Vitamin dan Mineral yang Mencegah Kanker Payudara

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Berdasarkan riset, wanita yang mengonsumsi vitamin dan mineral setelah diagnosis, sebanyak 29% terhindar dari kambuh dan 22% cenderung terhindar dari kematian akibat kanker payudara, dibanding dengan wanita yang tidak pernah mengonsumsi multivitamin dan mineral. Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi multivitamin dengan mineral sebelum diagnosis setidaknya 3 kali seminggu dalam setahun memiliki penurunan kemungkinan kambuh sebanyak 31% dan 27% dari kematian akibat kanker payudara dibanding wanita yang tidak mengonsumsinya.

Keterkaitan ini berlanjut bahkan setelah penyesuaian variabel, seperti usia saat diagnosis kanker payudara, ras atau etnis, tahap kanker payudara, status estrogen-receptor dan progestin-receptor pada tumor, indeks massa tubuh, konsumsi alkohol, aktivitas fisik, kesehatan, dan diabetes.

Wanita yang rutin mengonsumsi multivitamin dipercaya lebih sehat secara keseluruhan dibanding yang tidak mengonsumsi, dan dapat melindungi dari kematian akibat kanker payudara.

Data membuktikan bahwa multivitamin dengan mineral memiliki peran protektif pada wanita dengan kanker payudara. Namun, terdapat beberapa pertanyaan apakah wanita yang terbiasa mengonsumsi suplemen memang dari awalnya sudah lebih sehat secara keseluruhan.

Berdasarkan riset, vitamin dan mineral dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit. Jika Anda memiliki sejarah pribadi atau keluarga tentang kanker payudara, bicarakan dengan dokter apakah suplemen ini dapat memberi keuntungan pada Anda.

Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak, dapat ditambahkan pada makanan, dan ditemukan secara alami pada beberapa makanan seperti salmon dan minyak hati cod. Tubuh manusia juga memproduksi vitamin D saat tubuh terekspos pada sinar matahari. Vitamin ini dapat membantu penyerapan kalsium pada tubuh serta menjaga kadar kalsium dan fosfat untuk tulang yang sehat. Vitamin D juga dapat menurunkan risiko kanker tertentu, seperti kanker payudara. Sekitar 30% – 50% penurunan risiko kanker payudara jika seseorang meningkatkan asupan vitamin D hingga setidaknya 1.000 IU (international unit) per hari.

Kalsium

Kalsium bekerja dengan vitamin D. Kalsium penting untuk kontraksi otot, sinyal intraselular, dan fungsi saraf. Kalsium juga membantu menguatkan tulang dan gigi. Wanita di antara usia 19 dan 50 diwajibkan mengonsumsi 1.000 miligram kalsium per hari, dan wanita di atas 51 diwajibkan mengonsumsi 1.200 mg per hari. Kalsium dan vitamin D bekerja sama untuk mengurangi risiko kanker, maka dari itu sangat diperlukan kalsium yang cukup.

Vitamin B12 dan Folat

Vitamin B12 dan folat, juga dikenal sebagai asam folat atau vitamin B9 dapat membantu tubuh memproduksi RNA dan DNA, dan membantu metabolisme lemak dan protein. Vintamin ini menghasilkan sel darah merah dan senyawa yang berperan dalam fungsi imun dan mood. Jika Anda sering mengonsumsi alkohol, Anda memiliki risiko yang tinggi terhadap kanker payudara, dan asupan folat yang cukup dapat menurunkan peningkatan risiko kanker payudara akibat konsumsi alkohol. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa wanita dengan asupan B12 yang rendah memiliki peningkatan risiko kanker payudara, namun masih diperlukan penelitian lainnya.

Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak dan dapat mengurangi risiko kanker payudara. Vitamin ini merupakan antioksidan dan melindungi sel dari radikal bebas. Dari suatu penelitian, kebanyakan pasien yang didiagnosis dengan kanker biasanya memiliki kadar vitamin E yang rendah. Beberapa penelitian menemukan vitamin E kemungkinan dapat menjadi terapi pencegahan untuk kanker payudara.

Keuntungan dari vitamin dan mineral telah ditunjukkan dalam beberapa studi. Masih diperlukan riset lainnya yang mendukung efek dari faktor tersebut. Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi multivitamin dan mineral atau jika Anda memiliki kekhawatiran tertentu.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

    Sumber

    Charlene Laino. Multivitamins May Prevent Breast Cancer Recurrence. http://www.webmd.com/breast-cancer/news/20101214/multivitamins-may-prevent-breast-cancer-recurrence. Diakses pada 16 Agustus 2015

    Jaime Herndon. The Best Vitamins to Reduce Breast Cancer. http://www.livestrong.com/article/396079-the-best-vitamins-to-reduce-breast-cancer/. Diakses pada 16 Agustus 2015

    Janis C. Kelly. Vitamins Might Reduce Breast Cancer Mortality. http://www.medscape.com/viewarticle/812466. Diakses pada 16 Agustus 2015

    Yang juga perlu Anda baca

    Resep Bola-Bola Cokelat untuk Buka Puasa yang Bisa Dibuat Bareng Si Kecil

    Bingung mau bikin menu buka puasa seperti apa? Anda bisa membuat bola-bola cokelat bersama si kecil, ini resep mudah yang bisa diikuti.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Hari Raya, Ramadan 06/05/2020

    Panduan Lengkap Mengukur Tekanan Darah Anak di Rumah

    Anak-anak mungkin mengalami tekanan darah tinggi. Orangtua dapat mengukur tekanan darah anak di rumah dengan panduan berikut ini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila

    7 Tips Merawat Pasien Kanker Payudara dalam Pengobatan

    Merawat pasien kanker payudara membutuhkan kesabaran dan tanggung jawab yang begitu besar. Berikut tips yang bisa membantu Anda.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu

    Kanker Usus Besar

    Kanker usus besar adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Yuk, pelajari lebih dalam mengenai gejala, penyebab, dan cara mengatasiny berikut ini.

    Ditulis oleh: Aprinda Puji

    Direkomendasikan untuk Anda

    Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

    Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 27/05/2020
    Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

    Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020
    3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

    3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
    Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020
    Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

    Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020