8 Makanan yang Wajib Dikonsumsi untuk Redakan Nyeri Sendi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26/03/2020 . 6 menit baca
Bagikan sekarang

Bagi Anda yang memiliki nyeri sendi, rutinitas harian seperti olahraga jogging di taman kota hingga bermain dengan hewan peliharaan tersayang mungkin jadi sering terganggu karena gejala bisa kambuh tiba-tiba. Namun selain minum obat, memilah-milih pilihan makanan juga patut Anda pertimbangkan untuk meredakan nyeri sendi secara alami. Dengan begitu, Anda seterusnya bisa bebas berkegiatan tanpa cemas.

Daftar makanan untuk meredakan nyeri sendi

Tubuh butuh asupan makanan yang sehat dan bergizi seimbang agar dapat berfungsi optimal setiap hari. Namun, apa yang paling dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sendi?

Anda khususnya membutuhkan makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan adalah senyawa aktif dalam makanan untuk menangkal efek buruk radikal bebas. Radikal bebas itu sendiri adalah komponen yang dapat memicu berbagai macam penyakit, termasuk peradangan pada sendi.

Lantas, makanan apa saja yang tinggi antioksidan? Antioksidan bisa Anda dapatkan dari makanan-makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan selenium. Berikut adalah makanan yang terbaik untuk Anda meredakan nyeri sendi:

1. Buah ceri

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ceri, dalam bentuk buah segar, jus, atau suplemen ekstrak ceri dapat membantu melawan peradangan pada persendian.

Salah satunya adalah penelitian yang cukup lawas dari tahun 2004, menemukan bahwa suplemen ekstrak ceri dapat mengurangi peradangan serta pembengkakan pada sendi.

Hasil penelitian dari Baylor Health Care System pada tahun 2009 juga menunjukkan demikian. Penelitian tersebut menemukan, suplemen makanan yang mengandung ekstrak ceri berpotensi untuk meredakan nyeri sendi akibat osteoarthritis.

Temuan-temuan ini pun diperkuat oleh lagi penelitian dari Oregon Health and Science University di tahun 2012 yang melaporkan hal sama. Peneliti menemukan, konsumsi jus ceri segar dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat osteoarthritis tanpa risiko efek samping dari obat NSAID.

Sementara itu, sejumlah penelitian lain menghubungkan potensi antinyeri buah ceri segar untuk meringankan nyeri sendi akibat asam urat. Potensi pereda nyeri ceri ini berasal dari antioksidan yang bernama anthocyanin.

Alternatif makanan lain yang juga mengandung anthocyanin dan dapat membantu meredakan nyeri sendi adalah buah-buah berwarna pekat serupa, seperti bluberi, blackberry, atau buah delima.

2. Cabe merah

Cabe merah mengandung capsaicin, senyawa yang dibuktikan oleh banyak penelitian berpotensi meredakan rasa sakit; termasuk nyeri sendi akibat arthritis dan osteoarthtritis.

Capsaicin bekerja mengganggu substansi P, sebuah peptida dalam tubuh yang mengirimkan sinyal rasa sakit dari ujung saraf ke otak. Zat P juga bertanggung jawab untuk melepas zat pemicu radang pada persendian.

Selain berkat capsaicin, potensi pereda nyeri dari cabe juga berasal dari kandungan vitamin C-nya. Hal ini dikarenakan vitamin C dapat membantu tubuh Anda membentuk kolagen.

Kolagen adalah protein pembentuk tulang lunak, tendon, dan ligamen yang menjadi bantalan pelindung sendi dan merekatkan sendi Anda.

Selain cabe merah, Anda juga dapat mengonsumsi makanan lain yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, tomat, dan nanas untuk meredakan nyeri sendi.

3. Salmon

Salmon (juga sarden dan makarel) adalah jenis ikan berlemak yang tinggi omega 3 serta kalsium dan vitamin D.

Omega-3 dapat menurunkan risiko pembengkakan, peradangan, atau masalah-masalah lain pada persendian.

Penelitian menemukan bahwa orang yang secara teratur makan ikan tinggi omega-3 memiliah untuk mengalami rheumatoid arthritis (RA) di kemudian hari. Sementara bagi mereka yang sudah memiliki penyakit ini, makanan tinggi omega-3 laut berguna untuk mengurangi pembengkakan, kekakuan, dan nyeri pada sendi.

Selain itu, Anda membutuhkan asupan vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan agar kesehatan sendi sekaligus tulang juga terpelihara.

Tidak hanya salmon, Anda juga bisa mengonsumsi yogurt maupun susu low-fat atau no-fat yang juga tinggi kalsium dan vitamin D.

4. Bubur havermut (oatmeal)

Makanan yang terbuat dari bii gandum utuh (whole wheat grains) seperti oatmeal dilaporkan berpotensi untuk meredakan nyeri sendi.

Biji-bijian utuh kaya akan antioksidan dan vitamin B kompleks, yang melindungi sel persendian dari kerusakan lebih lanjut.

Ditambah lagi, biji-bijian utuh adalah sumber makanan terbaik bagi koloni bateri baik dalam usus. Memiliki koloni bakteri baik yang cukup dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi peradangan.

Penuhilah mangkuk oatmeal Anda dengan buah, kacang-kacangan, dan yogurt. Anda juga bisa memakan nasi merah sebagai ganti oatmeal, ketimbang makan nasi putih.

5. Kunyit

Di dalam kunyit, terdapat komponen bernama kurkumin yang cara kerjanya mirip seperti ibuprofen untuk meredakan nyeri.

Merangkum WebMD, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa curcumin dalam kunyit dapat mengurangi beberapa gejala rematik (rheumatoid arhtritis), termasuk pembengkakan, rasa sakit, dan kekakuan sendi di pagi hari. Penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi suplemen kunyit dua kali sehari dapat meredakan gejala rematik lebih efektif daripada obat antinyeri generik.

Beberapa penelitian berbeda juga menunjukkan bahwa konsumsi suplemen ekstrak kunyit, sendiri atau dikombinasikan dengan obat herbal nyeri sendi lain, dapat mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis pada lutut dan meningkatkan fungsi persendiannya.

Kalau Anda tidak suka atau tidak bisa makan kunyit mentah, Anda dapat mengolahnya ke dalam masakan seperti kari.

Selain itu, Anda juga bisa mengganti kunyit dengan jahe atau kayu manis yang juga termasuk makanan terbaik untuk nyeri sendi.

6. Kacang walnut

Kacang walnut kaya akan beberapa nutrisi yang berguna untuk mencegah peradangan, seperti omega-3 dan asam lemak.

Perlu diingat juga, meskipun kacang walnut atau jenis kacang-kacangan yang lain berguna dan merupakan salah satu makanan untuk nyeri sendi, makanan-makanan tersebut juga tinggi kalori.

Maka dari itu, sebaiknya Anda harus pintar-pintar memakannya supaya tidak terkena penyakit lain walaupun menjadi salah satu makanan untuk nyeri sendi.

7. Brokoli dan bok choy

Sayur-sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan bok choy), kaya akan nutrisi yang membantu kesehatan sendi Anda.

Termasuk anti-oksidan, beta-karoten, dan vitamin C sehingga termasuk sebagai makanan untuk nyeri sendi. Kale sendiri juga kaya akan kalsium, yang dapat menguatkan tulang Anda.

8. Bawang putih

Walaupun ada sebagian orang yang tidak menyukainya, bawang putih juga termasuk sebagai makanan untuk nyeri sendi.

Hal ini dikarenakan bawang putih mempunyai efek anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala nyeri atau sakit sendi. Lalu, makanan ini pun juga dapat meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Setelah melakukan pengobatan yang cukup panjang dan kanker dinyatakan sembuh, rasanya sangat melegakan. Namun, bagaimana kalau kanker kembali muncul?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/06/2020 . 6 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap (dan Cara Mengusirnya)

Masalah bau kaki tak sedap tentu sangat mengganggu. Untuk mengusir masalah ini, ikuti tips-tips dari para ahli dan bebaskan diri Anda dari bau kaki.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 15/06/2020 . 5 menit baca

6 Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan bisa sangat mengganggu dan menyusahkan. Berbagai pengobatan pun Anda coba. Nah, sudahkah Anda menggunakan minyak esensial?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/06/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
cara cuci tangan dengan benar

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 4 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca