8 Makanan untuk Nyeri Sendi yang Wajib Dikonsumsi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Bagi Anda yang senang beraktivitas fisik, seperti jogging di taman, berjalan dengan hewan peliharaan, berenang, aerobik dan lain sebagainya, hal yang paling Anda tidak inginkan terjadi tentu saja terjadi masalah pada sendi Anda. Tak perlu khawatir, sebab ada pilihan-pilhan makanan untuk nyeri sendi yang dapat menyokong kesehatan sendi Anda agar bebas melakukan aktivitas fisik yang Anda sukai.

Daftar makanan untuk nyeri sendi

Apa yang paling dibutuhkan? Yang Anda butuhkan adalah makanan yang mengandung anti-oksidan. Anti-oksidan adalah komponen yang dapat melawan radikal bebas, yang dapat mengganggu sendi dan membuat sendi ermasalah.

Makanan untuk nyeri sendi apa saja yang mengandung anti-oksidan? Anti-oksidan dapat ditemui dari makanan-makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan selenium.

Makanan yang mengandung komponen-komponen yang sudah disebutkan merupakan senjata ampuh untuk melawan radikal bebas yang dapat mengganggu sendi Anda. Selain itu, omega-3, juga dapat menurunkan risiko pembengkakan atau masalah-masalah lain pada sendi Anda.

Anda juga mungkin membutuhkan makanan yang mengandung Vitamin D untuk membantu kesehatan sendi sekaligus tulang Anda. Vitamin D membantu tubuh Anda menyerap kalsium dari makanan atau minuman yang masuk ke tubuh Anda.

Berikut adalah makanan untuk nyeri sendi yang secara spesifik dapat membantu kesehatan sendi Anda:

  1. Buah ceri

Seperti yang Anda tahu, warna buah ceri sangat tajam. Warna tajam ini didapat oleh ceri dari bahan kimia yang natural berada di tanaman, namanya anthocyanins.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa buah ceri segar atau jus ceri dapat melawan peradangan.

Dikutip dari Healthline, kandungan anti-oksidan yang terdapat pada ceri dapat mengurangi rasa sakit serta peradangan.

Tak hanya itu saja, studi di tahun 2004 menemukan bahwa suplemen dengan kandungan ceri juga dapat mengurangi peradangan serta pembengkakan.

Beberapa penelitian juga menghubung-hubungkan buah ceri segar untuk meringankan encok. Alternatif makanan lain yang dapat membantu kesehatan Anda adalah buah-buah berwarna tajam lain, seperti bluberi, blackberry, atau buah delima.

  1. Cabe merah

Cabe merah kaya akan vitamin C. Seperti yang sudah disebutkan, vitamin C dapat membantu kesehatan sendi Anda. Hal ini dikarenakan vitamin C dapat membantu tubuh Anda membentuk kolagen.

Kolagen adalah bagian dari tulang lunak, tendon, dan ligamen yang menjadi bantalan untuk sendi Anda dan merekatkan sendi Anda.

Selain cabe merah, Anda juga dapat mengonsumsi makanan untuk nyeri sendi lain yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, tomat, dan nanas.

  1. Salmon

Mungkin salmon bukanlah makanan pertama yang muncul di kepala Anda saat harus menyebutkan makanan apa saja yang dapat membantu kesehatan sendi.

Akan tetapi, faktanya, salmon merupakan salah satu makanan untuk nyeri sendi. Hal ini dikarenakan salmon mengandung kalsium dan vitamin D yang membuat tulang Anda tetap kuat.

Selain itu, salmon juga mengandung omega-3s, yang seperti sudah disebutkan dapat mengurangi masalah pada sendi Anda. Keuntungan lain dari makan salmon adalah Anda tetap makan daging, tetapi yang jelas bukan daging yang menyebabkan masalah sendi seperti iga babi.

Tidak hanya salmon, Anda juga bisa mengonsumsi yogurt atau susu yang low-fat atau no-fat. Jenis susu tersebut mengandung kalsium dan vitamin D yang tinggi. Selain itu, Anda juga bisa memakan ikan sarden untuk mendapat omega-3s.

