backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Kenali Double Cleansing dan Manfaatnya untuk Kulit

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 22/01/2024

Kenali Double Cleansing dan Manfaatnya untuk Kulit

Mencuci muka, terutama bagi para wanita yang sering mengenakan makeup dan beraktivitas seharian di luar ruangan, tentunya amat penting. Agar lebih bersih, sebaiknya lakukan teknik double cleansing.

Apa itu double cleansing?

Double cleansing adalah metode membersihkan muka sebanyak dua kali. Hal yang paling penting dalam melakukan proses ini adalah jenis pembersih wajah yang digunakan.

Pertama, Anda harus menggunakan pembersih berbahan dasar minyak, kemudian diikuti dengan pembersih berbahan dasar air.

Untuk membersihkan wajah tahap pertama, Anda dapat memilih menggunakan cleansing oil, cleansing balm, micellar water, makeup remover, milk cleanser, atau oil cleanser. 

Minyak alami lain, seperti minyak jojoba, minyak zaitun, minyak almon, minyak kastor juga bisa Anda gunakan. Tahapan ini membantu menghilangkan kotoran yang berasal dari minyak di kulit, seperti sebum. 

Pada tahap kedua, gunakan pembersih berbahan dasar air, seperti facial wash atau facial foam. Tahap ini bermanfaat menghilangkan kotoran yang larut dalam air, seperti keringat dan kotoran.

Selain itu, tahap ini juga mengangkat sisa residu dari tahap pertama yang kerap membuat kulit lengket.

Tahapan double cleansing

Dikutip dari Cleveland Clinic, berikut teknik dan tahapan double cleansing.

  1. Oleskan pembersih berbahan dasar minyak ke telapak tangan atau kapas lalu pijat dengan lembut.
  2. Bilas wajah menggunakan waslap atau tangan dengan air hangat. Jangan gunakan air yang terlalu panas karena dapat mengeringkan kulit.
  3. Keringkan muka dengan menggunakan angin, sebaiknya hindari menggunakan handuk agar kulit wajah lembap alami.
  4. Oleskan pembersih berbahan dasar air dan pijat lembut ke kulit wajah Anda. Bersihkan pembersih dan tepuk-tepuk kulit menggunakan handuk lembut.

Double cleansing sebaiknya dilakukan jam berapa?

Double cleansing biasanya dilakukan pada rutinitas perawatan kulit wajah, terutama pada malam hari sebelum tidur. Pada pagi hari, pembersih berbahan dasar air sudah cukup membersihkan kotoran dan sebum.

Apa saja manfaat double cleansing?

Nah, setelah mengetahui arti dan caranya, mari simak berbagai manfaat double cleansing untuk kesehatan kulit Anda.

1. Membersihkan sisa makeup secara menyeluruh

Cleansing balm, oil liquid cleanser, atau cleansing oil mengandung minyak yang efektif melarutkan makeup.

Minyak dapat membersihkan berbagai produk perawatan kulit yang Anda gunakan serta sebum yang bercampur dengan debu dan kotoran saat beraktivitas..

Sabun muka biasa berbahan dasar air tidak memiliki zat aktif yang mampu mengangkat kotoran dan membersihkan makeup secara menyeluruh.

Jadi, langkah tambahan dengan double cleansing dapat membantu membersihkan wajah secara mendalam.

2. Mencegah pori-pori tersumbat

Efek sering ganti sabun cuci muka

Manfaat double cleansing selanjutnya yaitu mencegah tersumbatnya pori-pori.

Pembersih yang berbahan dasar minyak dapat melarutkan sebum dan komedo. Sementara itu, pembersihan berbasis air membantu membersihkan lebih mendalam di dalam pori-pori. 

Proses ini membantu mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan sisa-sisa minyak yang mungkin tertinggal setelah langkah pertama.

3. Skincare lebih mudah meresap ke dalam kulit

Pori-pori yang bersih saat double cleansing akan mempermudah bahan aktif dalam produk perawatan kulit untuk meresap ke dalam kulit. 

Selain itu, pijatan lembut saat membersihkan muka dapat merangsang sirkulasi darah di area wajah.

Peningkatan sirkulasi darah ini membantu membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit sehingga meningkatkan kemampuan kulit untuk menyerap produk skincare

4. Kulit menjadi lebih lembap dan lembut

Manfaat lain dari rutin double cleansing yaitu Anda akan memiliki kulit yang jauh lebih lembap dan halus. Kandungan minyak yang terdapat pada pembersih wajah dapat memberikan kelembapan lebih pada kulit Anda.

Namun, pada langkah selanjutnya, pastikan Anda memilih sabun muka dengan bahan yang ringan dan tidak membuat kulit Anda terlalu kering.

Hal ini untuk mencegah agar kulit Anda tidak kehilangan sebum alami di dalamnya.

5. Mencegah masalah-masalah kulit

Sisa makeup dan debu yang tidak dibersihkan dengan sempurna dapat berakibat buruk pada kulit Anda. Salah satunya adalah penyumbatan pori-pori yang dapat mengakibatkan munculnya jerawat dan komedo.

Maka dari itu, salah satu manfaat terpenting dari double cleansing yaitu mencegah masalah-masalah kulit seperti yang sudah disebutkan barusan terjadi pada Anda.

6. Mengurangi risiko iritasi kulit

Dengan melakukan double cleansing, semua sisa makeup, tabir surya, dan kotoran diangkat sepenuhnya dari wajah. Ini membantu mencegah penumpukan bahan aktif dan kotoran yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

Proses ini juga membantu menjaga keseimbangan minyak alami kulit. Ini dapat membantu mengontrol kelebihan minyak yang dapat menyebabkan iritasi.

7. Mencegah penuaan kulit

Penumpukan debu dan kotoran pada wajah dapat mempercepat proses penuaan kulit.

Jika tidak dibersihkan dengan baik, kotoran di wajah dapat merusak kolagen pada kulit. Tanpa kolagen, kulit lebih cepat kering dan memiliki kerutan-kerutan halus.

Selain itu, produk antipenuaan, seperti peptida atau asam hialuronat, dapat lebih efektif bekerja ketika kulit bersih dan bebas dari kotoran.

Meskipun memiliki banyak manfaat, double cleansing sebenarnya tidak dibutuhkan oleh semua orang. Orang yang sering menggunakan makeup lebih membutuhkan double cleansing daripada yang tidak.

Bagi Anda yang sehari-hari menggunakan produk perawatan wajah dasar, mencuci muka satu tahap saja sudah cukup. Bagi Anda yang jarang menggunakan makeup, bisa melakukan double cleansing seminggu sekali atau dua minggu sekali. 

Orang yang memiliki kulit berjerawat juga mungkin tidak cocok menggunakan produk yang mengandung minyak. Jadi, pilihlah produk pembersih muka yang sesuai dengan jenis kulit untuk menghindari munculnya efek samping.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 22/01/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan