnal Environmental Analysis Health and Toxicology menemukan fakta bahwa menatap layar ponsel terlalu lama bisa menjadi salah satu pemicu kambuhnya sakit kepala.

Hal ini dibuktikan dengan meneliti sebanyak 12.969 orang di Thailand, kemudian mengukur seberapa lama mereka menatap layar HP, komputer, atau televisi setiap harinya.

Berdasarkan penelitian tersebut, para ahli menemukan fakta bahwa semakin sering Anda main HP, maka semakin besar risiko mengalami sakit kepala hingga 13,4 persen.

Namun, mereka tidak menemukan bukti bahwa main HP dapat meningkatkan risiko jenis sakit kepala lain selain migrain.

Oleh karena itu, terlepas dari apa pun alasan main HP, entah karena main game atau melihat media sosial, sebaiknya segera kurangi kebiasaan ini.

Apa penyebab sakit kepala saat main HP?

mengganggu kesehatan mental

Sebenarnya, para ahli masih belum menemukan penyebab pasti hubungan antara sakit kepala dengan kebiasaan sering main HP.

Pasalnya, jangka waktu main HP pada setiap orang berbeda-beda, tergantung dari kebiasan masing-masing.

Meski begitu, ada beberapa dugaan alasan dari kondisi ini, yakni sebagai berikut.

1. Paparan cahaya biru dan elektromagnetik

Para ahli menduga bahwa ini ada kaitannya dengan paparan cahaya biru dan elektromagnetik dari ponsel atau layar televisi dan laptop.

Ketika Anda sering main HP dalam waktu yang lama, cahaya biru dan elektromagnetik dari ponsel dapat mengganggu sinyal di otak dan menyebabkan stres.

Stres yang terus-menerus menumpuk di kepala inilah yang bisa memicu sakit kepala, khusunya migrain.

2. Postur tubuh yang salah

Penyebab migrain dan sakit kepala saat main HP juga bisa disebabkan oleh postur tubuh yang salah.

Kebanyakan orang atau mungkin juga Anda sendiri sering kali menatap layar HP dengan posisi menunduk. Artinya, posisi HP berada di bawah pandangan mata.

Tanpa disadari, kebiasaan ini dapat menyebabkan ketegangan otot di beberapa bagian tubuh, terutama pada otot-otot leher. Otot-otot leher yang tegang ini terhubung ke bagian kepala.

Ketika otot leher menegang, maka kepala akan terasa seperti ketarik dan lama-kelamaan bisa memicu migrain dan sakit kepala.

3. Kurang tidur

Bukan hanya itu, sakit kepala dan migrain juga bisa terjadi jika Anda punya kebiasaan main HP hingga larut malam.

Kurang tidur bisa menyebabkan Anda lebih rentan terkena sakit kepala daripada orang yang mendapat waktu tidur yang cukup.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab sakit kepala kambuh akibat penggunaan HP.

Adakah cara menghilangkan sakit kepala karena main HP?

gangguan akibat main hp terus

Cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi sakit kepala kambuh karena main HP adalah dengan mengubah gaya hidup Anda.

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa gejala sakit kepala bisa berkurang setelah membatasi waktu main HP, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengerem kebiasaan ini demi kesehatan Anda sendiri.

Awalnya tentu tidak mudah, tapi cobalah berkomitmen pada diri Anda sendiri untuk tidak terlalu sering main HP dalam sehari. Berikut beberapa cara mudahnya.

  • Batasi waktu main HP saat di rumah, khususnya saat jam makan dan waktu kumpul keluarga.
  • Pasang timer saat main HP, menonton TV, atau main komputer.
  • Istirahatkan mata secara berkala. Setiap 20 menit, alihkan pandangan Anda ke benda yang jauh selama 20 detik. Ini dapat membantu meregangkan otot-otot mata yang lelah karena menatap layar ponsel.
  • Alihkah perhatian dengan melakukan hobi tanpa gadget, misal dengan menggambar, main catur, membaca buku, olahraga, dan sebagainya.
  • Konsultasikan ke dokter jika Anda masih merasa sulit terlepas dari HP atau bahkan sampai kecanduan.

Cara ini bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan risiko sakit kepala, tetapi juga mencegah Anda dari kecanduan main HP.

Bahkan, cara sederhana ini juga dapat menurunkan risiko gangguan penglihatan, mata perih, dan obesitas yang mungkin terjadi karena kebiasaan main HP yang tidak sehat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Chongchitpaisan W, Wiwatanadate P, Tanprawate S, Narkpongphan A, Siripon N. Trigger of a migraine headache among Thai adolescents smartphone users: a time series study. Environ Anal Health Toxicol. 2021 Mar;36(1):e2021006-0. https://doi.org/10.5620/eaht.2021006

Wang J, Su H, Xie W, Yu S. Mobile Phone Use and The Risk of Headache: A Systematic Review and Meta-analysis of Cross-sectional Studies. Sci Rep. 2017 Oct 3;7(1):12595. https://doi.org/10.1038/s41598-017-12802-9

6 Tips To Help Combat Computer Vision Syndrome. (2022). Retrieved 12 August 2022, from https://health.clevelandclinic.org/computers-and-blurry-vision-5-fixes-for-your-tech-induced-eyestrain/

Cell Phones And Wireless Radiation Can Lead To Headaches – Environmental Health Trust. (2022). Retrieved 12 August 2022, from https://ehtrust.org/cell-phones-wireless-radiation-can-lead-headaches/

Headache in Smartphone Users: A Cross-Sectional Study. (2022). Retrieved 12 August 2022, from https://www.avensonline.org/fulltextarticles/jnp-2332-3469-04-0025.html

Is Excess Screen Time Causing Your Headaches?. (2022). Retrieved 12 August 2022, from https://www.houstonmethodist.org/blog/articles/2020/apr/is-extra-screen-time-causing-your-headaches/

Is Too Much Screen Time Causing Your Child’s Headaches? | Will Erwin Headache Research Foundation. (2022). Retrieved 12 August 2022, from https://cureheadaches.org/2020/11/04/is-too-much-screen-time-causing-your-childs-headaches/

Mobile phones and your health – Better Health Channel. (2022). Retrieved 12 August 2022, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/mobile-phones-and-your-health

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri Diperbarui Sep 08
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita