home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sakit Kepala Sebelah Berhari-hari, Bagaimana Cara Menanganinya?

Sakit Kepala Sebelah Berhari-hari, Bagaimana Cara Menanganinya?

Sakit kepala sebelah khas migrain bisa berlangsung selama beberapa jam atau bahkan berhari-hari. Apakah bahaya? Bagaimana cara mengatasinya?

Sakit kepala sebelah berhari-hari menandakan status migranosus

Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala sebelah yang dapat menyebabkan mual dan muntah serta gangguan penglihatan seperti sensitivitas terhadap cahaya, adanya garis zig zag di mata, melihat seperti titik-titik atau bintang, pandangan buram sebelum migrain terjadi.

Selain itu bisa ditandai dengan munculnya sensasi aneh pada indra penciuman dan pendengaran, seperti terdengarnya bunyi-bunyian di telinga atau terciumnya bau aneh. Ini disebut migrain aura.

Gejala migrain bisa ringan hingga parah. Bila keluhan sakit kepala sebelah tetap masih berlangsung berhari-hari meski Anda sudah istirahat dan minum obat, ini adalah gejala status migranosus.

Status migranosus juga bisa terjadi ketika Anda tidak mendapatkan pengobatan secepatnya ketika aura muncul, tidak mendapatkan pengobatan yang sesuai, atau terlalu sering menggunakan obat sakit kepala.

Gejala status migranosus selain sakit kepala sebelah

Kebanyakan kasus sakit kepala sebelah yang terjadi berhari-hari tidak menimbulkan gejala khas, atau mirip gejala migrain biasa namun berlangsung lebih lama.

Tidak semua orang mengalami gejala yang sama (gejala bisa muncul sebagian atau sepenuhnya), kemungkinan gejala yang akan terjadi, seperti:

  • Perubahan kesadaran. Seseorang dengan migrain mungkin akan mengalami kesulitan dalam konsentrasi, merasa bingung, mengantuk, dan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi.
  • Munculnya aura. Seseorang yang merasakan aura, biasanya akan mengalami perubahan pada penglihatan dan indera lainnya.
  • Sakit kepala. Rasa sakitnya bisa terjadi di satu sisi kepala dan bisa menyebar ke sisi kepala lainnya.
  • Nafsu makan berkurang dan menyebabkan dehidrasi sehingga elektrolit dalam tubuh menjadi tidak seimbang.
  • Sensasi kesemutan bisa terjadi di lengan, tangan atau tungkai.

sakit kepala setelah cabut gigi

Pemicu munculnya status migranosus

Banyak pemicu yang bisa menyebabkan migrain bisa, seperti bau parfum yang terlalu kuat, alergi, stres, atau kelelahan. Kemungkinan berkembangnya migrain biasa menjadi status migranosus terjadi meliputi:

  • Ketidakseimbangan hormon.
  • Perubahan cuaca.
  • Pernah menjalani operasi di kepala atau wajah.
  • Adanya luka pada leher atau kepala.
  • Perubahan dalam pengobatan, contohnya obat antidepresan atau pil KB.

Bagaimana status migranosus didiagnosis?

Tidak ada satu tes kesehatan yang secara khusus digunakan untuk mendeteksi migrain. Oleh karena itu, dokter biasanya akan memberikan diagnosis melalui pertanyaan seputar gejala yang dialami pasien. Riwayat kesehatan pasien dan tes kerja neurologis atau MRI mungkin akan dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit lain yang menjadi penyebab terjadinya migrain.

Pengobatan dan pencegahan sakit kepala sebelah berhari-hari

Dilansir dari Medical News Today, tidak ada obat yang bisa menyembuhkan migrain. Namun, peengobatan akan difokuskan untuk mengurangi gejala-gejala yang muncul sehingga tidak terus bertambah buruk. Beberapa obat yang digunakan seperti:

  • Steroid untuk mencegah peradangan, seperti prednisone
  • Antimual untuk mengurangi rasa mual, pusing, dan kebingungan, seperti chlorpromazine, benadryl, dan supositoria bila kondisi muntah parah.
  • Antikejang untuk mengatasi kesemutan pada bagian tubuh
  • Obat untuk dehidrasi bila keimbangan cairan memburuk

Agar Anda terhindar dari sakit kepala sebelah berhari-hari, perbanyak minum air putih, konsumsi makanan yang dapat meringankan sakit kepala dan selalu terapkan pola tidur yang baik. Bila gejala migrain muncul segera minum obat untuk mencegah bertambah buruknya gejala.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Types of Migraines: With and Without Auras. https://www.healthline.com/health/types-of-migraines. Diakses pada 9 Februari 2018.

Understanding Status Migrainosus: Intractable Migraine. http://yourmigrainedoctor.com/2017/10/understanding-status-migrainosus-intractable-migraine/. Diakses pada 9 Februari 2018.

What Is Status Migrainosus? https://www.webmd.com/migraines-headaches/guide/status-migrainosus-symptoms-causes-treatment. Diakses pada 9 Februari 2018.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 21/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x