Stres adalah sesuatu yang Anda hadapi setiap hari dalam berbagai bentuk dan tingkat. Semua orang menangani stres dengan cara yang berbeda. Bagi sebagian dari kita, stres bisa begitu kuat dan tidak bisa dikendalikan. Hal ini dapat mempengaruhi jam tidur Anda dan kemampuan Anda untuk mengatur kegiatan sehari-hari. Jadi jika Anda sedang stres dan merasa semuanya membebani Anda. Jangan khawatir! Tidak peduli seberapa stresnya hidup Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi tekanan dan mendapatkan kontrol kembali.

1. Kenali stres Anda

Stres dapat terjadi setelah peristiwa besar dalam hidup seperti mengubah pekerjaan, pindah rumah, atau kehilangan orang yang dicintai, tetapi untuk menentukan sumber stres sehari-hari dengan tepat dapat menjadi lebih rumit. Gejala bila Anda mengalami stres dapat mencakup manifestasi mental, sosial, dan fisik seperti, kelelahan, kehilangan/peningkatan nafsu makan, sakit kepala, menangis, sulit tidur, dan tidur berlebihan. Melarikan diri dengan menggunakan alkohol, narkoba, atau perilaku kompulsif lainnya sering menjadi indikasi. Perasaan panik, frustrasi, atau apatis dapat menyertai stres.

2. Tetap aktif

Ini adalah cara yang efektif untuk membantu tubuh Anda menyingkirkan kelelahan dan stres. Dengan menggunakan metode ini, Anda bisa melupakan hal-hal yang membuat Anda tidak nyaman. Selain itu, Anda dapat merasa lebih berenergi saat endorfin dilepaskan dalam tubuh. Anda tidak perlu menghabiskan berjam-jam di gym atau melakukan olahraga intens. Anda bisa mulai dengan kegiatan peregangan ringan selama 10 menit setiap hari. Ini akan meningkatkan denyut jantung dan dapat membuat Anda berkeringat. Olahraga dapat menurunkan stres dan memberi Anda lebih banyak energi. Hal ini dapat mengubah kimia otak Anda agar lebih positif. Seiring waktu, Anda dapat meningkatkan olahraga Anda.

Selain melakukan olahraga, kegiatan lain seperti mendengarkan musik dan menari atau berjalan-jalan dengan anjing Anda juga dapat membantu. Hanya dengan pergi keluar dan berjalan-jalan sebentar merasakan ritme kehidupan di sekitar Anda juga akan membantu Anda melupakan stres.

3. Atur waktu Anda

Salah satu penyebab utama stres adalah tekanan yang datang dari daftar yang harus Anda “lakukan.” Anda mungkin harus menyelesaikan semua hal dari daftar tersebut tetapi Anda tidak bisa menyelesaikan semuanya pada waktu yang sama. Disarankan bahwa Anda harus memprioritaskan dan bergantian dalam menyelesaikan tugas-tugas Anda. Anda harus memiliki rencana, membuat daftar semua tugas dalam urutan prioritas dan menambahkan catatan untuk tugas-tugas dengan tenggat waktu yang rinci.

Mengatur jadwal Anda tidak hanya membantu Anda mengatasi permasalahan pada waktu, tetapi bisa juga memberikan lebih banyak waktu luang. Akibatnya, Anda tidak akan merasa terbebani lagi.

4. Tidur yang cukup

Waktu tidur yang cukup memainkan peran penting dalam mengurangi stres. Tapi stres dapat mengganggu tidur Anda dengan membiarkan berbagai pikiran terus berputar di kepala Anda. Dalam hal ini, janganlah bergantung terlalu banyak pada obat. Anda perlu mengikuti tips ini untuk bisa tertidur cepat. Tidak ada hal-hal yang membuat Anda stres di dalam kamar tidur Anda. Mandi air hangat atau membaca cerita untuk bersantai sebelum tidur dan menghindari kafein atau alkohol. Menghentikan pekerjaan Anda sehingga otak Anda memiliki waktu untuk menenangkan diri. Anda juga harus memiliki waktu tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

5. Menerima hal-hal yang Anda tidak dapat ubah

Ada banyak hal yang Anda perlu belajar untuk menerima dan tidak menunggu perubahan. Sulit untuk menerima perubahan, namun menerima lebih mudah daripada menolaknya. Ingat bahwa ada banyak hal dalam hidup yang berada di luar kendali Anda. Alih-alih mencoba untuk mengontrol, Anda harus menemukan cara untuk beradaptasi dengan mereka. Belajar untuk memaafkan dan melupakan juga merupakan cara untuk melepaskan diri dari stres.

Stres membuat diri kita secara fisiologis siap untuk keadaan darurat sehingga dianggap membantu pada beberapa kasus. Ini berarti bahwa kemampuan kita untuk mengendalikan reaksi alami ini bisa menguntungkan. Namun, berhati-hati dalam mengontrolnya dan pastikan bahwa Anda tidak keluar kendali.

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca