Sudah jadi rahasia umum jika gula dan makanan manis adalah musuh utama bagi orang dengan diabetes. Ya, gula dan makanan manis dapat langsung membuat kadar gula darah melonjak, dan hal ini yang harus dihindari oleh para penderita diabetes. Namun tahukah Anda bila tak hanya makanan manis saja yang menjadi musuh dari penyakit diabetes? Makanan asin dan berbagai jenis makanan kemasan juga cukup berbahaya bagi Anda pengidap diabetes, mengapa?

Makanan kemasan dan garam juga harus dihindari pengidap diabetes

Selama ini mungkin Anda sudah patuh pada aturan dokter atau ahli gizi Anda untuk menghindari semua makanan manis atau yang mengandung gula. Tapi, ada satu hal yang mungkin Anda hiraukan dari anjuran tersebut, yaitu membatasi mengonsumsi makanan kemasan atau makanan yang asin. Memang, musuh utama Anda adalah gula, namun bukan berarti Anda bisa ‘bersahabat’ dengan garam dan makanan asin.

Sebenarnya, yang harus Anda hindari adalah konsumsi natrium yang berlebihan. Namun garam adalah sumber natrium terbesar dan makanan kemasan mengandung cukup banyak natrium yang dapat membuat kesehatan Anda terganggu.

Natrium adalah jenis mineral yang memiliki fungsi utama sebagai pengatur cairan tubuh dan tekanan darah. Terlalu banyak makan makanan yang mengandung natrium, akan menyebabkan tekanan darah naik.

Tekanan darah tinggi pada penderita diabetes akan meningkatkan risiko penyakit jantung

Bagi Anda yang memiliki diabetes, risiko untuk mengalami komplikasi penyakit kronis lain seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan gagal ginjal. semua penyakit kronis tersebut, bisa dipicu juga dengan tekanan darah tinggi.tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, bila seseorang yang mengalami diabetes dan terlalu sering mengonsumsi makanan kemasan dan makanan asin, maka bisa menyebabkan tekanan darahnya naik.

Sementara tekanan darah tinggi adalah pemicu dari penyakit kronis lainnya. Maka, penderita diabetes memiliki risiko berkali-kali lipat lebih tinggi untuk mengalami komplikasi karena makanan kemasan dan makanan asin yang ia makan yang menyebabkan tekanan darah meningkat.

hipertensi tidak terkontrol

Lalu, apakah saya tidak boleh mengonsumsi makanan kemasan dan garam lagi?

Hampir setiap makanan kemasan pasti mengandung jumlah natrium yang cukup banyak. Misalnya saja pada satu bungkus mie instan terdapat sekitar 700-1200 mg natrium. Atau tiga buah biskuit saja memiliki kandungan natrium sebesar 105 mg. Padahal, jumlah konsumsi natrium yang dianjurkan dalam satu hari adalah tak lebih dari 2300 mg narium.

Belum lagi kandungan natrium di makanan Anda yang berasal dari garam yang Anda gunakan. Setengah sendok teh garam saja mengandung sekitar 1000 mg natrium. Bila Anda dalam satu hari telah mengonsumsi beberapa jenis makanan kemasan dan menggunakan garam pada masakan Anda dengan jumlah yang cukup banyak, maka tanpa disadari Anda telah mengonsumsi natrium melebihi batas yang dianjurkan.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda kurangi penggunaan garam dalam makanan Anda dan membatasi mengonsumsi makanan kemasan. hal ini bertujuan untuk menurunkan risiko komplikasi penyakit diabetes. Bahkan bagi Anda yang sudah memiliki tekanan darah yang tinggi, lebih baik untuk tidak menggunakan garam dalam makanan Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca