Memanfaatkan Kolagen untuk Mengobati Nyeri Sendi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin sudah sering dengar bahwa kolagen itu baik untuk mengencangkan kulit wajah dan membuat Anda tampak lebih awet muda. Akan tetapi, berbagai penelitian berhasil membuktikan kalau kolagen ternyata juga sangat bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi yang disebabkan oleh peradangan. Wah, kira-kira apa saja fungsi kolagen untuk nyeri sendi? Berikut ulasan lengkapnya.

Apa itu kolagen?

Kolagen adalah salah satu jenis protein alami yang diproduksi dalam tubuh Anda. Bagian tubuh yang paling banyak menyimpan protein khusus ini adalah otot, tulang, kulit, pembuluh darah, urat, dan sistem pencernaan.

Fungsi kolagen bagi tubuh ada bermacam-macam. Di antaranya yaitu menjaga kekenyalan dan kekuatan kulit, menggantikan sel-sel kulit mati, serta mencegah pengeroposan tulang. Namun, kolagen juga sangat baik buat kesehatan sendi Anda.

Sayangnya, semakin bertambah usia, kemampuan tubuh dalam meproduksi kolagen akan berkurang. Inilah yang membuat kulit orang lanjut usia (lansia) jadi lebih keriput dan kering. Selain itu, lansia jadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit penyebab nyeri sendi.

Fungsi kolagen untuk nyeri sendi

Nyeri sendi yang disebabkan oleh peradangan, misalnya rematik dan osteoarthritis, tentu sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Untungnya, para ahli menemukan bahwa fungsi kolagen untuk nyeri sendi bisa dimanfaatkan untuk membantu Anda mengendalikan gejala-gejala peradangan.

Fungsi kolagen untuk osteoarthritis

Sebuah penelitian oleh para ahli di Inggris pada tahun 2017 membuktikan bahwa fungsi kolagen untuk mengurangi nyeri pada persendian sangat efektif. Penelitian ini juga mencatat bahwa efek samping atau komplikasi dari pengobatan dengan kolagen sangatlah minim. Maksudnya, kolagen aman buat kesehatan Anda.

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Arthritis ini, pasien osteoarthritis yang mengonsumsi kolagen dosis 480 miligram melaporkan rasa sakit karena nyeri sendi berkurang hingga 88 persen. Sedangkan pasien yang mengonsumsi kolagen dosis 640 miligram melaporkan rasa sakit berkurang sebanyak 91 persen. Ini artinya kolagen efektif untuk mengurangi nyeri sendi akibat osteoarthritis.

Fungsi kolagen untuk rematik

Untuk Anda yang punya penyakit rematik, kolagen juga mampu meredakan nyeri sendi dan mengurangi pembengkakan. Hal ini dilaporkan oleh para ahli dari Harvard’s Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, Amerika Serikat.

Akan tetapi, menurut sejumlah penelitian lain, fungsi kolagen untuk mengatasi nyeri sendi karena rematik belum bisa menggantikan obat methotrexate. Pasalnya, methotrexate masih dianggap lebih manjur untuk mengobati rematik. Namun, untuk membantu meringankan gejala-gejala rematik, kolagen bisa Anda coba.

rematik kambuh akibat cuaca Etoricoxib obat

Makanan sumber kolagen

Kolagen memang bukan jenis protein yang bisa didapat dengan mudah dari sumber bahan pangan. Anda perlu mengonsumsi jenis-jenis nutrisi tertentu guna memicu produksi kolagen di dalam tubuh Anda sendiri.

Nutrisi yang diperlukan untuk menghasilkan kolagen dalam tubuh antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta protein. Anda bisa mendapatkan asupan beragam jenis vitamin dan protein ini dari makanan segar seperti sayur, buah, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Saat ini sudah banyak juga suplemen kolagen, tetapi jangan pernah mengonsumsi suplemen apa pun tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi Anda. Pasalnya, suplemen yang dijual mungkin memberikan efek samping berbahaya bagi tubuh Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Diklaim Ampuh, Ini Obat Radang Sendi Terbaru Temuan Ilmuwan Inggris

Beberapa peneliti di Inggris menemukan obat radang sendi terbaru dari senyawa apocynin dan paeonol (APPA). Seberapa ampuh obat ini?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Arthritis (Radang Sendi), Health Centers 23/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit