Kenapa Makanan Asin Bisa Bikin Sakit Kepala?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pusing dan sakit kepala adalah gejala yang sangat umum terjadi pada siapa pun. Menurut survei yang dilakukan oleh Harvard Health Publication, bahkan hampir 90 persen kasus sakit kepala dan pusing tidak diketahui penyebabnya. Namun jika belakangan sakit kepala Anda suka kambuh, mungkin ini saatnya Anda lebih memerhatikan apa yang Anda makan setiap hari. Apalagi jika memang Anda doyan makan makanan asin.

Ya! Makanan asin bisa menjadi salah satu penyebab Anda suka sakit kepala. Kenapa begitu? Lantas, seberapa banyak makanan asin atau garam yang boleh dikonsumsi dalam satu hari agar tidak menyebabkan sakit kepala?

Kenapa sering makan makanan asin bikin kepala sakit?

Makanan asin sebagai penyebab “unik” dari sakit kepala bahkan telah dibenarkan dan dibuktikan oleh banyak penelitian. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan para ahli dari Johns Hopkins Medicine.

Dalam studi tersebut, peserta penelitian dibagi menjadi dua kelompok. Yang pertama diberikan makanan yang tinggi garam (sekitar 8 gram natrium per hari), sedangkan kelompok kedua hanya mengonsumsi natrium sebanyak 4 gram.

Percobaan ini dilakukan selama 30 hari dan di akhir penelitian diketahui bahwa kelompok yang dosis natriumnya lebih tinggi melaporkan lebih sering mengalami pusing atau sakit kepala, ketimbang kelompok satunya lagi.

Mengapa demikian?

Natrium adalah zat mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun ketika dikonsumsi berlebihan dan jumlahnya menumpuk dalam aliran darah, efeknya dapat mempersempit pembuluh darah. Pada akhirnya, tekanan darah akan meningkat.

Aliran darah yang tidak lancar ini akan mengurangi asupan darah beroksigen menuju otak. Otak yang kekurangan oksigen tidak bisa berfungsi optimal. Nah, kondisi inilah yang menyebabkan timbulnya sakit kepala setelah makan makanan asin. 

batas maksimal makan garam

Seberapa banyak sih makanan asin yang boleh dimakan dalam satu hari?

Bagi Anda yang sehat dan tidak punya riwayat penyakit apapun, sebenarnya tidak masalah menggunakan garam ke dalam masakan. Namun jumlahnya tetap harus diperhatikan.

Kementerian Kesehatan menganjurkan untuk menggunakan garam maksimal sebanyak 1 sendok makan atau setara dengan 6 gram dalam satu hari. Sementara untuk orang yang sehat dan tidak memiliki kondisi kesehatan tertentu, batas konsumsi natrium dalam satu hari adalah kurang dari 2300 mg. Jika Anda tak ingin punya tekanan darah tinggi atau terkena serangan jantung tiba-tiba, sebaiknya patuhi anjuran tersebut dan jangan melebihi batasan.

Apabila Anda punya riwayat penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung, gangguan fungsi ginjal, dan tekanan darah tinggi, maka mungkin batasan natrium yang dianjurkan bagi Anda berbeda. Pasalnya, natrium bisa memengaruhi kondisi kesehatan Anda.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa sebenarnya natrium tak ada hanya di dalam garam saja, tapi sebagian besar makanan kemasan pasti punya natrium di dalamnya. Batasan yang telah disebutkan sebelumnya juga termasuk natrium yang Anda konsumsi dari makanan atau minuman kemasan, bukan hanya dari garam saja. Jadi, Anda juga harus membatasi makanan dan minuman kemasan, jika tak ingin sering sakit kepala.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kepala Terasa Sakit Ketika Sedang Lapar? Begini Penjelasannya

Selain perut yang keroncongan, sakit kepala juga bisa menjadi pertanda saat tubuh sedang lapar. Memangnya, apa alasannya, ya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

6 Trik Jitu Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Stres

Stres dapat memicu sakit kepala atau memperburuk gejalanya. Lantas, bagaimana cara menghilangkan stres sekaligus sakit kepala? Ini tipsnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 5 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sakit Kepala Saat Cuaca Dingin, Apa Penyebabnya?

Sakit kepala merupakan kondisi yang umum. Namun, beberapa orang lebih sering mengalami sakit kepala saat cuaca dingin. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 4 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Sakit Kepala Bagian Depan, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Sakit kepala bagian depan dapat terjadi karena berbagai penyebab. Ketahui apa saja penyebab, gejala, dan cara mengatasinya di artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 28 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat vertigo

Berbagai Pilihan Obat Vertigo: Mana yang Paling Efektif?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 12 menit
sakit kepala setelah cabut gigi

Kenapa Bisa Sakit Kepala Setelah Cabut Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
kurang asupan makanan

7 Ciri-Ciri pada Tubuh yang Menandakan Anda Kurang Asupan Makanan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
sakit kepala di belakang mata

9 Penyebab Sakit Kepala Nyut-nyutan di Belakang Mata

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit