Memanfaatkan Kolagen untuk Mengobati Nyeri Sendi

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Anda mungkin sudah sering dengar bahwa kolagen itu baik untuk mengencangkan kulit wajah dan membuat Anda tampak lebih awet muda. Akan tetapi, berbagai penelitian berhasil membuktikan kalau kolagen ternyata juga sangat bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi yang disebabkan oleh peradangan. Wah, kira-kira apa saja fungsi kolagen untuk nyeri sendi? Berikut ulasan lengkapnya.

Apa itu kolagen?

Kolagen adalah salah satu jenis protein alami yang diproduksi dalam tubuh Anda. Bagian tubuh yang paling banyak menyimpan protein khusus ini adalah otot, tulang, kulit, pembuluh darah, urat, dan sistem pencernaan.

Fungsi kolagen bagi tubuh ada bermacam-macam. Di antaranya yaitu menjaga kekenyalan dan kekuatan kulit, menggantikan sel-sel kulit mati, serta mencegah pengeroposan tulang. Namun, kolagen juga sangat baik buat kesehatan sendi Anda.

Sayangnya, semakin bertambah usia, kemampuan tubuh dalam meproduksi kolagen akan berkurang. Inilah yang membuat kulit orang lanjut usia (lansia) jadi lebih keriput dan kering. Selain itu, lansia jadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit penyebab nyeri sendi.

Fungsi kolagen untuk nyeri sendi

Nyeri sendi yang disebabkan oleh peradangan, misalnya rematik dan osteoarthritis, tentu sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Untungnya, para ahli menemukan bahwa fungsi kolagen untuk nyeri sendi bisa dimanfaatkan untuk membantu Anda mengendalikan gejala-gejala peradangan.

Fungsi kolagen untuk osteoarthritis

Sebuah penelitian oleh para ahli di Inggris pada tahun 2017 membuktikan bahwa fungsi kolagen untuk mengurangi nyeri pada persendian sangat efektif. Penelitian ini juga mencatat bahwa efek samping atau komplikasi dari pengobatan dengan kolagen sangatlah minim. Maksudnya, kolagen aman buat kesehatan Anda.

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Arthritis ini, pasien osteoarthritis yang mengonsumsi kolagen dosis 480 miligram melaporkan rasa sakit karena nyeri sendi berkurang hingga 88 persen. Sedangkan pasien yang mengonsumsi kolagen dosis 640 miligram melaporkan rasa sakit berkurang sebanyak 91 persen. Ini artinya kolagen efektif untuk mengurangi nyeri sendi akibat osteoarthritis.

Fungsi kolagen untuk rematik

Untuk Anda yang punya penyakit rematik, kolagen juga mampu meredakan nyeri sendi dan mengurangi pembengkakan. Hal ini dilaporkan oleh para ahli dari Harvard’s Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, Amerika Serikat.

Akan tetapi, menurut sejumlah penelitian lain, fungsi kolagen untuk mengatasi nyeri sendi karena rematik belum bisa menggantikan obat methotrexate. Pasalnya, methotrexate masih dianggap lebih manjur untuk mengobati rematik. Namun, untuk membantu meringankan gejala-gejala rematik, kolagen bisa Anda coba.

rematik kambuh akibat cuaca Etoricoxib obat

Makanan sumber kolagen

Kolagen memang bukan jenis protein yang bisa didapat dengan mudah dari sumber bahan pangan. Anda perlu mengonsumsi jenis-jenis nutrisi tertentu guna memicu produksi kolagen di dalam tubuh Anda sendiri.

Nutrisi yang diperlukan untuk menghasilkan kolagen dalam tubuh antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta protein. Anda bisa mendapatkan asupan beragam jenis vitamin dan protein ini dari makanan segar seperti sayur, buah, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Saat ini sudah banyak juga suplemen kolagen, tetapi jangan pernah mengonsumsi suplemen apa pun tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi Anda. Pasalnya, suplemen yang dijual mungkin memberikan efek samping berbahaya bagi tubuh Anda.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Kurma bukan satu-satunya buah yang baik dimakan saat berbuka puasa. Lihat berbagai pilihan lainnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020

7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

Jangan sampai karena puasa Anda jadi lemas, lesu, dan mudah sakit. Simak rutinitas yang bisa dilakukan agar tetap fit saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 09/05/2020

Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

Pernahkah Anda sakit perut setelah buka puasa? Bisa jadi ini karena pengaruh makanan yang Anda konsumsi saat berbuka. Apa lagi sebab lainnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020