home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Penderita Maag Sama Sekali Tidak Boleh Minum Kopi?

Benarkah Penderita Maag Sama Sekali Tidak Boleh Minum Kopi?

Orang dengan penyakit lambung seperti maag dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein. Salah satu minuman berkafein yang cukup keras dilarang yakni kopi. Namun, benarkah orang dengan maag tidak boleh minum kopi sama sekali?

Minum kopi bisa menyebabkan maag kambuh

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung serta risiko peradangan pada lambung.

Kafein dapat membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah, sehingga asam lambung dapat naik hingga kerongkongan yang merupakan gejala mendasar pada penderita penyakit GERD.

Kopi, bahkan kopi decaf (kopi dengan kandungan rendah atau tanpa kafein) sekalipun, telah terbukti dapat merangsang produksi asam.

Oleh karena itu, minum kopi terlebih saat perut kosong meningkatkan keasaman perut, yang kemudian akan menyebabkan perut mulas dan muncul gejala gangguan pencernaan lainnya sepanjang hari.

Ini karena asam dari lambung bisa naik sampai ke kerongkongan. Akibatnya, dada atau tenggorokan Anda bisa terasa panas dan terbakar. Kondisi ini dinamakan heartburn.

Pilih kopi dan konsumsi jangan lebih dari 1 cangkir perhari

manfaat es kopi lebih sehat daripada kopi panas

Menurut MedlinePlus, seperti yang dilansir Livestrong, orang yang sehat umumnya bisa mengonsumsi 200 miligram kafein setara dengan satu sampai dua cangkir kopi setiap hari tanpa efek samping tertentu.

Meski begitu, orang sehat yang mengonsumsi dengan dosis rendah sekalipun bisa terserang insomnia dan sakit perut setelah minum minuman berkafein. Siasatnya, Anda dapat memilih kopi yang mengandung kafein sedikit.

Kandungan kafein memang berbeda-beda menurut jenis kopi yang dipanggang atau disangrai. Semakin lama kopi dipanggang, semakin hitam warnanya, semakin tinggi kafeinnya. Salah satu kopi rendah kafein yakni kopi hijau.

Ada baiknya, kurangi asupan minum kopi sebanyak secangkir kecil sehari untuk penderita sakit maag. Jika lebih dari takaran itu, dikhawatirkan asam lambung akan naik dan maag Anda pun kambuh.

3 Tips Minum Kopi yang Aman Buat Perut Jika Anda Punya Maag

Pertimbangkan juga beberapa hal berikut ini

Jika Anda menderita maag dan mengonsumsi kopi yang mengandung kafein secara rutin, disarankan Anda harus sedikit demi sedikit mengurangi jumlah kopi yang Anda konsumsi.

Pasalnya, jika Anda berhenti tiba-tiba hal itu dapat menyebabkan gejala putus kafein yang ditandai dengan keluhan seperti sakit kepala, kantuk, mudah tersinggung, mual, hingga muntah.

Bagi kebanyakan orang yang punya gejala maag, keluhan akan menjadi lebih buruk pada malam hari. Jadi sebaiknya hentikan konsumsi kafein di malam atau sore hari.

Konsultasikan dengan dokter tentang perubahan pola makan dan gaya hidup lainnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Acid Levels Caffeinated vs Decaf Coffee https://www.livestrong.com/article/543945-acid-levels-caffeinated-vs-decaf-coffee/ Diakses pada 16 November 2017.

Gerd and Caffeine https://www.livestrong.com/article/307162-gerd-and-caffeine/ Diakses pada 16 November 2017.

Decaffenated coffee gastritis https://www.livestrong.com/article/534943-decaffeinated-coffee-gastritis/ Diakses pada 16 November 2017.

Gastritis diet https://www.healthline.com/health/gastritis-diet#overview1 Diakses pada 16 November 2017.

https://www.webmd.com/diet/caffeine-myths-and-facts#1

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 28/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x