Perbedaan Antara Stroke dan Neuropati

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Neuropati adalah kerusakan saraf. Saraf berkomunikasi dengan otak tetapi mereka berada di luar otak dan sumsum tulang belakang. Saraf memberikan stimulus listrik untuk otot-otot dan ‘memberit ahu’ otot untuk bekerja. Saraf juga menerima masukan dari berbagai lokasi tubuh dan mengirim pesan ke otak tentang sensasi tubuh, seperti panas dan dingin, rasa sakit dan sentuhan, dan menyampaikan tekstur dan lokasi sensasi.

Ketika saraf rusak, gejala dapat beragam. Saat terjadi stroke, gejalanya juga beragam. Oleh karena itu, wajar bila Anda bingung dengan dua kondisi ini karena banyak gejala yang saling tumpang tindih.

Perbedaan stroke dan neuropati berada di kategori berikut:

Penyebab

Neuropati dapat menyebabkan gejala yang tampak mirip dengan stroke. Namun, neuropati disebabkan oleh penyakit saraf, yang terjadi di luar otak, sedangkan stroke disebabkan oleh aliran darah yang tidak cukup pada otak.

Waktu terjadinya

Stroke jauh lebih berbahaya daripada neuropati dan biasanya terjadi secara tiba-tiba. Neuropati di sisi lain, walau termasuk kondisi medis yang serius, umumnya tidak darurat dan berbahaya serta berkembang dalam jangka waktu lebih lama daripada stroke.

Gejala terkait

Perbedaan penting lainnya antara neuropati dan stroke adalah bahwa neuropati tidak langsung menyebabkan beberapa gejala yang umumnya terkait dengan stroke, seperti sakit kepala, pusing atau perubahan penglihatan.

Neuropati dapat mengakibatkan perubahan sensasi. Perubahan mungkin termasuk kurangnya sensasi atau sensasi yang tidak biasa seperti nyeri, kesemutan, terbakar, mati rasam atau bahkan seperti ada sesuatu yang merayap di bawah kulit. Sering kali, neuropati menyebabkan hipersensitivitas, biasanya membuat Anda merasa tidak nyaman dengan sentuhan ringan.

Neuropati juga dapat menyebabkan kelemahan pada lengan atau kaki. Biasanya, ini hanya terjadi ketika neuropati dalam tingkat parah. Neuropati biasanya dianggap sebagai penyakit pada kedua sisi tubuh, tetapi umum terjadi bila satu sisi lebih buruk kondisinya daripada sisi lainnya.

Beberapa orang menyadari adanya masalah keseimbangan pada neuropati. Hal ini umumnya tidak separah masalah keseimbangan pada stroke. Masalah keseimbangan yang disebabkan oleh neuropati umumnya terlihat ketika penderitanya mencoba untuk berjalan di garis lurus atau berdiri dengan kedua kaki bersamaan. Neuropati menyebabkan masalah keseimbangan karena penderita neuropati mengalami kesulitan sensorik. Hal ini membuat mereka sulit untuk melakukan hal-hal yang memerlukan koordinasi baik, seperti berjalan di garis lurus.

Tanda-tanda

Ketika seseorang dengan neuropati diperiksa refleksnya, refleks penderita neuropati umumnya tidak bergerak cepat seperti biasa. Hal ini sering membantu dokter dalam membedakan antara neuropati dan stroke. Tes diagnostik disebut Elektromiografi (EMG) dan konduksi studi saraf/Nerve Conduction Study (NCV) menunjukkan kelainan saraf pada pasien dengan neuropati. Pencitraan otak mempelajari kelainan yang ditunjukkan pada pasien stroke.

Masalah jangka panjang

Masalah terbesar pada neuropati adalah masalah jangka panjang. Penderita neuropati tidak dapat merasakan sakit di kaki atau tangan, jadi ketika tangan, jari, atau kaki terluka, penderita neuropati bahkan mungkin tidak menyadarinya. Perdarahan, dan bahkan infeksi bisa terjadi ketika cedera tidak diketahui. Masalah jangka panjang stroke dapat termasuk atrofi otot dan kekakuan otot.

Apa saja penyebab neuropati?

Ada banyak penyebab neuropati, seperti diabetes, obat, kemoterapi, gagal ginjal, alkohol, kekurangan vitamin B12, dan beberapa infeksi. Salah satu jenis yang paling parah adalah sindrom Guillain Barre, juga disebut demielinasi polineuropati akut. Penyakit berbahaya ini ditandai dengan neuropati berkembang cepat dan menyebabkan kelemahan, biasanya dimulai pada kaki, dan kemudian dengan cepat naik ke atas kaki dan akhirnya sampai ke otot-otot yang mengendalikan pernapasan, menyebabkan masalah pernapasan berat dan dapat mengancam nyawa.

Apa saja pengobatan untuk neuropati?

Neuropati sangat sulit untuk diobati. Perawatan yang paling efektif adalah dengan mengontrol penyebabnya, apakah itu karena alkohol, diabetes atau obat. Dalam beberapa kasus, diagnosis awal neuropati, pengendalian penyebab dari penyakit ini dapat membalikkan beberapa atau sebagian besar gejala. Obat untuk nyeri dan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh neuropati sangat membantu bagi sebagian besar pasien.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Berbagai Perawatan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

    Walaupun tidak punya masalah atau penyakit, sebaiknya kulit dirawat sejak dini. Intip ragam perawatan untuk kulit agar lebih sehat.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Kesehatan Kulit 18 September 2020 . Waktu baca 8 menit

    Transplantasi Ginjal

    Pelajari hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum menjalani transplantasi ginjal, mulai dari persiapan, proses, pemulihan, sampai risikonya di sini.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Urologi, Ginjal 15 September 2020 . Waktu baca 11 menit

    Akantosis Nigrikans, Saat Kulit Menebal dan Menghitam Akibat Diabetes

    Akantosis nigrikans adalah gangguan kulit yang ditandai dengan kulit menebal dan menggelap. Kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda diabetes.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Penyakit Diabetes, Diabetes Tipe 2 8 September 2020 . Waktu baca 5 menit

    11 Cara Mencegah Diabetes yang Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini

    Meski tak bisa disembuhkan, ada berbagai macam cara mencegah diabetes. Tindakan pencegahan diabetes ini pun sangat sederhana. Apa saja?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Penyakit Diabetes, Diabetes Tipe 2 8 September 2020 . Waktu baca 9 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    nyeri atau sakit punggung

    Nyeri Punggung, Ketahui Penyebab Hingga Pengobatan yang Efektif

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
    daging ayam belum matang

    4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
    atrofi otot

    Informasi Lengkap Atrofi Otot, Mulai dari Gejala Hingga Pengobatan

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 18 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
    penyakit pada lansia

    5 Penyakit yang Banyak Menyerang Lansia di Indonesia

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 12 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit