1. Definisi

Apa itu Human Papillomavirus (HPV)?

Human Papillomavirus (HPV) adalah virus umum yang ditularkan melalui kontak seksual. Sebagian besar HPV tidak memiliki gejala sehingga orang tidak tahu mereka memgidap HPV.

Ada sekitar 40 jenis HPV genital. Beberapa jenis dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita dan juga dapat menyebabkan kanker lain pada pria dan wanita. Jenis HPV lainnya dapat menyebabkan kutil kelamin pada pria dan wanita.

Vaksin HPV bekerja dengan mencegah jenis HPV yang paling umum yang menyebabkan kanker serviks dan kutil kelamin. Vaksin diberikan sebanyak 3 kali.

Apa saja tanda dan gejalanya?

Kebanyakan orang yang mengidap HPV tidak pernah mengalami gejala atau masalah kesehatan.

  1. Cara mengatasinya

Apa yang harus saya lakukan?

Pada perempuan dan laki-laki, HPV bisa menyebabkan kanker anus dan kanker mulut/tenggorokan (orofaringeal). HPV juga dapat menyebabkan kanker serviks, vulva, dan vagina pada wanita; dan kanker penis pada pria.

Bagi wanita, pemeriksaan  tersedia untuk mendeteksi sebagian besar kasus kanker serviks dengan Pap Smear. Sayangnya, tidak ada pemeriksaan rutin untuk kanker terkait HPV lain untuk perempuan atau laki-laki, dan kanker ini dapat menyebabkan rasa sakit, penderitaan, atau bahkan kematian. Itulah sebabnya vaksin yang mencegah sebagian besar jenis kanker ini sangat penting.

Kapan saya harus ke dokter?

Dapatkan perawatan medis jika Anda merasa Anda telah terinfeksi HPV. Dokter akan memberikan Anda informasi tentang vaksin dan pengobatan.

  1. Pencegahan

Anda dapat mencegah HPV dengan Vaksin HPV. Vaksin HPV mencegah infeksi dari jenis HPV yang paling berbahaya. Vaksin HPV aman, efektif, dan dapat melindungi orang dari sebagian besar kanker yang disebabkan oleh HPV dan kutil kelamin.

Yang juga perlu Anda baca