Gejala Penyakit Jantung yang Umum Terjadi (Pada Pria Maupun Wanita)

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update Mei 14, 2020
Bagikan sekarang

Mungkin selama ini Anda mengira gejala penyakit jantung sama dengan gejala serangan jantung, gangguan irama jantung, atau gagal jantung. Padahal, tidak demikian. Lantas, apa saja ciri-ciri penyakit jantung yang perlu Anda ketahui? Simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Kenali gejala atau ciri-ciri penyakit jantung

Penyakit jantung (penyakit kardiovaskuler) dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani segera dengan perawatan yang tepat.

Penyakit jantung terdiri dari berbagai jenis, mulai dari serangan jantung hingga gagal jantung. Setiap jenisnya, menunjukkan gejala yang berbeda-beda. Meski demikian, Anda dapat mengenali gejala umum dari penyakit jantung yang sering dikeluhkan penderitanya, sebagai berikut:

1. Nyeri dada

jantung berdebar saat maag

Nyeri dada atau angina merupakan gejala awal penyakit jantung yang cukup mengkhawatirkan karena bersifat nyeri dan rasa tidak nyaman pada dada. Biasanya gejala ini terjadi saat otot-otot jantung tidak memperoleh cukup darah yang kaya dengan oksigen.

Tanda-tanda sakit jantung ini hampir ditemui pada semua jenis penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner, infeksi otot jantung (miokarditis), infeksi selaput jantung (perikarditis), dan rusaknya katup jantung.

Rasa nyeri ini bisa berlangsung selama beberapa hari ataupun minggu. Namun, tingkat keparahan nyeri bisa berbeda-beda tergantung seberapa banyak plak yang menumpuk di arteri koroner jantung.

Nyeri dada biasanya muncul ketika jantung harus bekerja lebih keras, contohnya seperti saat berolahraga atau berjalan jauh. Agar Anda bisa membedakan nyeri dada akibat penyakit jantung dengan kondisi medis lainnya, perhatikan ciri-ciri khasnya berikut ini.

  • Terjadi berulang kali dengan sensasi yang sama.
  • Tergantung berat ringannya, rasa nyeri dapat dirasakan mulai dari 5 menit hingga lebih dari 10 menit.
  • Rasa nyeri biasanya dapat berkurang dengan istirahat atau obat-obatan.
  • Rasa nyeri dapat menjalar ke leher hingga ke lengan atau punggung disertai keringat dingin.
  • Biasanya rasa nyeri digambarkan seperti dada yang diremas atau rasa seperti ditimpa beban berat.

2. Detak jantung tidak teratur

detak jantung cepat

Palpitasi atau dikenal sebagai detak jantung yang tidak teratur adalah gejala yang sangat umum terjadi, tapi juga bisa menandakan gejala awal penyakit jantung. Banyak orang yang mengalami palpitasi merasakan bahwa detak jantungnya berhenti sebentar, tapi kemudian dilanjutkan kembali dengan irama yang kencang.

Sebagian besar orang yang mengalami palpitasi jantung memiliki aritmia atau detak jantung yang tidak normal. Ini tergantung dari jenis aritmia yang Anda diderita.

Jika detak jantung yang tak teratur memang berujung pada sakit jantung, biasanya akan disertai dengan ciri-ciri lainnya. Ini meliputi gejala pusing, nyeri dada, sesak napas, hingga tubuh terasa goyah.

3. Sesak napas

seberapa parah penyakit asma anda

Selain terjadi pada penyakit paru, sesak napas adalah salah satu gejala yang juga sering terjadi sebagai tanda awal penyakit jantung. Pasalnya, fungsi jantung yang tidak normal lagi bisa berdampak pada kelancaran aliran darah Anda. Aliran darah yang kurang lancar ini akan rentan menyebabkan kurangnya oksigen dan memicu sesak napas.

Pada pasien gagal jantung, gejalanya akan sering muncul saat sedang berbaring. Penderitanya juga bisa bangun tiba-tiba di malam hari akibat sesak napas. Dalam istilah medis kondisi ini disebut dengan paroxysmal nocturnal dyspnea.

Masalah lainnya pada jantung, seperti penyakit katup jantung dan penyakit jantung koroner, juga ditandai dengan gejala sesak napas.

Ciri-ciri penyakit jantung ini biasanya terjadi bersamaan dengan nyeri dada. Jadi bisa dikatakan bahwa sesak napas adalah salah satu pertanda medis yang tidak bisa dianggap sepele dan butuh perawatan segera dari dokter.

4. Pusing

penyebab sakit kepala dan mata serta pusing

Pusing adalah kondisi yang dirasakan seseorang ketika diserang sensasi seperti akan pingsan, kepala terasa berat (atau justru melayang), badan lemas, dan penglihatan yang semakin kabur.

Terkadang pusing berkaitan dengan gejala awal penyakit jantung. Misalnya penyakit aritmia jantung, gagal jantung, jantung koroner, dan lain sebagainya.

Itu sebabnya, Anda disarankan untuk tidak menyepelekan pusing yang Anda alami. Terutama jika kondisi ini terjadi dalam waktu yang cukup lama. Ada baiknya untuk segera lakukan pemeriksaan lanjutan dengan dokter Anda.

5. Kehilangan kesadaran tiba-tiba

pingsan
Sumber: Family Doctor

Kehilangan kesadaran tiba-tiba atau disebut juga pingsan termasuk salah satu gejala penyakit jantung yang kerap kali terjadi. Biasanya, pingsan tidak menandakan adanya masalah medis serius.

Namun, pada beberapa kondisi yang disertai dengan munculnya gejala lain yang tidak normal, pingsan bisa menunjukkan kondisi kesehatan yang berbahaya dan mengancam tubuh. Jadi, penting untuk mencari tahu apa penyabab Anda tiba-tiba hilang kesadaran.

6. Badan lemas

efek kurang tidur

Lemas adalah ketidakmampuan tubuh untuk melakukan fungsi dan tugasnya seperti biasa. Orang dengan kondisi ini dianjurkan untuk banyak tidur dan istirahat guna memulihkan kembali energinya.

Namun, dalam kondisi yang tidak biasanya, kelelahan juga bisa menjadi gejala awal penyakit jantung maupun menunjukkan adanya kelainan pada sistem organ tubuh lainnya.

Sleep apnea, restless leg syndrome, dan insomnia bisa menjadi beberapa faktor risiko dan gangguan umum yang mengarah pada penyakit jantung. Sama seperti pusing, kelelahan yang terjadi dalam waktu lama butuh pemeriksaan medis untuk segera diketahui penyebabnya.

Gejala penyakit jantung yang perlu segera diperiksa ke dokter

Baik pria maupun wanita, bila Anda mengalami satu atau lebih tanda dan gejala penyakit jantung yang telah disebutkan di atas, jangan disepelekan begitu saja. Jangan tunda untuk segera konsultasi ke dokter guna memastikan kondisi tersebut disebabkan penyakit kardiovaskuler atau disebabkan kondisi lain.

Anda harus segera ke dokter jika mengalami ciri-ciri sakit jantung berikut:

  • Nyeri dada
  • Sesak napas
  • Perasaan ingin pingsan atau hilang kesadaran

Semakin cepat perawatan medis Anda terima, akan semakin baik pula kondisi kesehatan tubuh Anda. Ini akan mempermudah proses penanganan dan pengobatan yang nantinya akan Anda lakukan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Coralan

Coralan adalah obat untuk gagal jantung. Cari tahu informasi tentang fungsi, dosis, efek samping, interaksi, dan kemanan obat ini di Hello Sehat.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini

Bisakah Mencegah Penyakit Jantung Dengan Rutin Minum Jus Tomat?

Tomat mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Nah, apakah rutin minum jus tomat tiap hari bisa untuk mencegah penyakit jantung?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik Agustus 19, 2019

Jika Sakit Jantung, Sebaiknya Periksa ke Dokter Apa?

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian tertinggi. Lantas, sudahkah Anda mengetahui harus berobat ke dokter apa bila menderita sakit jantung?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik Agustus 9, 2019

Mengenal Penanganan Penyakit Jantung Bawaan (PJB) Pada Anak

Ketika bayi dinyatakan mengalami penyakit jantung bawaan saat lahir, pengobatan harus segera dilakukan. Lantas, apa penanganan dan perawatan setelahnya?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Anak, Parenting Juli 18, 2019

Direkomendasikan untuk Anda

Amankah Jika Penderita Penyakit Jantung Ikut Berpuasa?

Amankah Jika Penderita Penyakit Jantung Ikut Berpuasa?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal tayang Mei 18, 2020
Apakah Diet Keto Dapat Mengatasi dan Mencegah Penyakit Jantung?

Apakah Diet Keto Dapat Mengatasi dan Mencegah Penyakit Jantung?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Tanggal tayang Maret 25, 2020
Begini Bahaya Merokok untuk Penderita Penyakit Jantung

Begini Bahaya Merokok untuk Penderita Penyakit Jantung

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal tayang Maret 24, 2020
Ashraf Sinclair dan Fenomena Serangan Jantung di Usia Muda

Ashraf Sinclair dan Fenomena Serangan Jantung di Usia Muda

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal tayang Februari 18, 2020