  1. Oatmeal

Makanan untuk nyeri sendi selanjutnya adalah whole grains seperti oatmeal dapat meringankan peradangan. Sebaliknya, refined grains, seperti tepung putih, justru mengakibatkan peradangan.

Saat Anda melakukan aktivitas fisik, memang hal tersebut membuat tulang dan otot Anda menjadi kuat. Akan tetapi, secara bersamaan, hal tersebut juga menyebabkan sendi Anda menjadi tegang.

Jadi, untuk Anda yang beraktivitas fisik, makanan bukan saja berfungsi untuk mengisi energi, akan tetapi juga untuk tahap pemulihan dan penyembuhan.

Maka dari itu, daripada mengisi energi Anda dengan nasi goreng pakai sosis, lebih baik makan oatmeal dengan buah, kacang-kacangan, dan yogurt. Anda juga bisa memakan nasi merah sebagai ganti oatmeal.

  1. Kunyit

Kunyit adalah salah satu makanan yang populer di Indonesia dan mudah didapat. Di dalam kunyit, terdapat komponen bernama kurkumin.

Nah, kurkumin ini dapat bekerja seperti ibuprofen yang dapat meringankan sakit pada lutut sehingga tergolong sebagai makanan untuk nyeri sendi.

Kalau Anda tidak suka atau tidak bisa makan kunyit secara langsung, Anda dapat menggantinya dengan memakan bubuk kari, sebab warna kuning dari kari sendiri di dapat dari kunyit.

Selain itu, Anda juga bisa mengganti kunyit dengan jahe atau cinnamon (kayu manis) sebagai makanan untuk nyeri sendi.

  1. Kacang walnut

Kacang walnut kaya akan beberapa nutrisi yang berguna untuk mencegah peradangan, seperti omega-3 dan asam lemak.

Perlu diingat juga, meskipun kacang walnut atau jenis kacang-kacangan yang lain berguna dan merupakan salah satu makanan untuk nyeri sendi, makanan-makanan tersebut juga tinggi kalori.

Maka dari itu, sebaiknya Anda harus pintar-pintar memakannya supaya tidak terkena penyakit lain walaupun menjadi salah satu makanan untuk nyeri sendi.

  1. Kale

Kale, atau sayur-sayuran daun hijau yang lain (seperti brokoli dan bok choy), kaya akan nutrisi yang membantu kesehatan sendi Anda.

Termasuk anti-oksidan, beta-karoten, dan vitamin C sehingga termasuk sebagai makanan untuk nyeri sendi. Kale sendiri juga kaya akan kalsium, yang dapat menguatkan tulang Anda.

  1. Bawang Putih

Walaupun ada sebagian orang yang tidak menyukainya, bawang putih juga termasuk sebagai makanan untuk nyeri sendi.

Hal ini dikarenakan bawang putih mempunyai efek anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala nyeri atau sakit sendi. Lalu, makanan ini pun juga dapat meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Suplemen untuk nyeri sendi

Selain makanan untuk nyeri sendi yang telah disebutkan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan kesehatan sendi Anda.

Suplemen yang baik untuk sendi Anda adalah suplemen yang mengandung glucosamine.

Glucosamine adalah protein yang membantu menjaga tulang rawan pada sendi, membantu meniadakan efek akibat aktivitas fisik pada sendi Anda, dan meremajakan kenyamanan dan pergerakan sendi.

Selain itu, glucosamine sudah dipelajari keamanannya untuk tubuh manusia. Carilah suplemen yang mengandung minimal 1.500 mg glucosamine. Untuk hasil yang maksimal, Anda harus konsisten mengonsumsi suplemen tersebut.

Tentu saja, tidak mungkin dengan hanya memakan makanan untuk nyeri sendi di atas, lalu sendi Anda langsung benar-benar sehat.

Tetap, berolahraga dan memiliki pola makan yang sehat secara keseluruhan adalah kunci untuk membuat sendi Anda dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: September 26, 2016 | Terakhir Diedit: Februari 5, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca