Manfaat Bahan-bahan Herbal untuk Pengobatan Gangguan Lambung

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23/06/2020 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Ketika gangguan lambung menyerang, rasa tidak nyaman biasanya menjadi gejala utama yang mengganggu. Salah satu pilihan alami untuk mengatasi gangguan lambung, seperti maag, adalah konsumsi obat herbal. Ada beberapa bahan tradisional yang bisa mudah Anda temukan di dapur.

Berbagai obat herbal untuk gangguan lambung

Gangguan lambung bisa menyerang kapan dan di mana saja. Apalagi jika hari-hari Anda dipenuhi dengan padatnya aktivitas sehingga membuat jadwal makan berantakan. Misalnya, karena melewati jam makan siang, Anda lebih banyak makan pada sore hari. Terlalu banyak makan bisa menyebabkan gangguan lambung. 

Gangguan lambung berupa sakit maag juga bisa disebabkan makanan pedas, berlemak, bersifat asam, dan berminyak. Stres yang melanda juga bisa mencetuskan gangguan lambung.

Akibatnya, timbul gejala seperti perut kembung, nyeri ulu hati, mual, dan muntah. Jika sudah terjadi, pastinya pekerjaan jadi tidak terselesaikan dengan baik. Anda harus mengatasi segera, misalnya dengan obat herbal untuk meredakan gejala tersebut.

Bahan-bahan obat herbal untuk gangguan lambung bisa diketahui sebagai berikut.

1. Kunyit

obat maag alami

Kunyit merupakan obat herbal tradisional untuk membantu meredakan gangguan lambung. Kunyit memiliki kandungan polifenol senyawa antioksidan yang bersifat antiperadangan. Senyawa pada obat alami tersebut membantu meredakan asam lambung yang menyebabkan heartburn pada sakit maag.

Sebuah studi juga menyebutkan bahwa kunyit dapat membantu mencegah peradangan pada gangguan lambung, seperti Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Pada studi tersebut, gejala gangguan lambung bisa diredakan segera dengan obat yang mengandung antioksidan dan antiperadangan. Kedua sifat itu bisa ditemukan dalam kunyit.

2. Jahe merah

obat sakit maag

Jahe merah dapat menjadi alternatif obat herbal untuk atasi gangguan lambung. Jahe memiliki sifat antiperadangan untuk beragam gangguan lambung. Di samping itu, jahe merah juga bisa meredam gejala seperti mual dan muntah.

Jahe merah terbilang sebagai bahan alami yang bersifat gastroprotektif yang bekerja dengan menekan bakteri Helicobacter pylori penyebab naiknya asam lambung. 

Bakteri Helicobacter pylori hidup pada lingkungan yang asam. Ketika jumlahnya berlipat ganda dan tidak terkendali, bisa menyebabkan gejala maag. Hal ini dapat memicu infeksi pada lapisan dinding lambung.

Obat alami seperti jahe merah membantu menekan jumlah bakteri tersebut, sehingga bisa mengurangi gejala pada penderita gangguan lambung atau maag.

3. Nanas

obat alami maag

Nanas, buah tropikal yang satu ini pun dapat menjadi obat herbal untuk melegakan gejala gangguan lambung. Meskipun bersifat asam, nanas memiliki kandungan bromelain dan serat yang membantu menenangkan pada perut Anda. Maka itu, ini bisa menurunkan gejala seperti perut kembung pada gangguan lambung.

Selain itu, sifat antiperadangan pada nanas juga membantu pemulihan kondisi lambung. Anda bisa mengonsumsi jus nanas ataupun obat alami dengan kandungan nanas yang khusus mengatasi gangguan lambung, seperti sakit maag.

4. Madu dan royal jelly

obat maag alami

Madu dan royal jelly memiliki rasa manis dan bisa dinikmati dengan jahe atau teh hangat. Pemanis alami ini bisa membantu mengobati kondisi gangguan lambung. Misalnya, pada kondisi GERD, madu dan royal jelly dapat mencegah kenaikan asam lambung, memulihkan peradangan, serta meredakan sensasi heartburn.

Madu bantu melapisi dinding esofagus (kerongkongan) dan lambung, serta memperbaiki fungsi cincin esofagus agar cairan asam lambung maupun makanan naik ke kerongkongan. Obat herbal ini juga bekerja untuk mengatasi gangguan lambung lainnya, seperti sakit maag dan gastritis dengan menekan produksi asam lambung.

5. Akar manis

gambar akar manis alias licorice yang bermanfaat untuk lambung

Akar manis atau dikenal dengan licorice sering dijadikan obat herbal untuk mengobati gangguan lambung secara alami. Akar manis bekerja dengan melapisi dinding lambung agar menghindari iritasi akibat asam lambung. Akar manis juga menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

Konsumsi obat herbal atau alami yang mengandung akar manis bisa secara efektif meredakan gejala sakit maag dan radang lambung. Di samping itu, akar manis secara keseluruhan juga memberikan dampak baik dalam menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Misalnya, mengatasi sembelit, meningkatkan kebugaran tubuh, serta meningkatkan kualitas tidur Anda.

6. Adas

obat herbal untuk gangguan lambung

Adas memiliki rasa yang agak manis, sedikit pedas, dan hangat. Adas, salah satu obat herbal yang digunakan untuk mengatasi gangguan lambung. Biji-bijian ini memiliki kandungan alami sebagai antibakteri dan antiperadangan.

Adas bermanfaat untuk mengurangi inflamasi bagi penderita sakit maag dengan meredakan iritasi pada lambung. Obat alami ini bekerja dengan menekan produksi gas pada lambung, sehingga mengurangi kekembungan pada sakit maag. Adas merupakan komponen yang memberi keuntungan bagi penderita maag karena efeknya yang melegakan gejala.

7. Daun mint

obat herbal untuk gangguan lambung

Sejak dulu, daun mint sering digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Hingga kini, obat alami dengan kandungan daun mint bisa bermanfaat redakan gejala gangguan lambung, seperti sakit maag, nyeri ulu hati, perut kembung, maupun mual.

Daun mint membantu merilekskan otot perut yang sakit karena perut kembung dengan mendorong keluar gas yang ada di lambung. Namun, jika Anda menderita gangguan lambung berupa GERD, hindari konsumsi obat herbal ini.

Anda bisa mengonsumsi obat herbal yang mampu tuntaskan gejala gangguan lambung dengan ketujuh kandungan di atas. Dengan demikian, Anda bisa segera menuntaskan gejala yang mengganggu dan bisa kembali berkegiatan seperti semula.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Saran Kemenkes untuk Manfaatkan Obat Tradisional Sebagai Pencegah COVID-19

Kemenkes menyarankan penggunaan obat tradisional untuk mencegah COVID-19. Tapi penggunaannya harus tetap sesuai prosedur medis. Simak ulasan berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 05/06/2020 . 4 menit baca

4 Komplikasi Gastritis yang Patut Diwaspadai

Apa Anda punya gastritis? Mulai sekarang jangan sepelekan gejalanya, karena gastritis bisa menyebakan komplikasi. Apa saja? Cari tahu di sini.

Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gastritis, Health Centers 23/05/2020 . 6 menit baca

Obat Maag Cair dan Tablet: Sama-Sama Efektif, Tetapi…

Jenis obat sakit maag memang cukup banyak dan hadir dalam berbagai bentuk, seperti obat cair dan tablet. Lantas, mana yang lebih efektif mengatasi maag?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Gangguan Pencernaan, Gastritis, Health Centers 22/05/2020 . 4 menit baca

6 Komplikasi yang Mungkin Terjadi Akibat Penyakit Maag

Sangking umumnya, munculnya maag sering kali disepelekan. Padahal baik maag kronis atau akut dapat menimbulkan bahaya penyakit lain bila tidak diobati.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gastritis, Health Centers 21/05/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gangguan lambung

Apa Beda Gangguan Lambung Biasa dengan Maag?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 18/06/2020 . 5 menit baca
gambar junk food yang menyebabkan asam lambung naik, namun obat alami asam lambung dapat mengatasinya

Junk Food Bikin Asam Lambung Naik, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 18/06/2020 . 5 menit baca
minyak esensial

6 Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . 4 menit baca
sakit perut setelah makan pisang

Sakit Perut Setelah Makan Pisang, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 11/06/2020 . 3 menit baca