Punya Maag Tapi Masih Sering Minum Kopi? Ini Bahayanya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bagi orang yang memiliki maag, selalu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein. Salah satu minuman berkafein yang cukup keras dilarang adalah minum kopi. Pada dasarnya, kopi bisa membuat maag Anda kambuh. Tapi, apa benar orang yang memiliki maag tidak boleh minum kopi sama sekali?

Minum kopi bisa menyebabkan maag kambuh

Kafein yang  terdapat dalam kandungan kopi dapat meningkatkan produksi asam dan peradangan pada lambung. Selain itu, kafein dapat membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah, sehingga asam lambung dapat naik sampai ke kerongkongan, seperti pada penderita refluks asam lambung (GERD) yang juga dikenal dengan maag.

Kopi, bahkan kopi dekafein (yang kandungan kafeinnya rendah) sekalipun, telah terbukti untuk merangsang produksi asam. Oleh karena itu, minum kopi terlebih saat perut kosong meningkatkan keasaman perut, yang kemudian akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

Ini karena asam dari lambung bisa naik sampai ke kerongkongan. Akibatnya, dada atau tenggorokan Anda bisa terasa panas dan terbakar. Kondisi ini dinamakan heartburn. 

Pilih kopi tertentu dan konsumsi jangan lebih dari 1 cangkir perhari

Menurut MedlinePlus, seperti yang dikutip dari Livestrong, kebanyakan orang yang sehat saja, umumnya bisa mengonsumsi hingga 200 miligram kafein setara dengan satu sampai dua cangkir setiap hari, tanpa efek samping tertentu. Tapi bahkan, beberapa orang sehat yang mengonsumsi dengan dosis yang lebih rendah sekalipun pun bisa menyebabkan insomnia dan sakit perut maag.

Terlebih bagi Anda yang memiliki maag, di mana kafein bisa menjadi penyebab kambuhnya maag bagi yang memilikinya. Jadi, ada baiknya Anda mengurangi asupan minum kopi dari takaran paling banyak secangkir kecil dalam satu hari. Jika lebih dari takaran itu, dikhawatirkan asam lambung akan naik dan maag Anda pun kambuh.

Nah, Anda bisa pilih juga kopi yang mengandung kafein sedikit. Menurut University of Utah, kopi yang diseduh umumnya mengandung 135 miligram kafein. Sedangkan jika Anda membeli di warung atau kedai kopi, hal itu setara dengan 8 ons per sajian, dan masih terhitung dalam ukuran atau size kecil.

Kandungan kafein juga bisa berbeda-beda menurut jenis kopi yang dipanggang atau disangrai. Semakin lama kopi dipanggang, semakin hitam warnanya, semakin tinggi kafeinnya. Salah satu kopi rendah kafein adalah jenis kopi hijau. Namun, tetap saja tidak para ahli kesehatan dan dokter tidak merekomendasikan para penderita maag untuk minum kopi, yang akan membuat peradangan pada lambung. 

manfaat es kopi lebih sehat daripada kopi panas

Pertimbangkan juga beberapa hal berikut ini

Jika Anda menderita maag dan mengonsumsi kopi yang mengandung kafein secara rutin, disarankan Anda harus sedikit demi sedikit mengurangi jumlah kopi yang Anda konsumsi. Pasalnya, kalau Anda berhenti tiba-tiba hal itu dapat menyebabkan gejala putus kafein yang ditandai dengan keluhan seperti sakit kepala, kantuk, mudah tersinggung, mual, muntah, dan gejala lainnya

Bagi kebanyakan orang yang punya gejala maag, keluhan akan menjadi lebih buruk di malam hari. Jadi sebaiknya hentikan konsumsi kafein di malam atau sore hari. Karena kafein bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi. Coba tanyakan kepada dokter Anda tentang perubahan pola makan dan gaya hidup lainnya.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Tak semua pria itu sama. Ada yang brewokan dan kumisan, tapi ada juga yang tidak tumbuh jenggot dan kumis di wajahnya. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Banyak orang menggunakan obat kumur sebagai pengganti obat sariawan. Apa saja kandungan dalam obat kumur? Benarkah bisa mengobati sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
luka di vagina

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit