Panduan Gaya Hidup Sehat untuk Pasien Kanker Payudara

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Setelah didiagnosis kanker payudara, pola hidup yang Anda jalani tentu tak bisa lagi sembarangan. Anda benar-benar harus menjaga kondisi tubuh karena sistem imun tak lagi sekuat sebelumnya. Untuk itu, yuk ikuti panduan pola hidup sehat untuk pasien kanker payudara berikut ini.

Panduan pola hidup terbaik untuk pasien kanker payudara

Mengubah pola hidup saat mengidap kanker payudara membantu meningkatkan kualitas dan angka harapan hidup. Selain itu, hal ini juga membantu menjaga kondisi Anda tetap fit selama pengobatan. Berikut berbagai pola hidup yang sebaiknya dilakukan saat punya kanker payudara:

1.  Berolahraga teratur

pose yoga supaya cepat hamil

Siapa bilang pengidap kanker tidak boleh atau tidak perlu berolahraga? Olahraga penting untuk siapa pun baik untuk mereka yang sehat atau yang sedang menjalani pengobatan.

Olahraga dapat meningkatkan stamina tubuh pasien kanker setelah menjalani terapi dan mempercepat pemulihan. Selain itu, olahraga juga membantu pasien kanker payudara untuk:

  • Meningkatkan mood atau memperbaiki suasana hati
  • Mengurangi stres, kecemasan, dan risiko depresi
  • Mengurangi kelelahan
  • Mengurangi rasa sakit
  • Membantu tidur lebih nyenyak
  • Meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, dan organ tubuh lainnya.
  • Mengurangi risiko kekambuhan kanker di masa depan

Bahkan, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa berolahraga bisa mengurangi risiko kematian akibat kanker.

Anda tak perlu melakukan olahraga berat yang menyita waktu. Cukup rutin berolahraga ringan yang sederhana, seperti berjalan kaki pagi dan sore hari selama 30 menit, berenang, yoga, atau tai chi.

The American Cancer Society merekomendasikan para pasien kanker untuk berolahraga setidaknya 150 menit selama seminggu. Kegiatan ini termasuk latihan kekuatan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Namun, pastikan meminta persetujuan dokter terlebih dahulu sebelum mulai berolahraga. Pasalnya, tidak semua pasien kanker payudara cukup kuat untuk berolahraga secara rutin. Selain itu, Anda harus tahu kapan waktunya berhenti berolahraga. 

Jangan memaksakan diri berolahraga jika merasa sudah tak sanggup melakukannya. Jangan sampai olahraga yang dilakukan justru memicu masalah yang lebih besar.

2. Makan makanan bergizi seimbang

kebiasaan makan cegah diabetes

Setiap orang wajib makan makanan bergizi seimbang, termasuk pasien kanker payudara. Pola hidup yang satu ini membantu pasien kanker payudara tetap bisa bugar dan aktif sepanjang hari.

The American Cancer Society merekomendasikan pasien kanker payudara untuk makan makanan berikut ini:

  • Makan buah dan sayuran setiap hari
  • Mengonsumsi lemak sehat termasuk asam lemak omega 3 seperti pada ikan dan kacang-kacangan
  • Mengonsumsi protein rendah lemak jenuh seperti ikan, daging tanpa lemak, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan
  • Mengonsumsi sumber karbohidrat sehat seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah, dan sayuran

Kombinasi makanan ini membantu mencukupi kebutuhan gizi termasuk vitamin dan mineral setiap harinya. Pastikan makan makanan dari sumber yang bervariasi agar zat gizinya pun beragam. Jangan sepelekan perubahan pola hidup yang satu ini jika Anda tetap ingin tubuh ternutrisi dengan baik.

3. Menjaga berat badan tetap ideal

berat badan cepat turun

Tidak semua pasien kanker berat badannya akan turun drastis selama menjalani pengobatan. Sebagian lainnya ada yang justru mengalami kenaikan cukup banyak.

Sebisa mungkin, hindari perubahan berat badan yang terlalu drastis karena bisa mengganggu kesehatan.

Jika Anda sulit mengendalikannya, mintalah bantuan dokter atau ahli gizi untuk menaikkan atau menurunkan berat badan ke angka normal. Dokter dan ahli gizi akan membantu mencari cara paling aman untuk membuat tubuh Anda mencapai timbangan di angka ideal.

4. Cukup istirahat

leher sakit

Pasien kanker kerap sulit tidur nyenyak. Biasanya insomnia muncul sebagai efek dari pengobatan, stres, perubahan fisik, dan penyebab lainnya.

Padahal, istirahat yang cukup menjadi pola hidup penting yang harus dijalani oleh pasien kanker payudara.

Untuk mengatasi masalah tidur, coba praktikkan kebiasaan berikut:

  • Tidak minum kafein setidaknya 8 jam sebelum tidur
  • Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya
  • Tidak menonton televisi atau bermain gawai pada 1 sampai 2 jam sebelum tidur
  • Berolahraga ringan 2 sampai 3 jam sebelum tidur
  • Meredupkan lampu kamar 1 jam sebelum tidur
  • Mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas
  • Mandi air hangat sebelum tidur agar lebih rileks

Selain itu, usahakan jangan tidur siang terlalu lama agar tidak sampai mengganggu jadwal tidur malam Anda.

Tidur cukup selama 7 sampai 8 jam tiap malam membantu mempercepat pemulihan tubuh. Selain itu, tidur juga membantu menyegarkan kembali pikiran dan tubuh agar bisa berfungsi kembali sebagaimana mestinya saat bangun.

Tidur nyenyak yang berkualitas membantu sistem kekebalan tubuh bekerja secara maksimal.

5. Mengurangi stres

berendam air panas

Sangat wajar pasien kanker merasa stres, cemas, bahkan hingga depresi karena memikirkan penyakitnya. Akan tetapi, stres sangat bisa memperburuk kesehatan Anda.

Oleh karenanya, salah satu pola hidup yang tak boleh diabaikan oleh pasien kanker payudara yaitu menghindari stres.

Mengurangi stres bisa meningkatkan kualitas hidup pasien karena beban pikirannya berkurang. Bahkan, mengurangi stres juga bisa meringankan gejala yang dirasakan.

Untuk mengurangi stres, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti:

  • Relaksasi atau meditasi
  • Melakukan konseling ke psikolog
  • Bergabung dengan support group atau komunitas pasien kanker
  • Olahraga
  • Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga
  • Minum obat untuk meredakan depresi dan kecemasan

Apa pun caranya, pastikan untuk melakukan cara-cara sehat untuk mengurangi beban pikiran Anda.

6. Berhenti merokok

berhenti merokok

Merokok buruk untuk kesehatan tubuh terutama paru-paru. Dilansir dari laman Breast Cancer Care, merokok diduga bisa membuat kanker yang ada di dalam tubuh kembali lagi di kemudian hari. Anda tentu tak mau hal ini terjadi, bukan? Oleh karenanya, hentikan kebiasaan merokok mulai sekarang.

Awalnya pasti sulit tetapi dengan niat yang kuat, Anda pasti bisa melakukannya. Jika mengalami kesulitan, mintalah bantuan dokter untuk mencarikan cara paling efektif yang mungkin berhasil untuk Anda.

7. Batasi minum alkohol

tes alkohol

Alkohol diduga bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Malahan, alkohol disebut-sebut bisa meningkatkan risiko kanker tertentu seperti mulut dan tenggorokan.

Agar hal ini tak terjadi, mulai sekarang batasi konsumsi alkohol Anda per harinya. Jika bisa, hentikan kebiasaan minum alkohol demi kesehatan yang lebih baik.

Secara perlahan, batasi konsumsi alkohol sebanyak satu gelas per hari untuk wanita. Namun, bukan berarti Anda minum satu gelas setiap hari selama seminggu. Sesulit apa pun menahan keinginan untuk minum, cobalah untuk tegas pada diri sendiri dengan mengatakan tidak pada alkohol.

Berbagai pola hidup yang telah disebutkan ini tentu saja sangat dianjurkan untuk Anda pasien kanker payudara demi menunjang kesehatan tubuh, selama dan setelah pengobatan.

Sumber foto: Breast Reconstruction Associates

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 15, 2019 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca