Cara Merawat Kulit Sensitif Agar Tetap Sehat dan Cantik

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Jika Anda memiliki kulit berjerawat, rosacea, dermatitis kontak, ataupun kondisi lain yang dapat membuat kulit sensitif terhadap banyak komposisi produk kulit, Anda membutuhkan strategi khusus dalam memilah-milih produk perawatan wajah yang tepat. Pasalnya, jika tidak hati-hati memilih produk, kulit sensitif rentan berjerawat dan meradang, kering bersisik, mengelupas, bahkan gatal-gatal. Lantas bagaimana cara merawat kulit sensitif? Cari tahu tipsnya di bawah ini. 

Berbagai cara merawat kulit sensitif

1. Pembersih wajah

Kulit sensitif harus dibersihkan secara teratur dengan produk pembersih khusus untuk kulit sensitif. Umumnya, sabun dan pembersih wajah biasa kandungannya sangat keras sehingga dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Untuk mencegah timbulnya iritasi, carilah produk yang mengandung bahan-bahan alami yang dapat memberi efek menenangkan bagi kulit. Misalnya lidah buaya, vitamin E, dan lain sebagainya.

Selain itu, pilihlah sabun yang lembut dan pembersih wajah yang tidak menyebabkan alergi, menimbulkan komedo, dan tidak memicu timbul jerawat atau reaksi kulit lainnya. Nah, jenis pembersih wajah ini sangat baik untuk Anda yang berkulit sensitif. 

2. Pelembap

Pelembap dapat membantu mengurangi risiko iritasi dan memperkuat fungsi penghalang kulit pada orang yang memiliki kulit sensitif. Meski begitu, Anda harus berhati-hati dalam memilih pelembap yang ada di pasaran. Khususnya terhadap produk pelembap yang kandungan kimianya terlalu berat atau yang mengandung parfum.

Gunakanlah pelembap wajah tanpa pewangi dan tidak menyebabkan alergi. Cari tahu zat dan senyawa kimia mana yang menimbulkan reaksi pada kulit Anda dan catatlah dalam daftar belanja sehingga Anda bisa menyeleksi produk kecantikan mana yang baik untuk kulit sensitif Anda.

3. Tabir surya

Tabir surya penting digunakan setiap hari untuk segala jenis kulit, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Kandungan pelindung UVA/ UVB dalam tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari sengatan matahari dan akibat jangka panjang dari sinar matahari misalnya penuaan dini.

Cara terbaik untuk memilih tabir surya adalah dengan menggunakan produk yang mengandung titanium dioxide dan zinc oxide. Titanium dioxide dan zinc oxide adalah satu-satunya filter UVA dan UVB fisik yang disetujui oleh FDA untuk perlindungan matahari langsung.

Kedua mineral aktif ini berisiko lebih rendah menyebabkan reaksi alergi karena tidak menyerap ke dalam kulit. Oleh karena itu, produk pelindung matahari yang menggunakan filter UV ini adalah pilihan yang baik untuk anak-anak dan mereka yang memiliki kulit sangat sensitif terhadap sinar UV.

Tips mencoba produk baru untuk kulit sensitif

Setelah memahami berbagai cara merawat kulit sensitif seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa tips lainnya yang harus Anda perhatikan. Terutama saat mencoba suatu produk baru. Yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Tes produk kecantikan dengan mengoleskan sedikit pada bagian belakang telinga selama jangka waktu tertentu untuk melihat hasilnya. Anda juga dapat mengetasnya di bagian tubuh lain, misalnya punggung tanggan atau siku. 
  • Jika kulit tidak menunjukkan iritasi, ulangi langkah pertama, tapi oleskan produk di area samping mata.
  • Jika produk tidak menimbulkan tanda-tanda iritasi, kini Anda bisa mulai menggunakannya di wajah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Kesalahan yang Membuat Kulit Rentan Rusak Selama Bulan Puasa

Apabila tidak dijaga dengan baik, kulit wajah Anda bisa menjadi kurang nutrisi sampai rusak saat puasa. Ketahui beberapa penyebabnya di bawah ini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Hari Raya, Ramadan 02/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Memilih Sabun untuk Kulit Bayi yang Sensitif

Kulit bayi masih sangat sensitif, untuk itu Anda perlu memilih sabun yang tepat. Bagaimana cara memilih sabun bayi untuk kulit sensitif?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 01/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Meskipun kulit aman dari polusi, faktor lainnya di rumah bisa memicu masalah kulit. Ini sederet tips merawat kulit saat karantina.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 27/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Mana yang Lebih Baik: Eksfoliasi Pakai Chemical Peeling atau Scrub?

Mungkin Anda bingung lebih baik pilih chemical peeling atau scrub untuk perawatan kulit. Ternyata perawatan kulit perlu menyesuaikan kondisi kulit Anda.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 26/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . Waktu baca 5 menit
memilih kosmetik untuk kulit sensitif

Tips Memilih Kosmetik yang Aman bagi Kulit Sensitif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 04/06/2020 . Waktu baca 5 menit
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020 . Waktu baca 4 menit
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . Waktu baca 4 menit