5 Kiat Mudah Menghindari Komplikasi Diabetes

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Bukan tanpa alasan diabetes dijuluki sebagai “ibu dari segala penyakit”. Sebab, penyakit ini berisiko menimbulkan gangguan kesehatan serius yang memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika Anda mengalami penyakit ini, jangan takut. Ada banyak cara untuk mencegah komplikasi diabetes melitus yang bisa Anda lakukan.

Berbagai cara mencegah komplikasi diabetes melitus

1. Berkomitmen menjaga gula darah tetap normal

dokter kandungan yang bagus

Untuk mencegah komplikasi diabetes melitus, Anda harus tahu seluk beluk mengenai penyakit ini. Dari hal-hal yang menjadi musuh diabetes hingga yang sebaiknya dilakukan. Tanyakan hal ini pada dokter yang merawat Anda.

Setelah tahu apa saja dan bagaimana cara mengendalikan diabetes, tanamkan hal tersebut dalam diri Anda. Mulai coba untuk melakukan saran dan menghindari hal-hal yang dipantang oleh dokter.

Anda bisa memulainya dari membuat rencana diet sehat dan melakukan kegiatan fisik sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari. Jangan lupa juga jaga berat badan, jaga kadar gula darah Anda, dan ikuti instruksi dokter untuk mengatur kadar gula darah Anda.

2. Jangan merokok

pakai behel. merokok

Berhenti merokok nyatanya bisa membantu mencegah risiko komplikasi diabetes. Berikut adalah hal yang terjadi pada tubuh jika Anda masih merokok:

  • Kurangnya aliran darah di kaki dan telapak kaki, yang mengacu pada infeksi, dan kemungkinan pengangkatan bagian tubuh melalui operasi (amputasi)
  • Terkena  penyakit jantung
  • Terkena  stroke
  • Terkena penyakit mata yang mengarah pada kebutaan
  • Kerusakan saraf
  • Penyakit ginjal

Bicarakan dengan dokter Anda tentang cara untuk membantu Anda berhenti merokok atau menggunakan jenis tembakau lain.

3. Menjaga tekanan darah dan kolesterol tetap normal

penyebab hipertensi

Ada dua kondisi yang bisa memicu komplikasi diabetes melitus. Pertama, tekanan darah tinggi yang bisa merusak pembuluh darah Anda. Kedua, kadar kolesterol tinggi juga yang bisa membuat penyakit diabetes makin parah. Ketika kondisi ini menjadi satu, mereka dapat mengarah pada serangan jantung, stroke, atau kondisi mengancam nyawa lainnya.

Segera, terapkan diet sehat yang rendah lemak dan olahraga teratur bisa memakan waktu lama dalam mengontrol tekanan darah tinggi dan kolesterol. Dokter Anda juga mungkin akan meresepkan obat untuk mencegah tensi dan kadar kolesterol tinggi.

4. Buat jadwal teratur untuk pemeriksaan fisik dan mata

tanda-tanda penyakit jantung

Untuk mencegah komplikasi diabetes melitus seperti glaukoma dan hipertensi, buatlah jadwal dua sampai tiga kali pemeriksaan dalam setahun. Umumnya dokter akan memeriksa kondisi fisik Anda termasuk mata.

Selama pemeriksaan fisik, dokter akan menanyakan tentang gaya hidup, diet dan gejala kesehatan lain yang mengarah pada komplikasi terkait diabetes.

Pemeriksaan rutin ini juga termasuk memeriksa tanda dari kerusakan ginjal, kerusakan saraf dan penyakit jantung, dan juga untuk melihat masalah medis lain. Dokter mata akan memeriksa jika terdapat tanda kerusakan retina, katarak, dan glaukoma.

5. Jangan lupa vaksin

vaksin untuk flu

Kadar gula darah tinggi pada orang diabetes juga bisa melemahkan sistem kekebalan, yang membuat tubuh rentan terkena penyakit.

Untuk mencegah komplikasi diabetes, silakan tanyakan dan konsultasi pada dokter tentang beberapa vaksin untuk diabetes berikut ini.

  • Vaksin flu. Vaksin flu setiap tahun bisa membantu Anda tetap sehat selama musim flu juga mencegah komplikasi serius dari flu.
  • Vaksin pneumonia. Terkadang vaksin pneumonia memerlukan satu kali tindakan. Bila Anda memiliki komplikasi diabetes atau Anda berusia 65 tahun atau lebih, Anda mungkin memerlukan vaksinasi 5 tahun sekali.
  • Vaksin hepatitis B. Dokter umumnya akan merekomendasikan vaksin hepatitis B untuk dewasa penderita diabetes yang sebelumnya tidak menerima vaksin dan lebih muda dari usia 60 tahun. Bila Anda berusia 60 tahun atau lebih dan tidak pernah menerima vaksin hepatitis B, bicarakan dengan dokter apakah ini baik atau tidak untuk Anda.
  • Vaksin lain. Perbarui vaksin tetanus Anda. Dokter mungkin merekomendasikan vaksin lainnya juga.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

Punya masalah hipertensi alias tekanan darah tinggi saat puasa tentu memberikan tantangan sendiri. Agar puasa tetap lancar, ikuti tips ampuhnya berikut ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 04/05/2020

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Diabetesi termasuk golongan yang rentan terjangkit virus COVID-19. Selain lakukan upaya pencegahan, jaga juga kadar gula darah di rumah dengan tips berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Coronavirus, COVID-19 30/04/2020

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu mengontrol diabetesnya. Salah satu yang bisa dilakukan, yaitu jalan kaki. Apa manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Memilih camilan untuk penderita diabetes tidak boleh sembarangan. Selain perlu memperhatikan kandungan nutrisinya, jumlahnya pun tidak kalah penting.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Direkomendasikan untuk Anda

diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020
senam hipertensi

Manfaat dan Jenis-jenis Senam untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
diabetes dan kanker hati

Diabetes Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Hati, Ini Tips Mencegahnya

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 16/05/2020
pantangan darah tinggi

11 Pantangan Darah Tinggi yang Harus Anda Hindari

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020