Apakah Asma Mempengaruhi Kehidupan Seks Penderitanya?

Oleh

Seks adalah bagian penting dari suatu hubungan dan kesejahteraan banyak orang, namun apa jadinya jika seks membuat gejala asma Anda memburuk? Dokter Anda mungkin dapat menilai kondisi asma Anda, namun biasanya tidak akan mengajukan pertanyaan seputar kehidupan seks Anda sebagai penderita asma.

Asma dan kehidupan seks

Pada proyek “Reducing Emergency Asthma Care” dari Harlem Project, para peneliti menemukan dampak asma terhadap kehidupan seksual. Dari 356 orang dengan asma yang mengunjungi UGD karena asmanya kambuh ditemukan data berikut:

  • 80% penderita asma melakukan aktivitas seks dalam 2 minggu sebelum asmanya kambuh
  • 60% melaporkan bahwa kehidupan seksnya tidak leluasa karena ia mengidap asma
  • seks adalah hal ke-15 yang paling banyak dilaporkan sebagai hal yang terganggu karena asma
  • menurunnya performa seksual adalah dampak ke-3 paling utama dari asma, setelah kemampuan menaiki tangga dan kemampuan melakukan pekerjaan rumah.

Apakah asma dapat mengganggu kehidupan seksual saya?

Aktivitas seksual dapat menyebabkan kambuhnya asma dengan beberapa cara:

Sexercise-induced asthma

Rangkaian asma ini tidak dapat dikaitkan dengan aktivitas lainnya selain dari rangsangan seksual. Banyak pasien dan pasangan yang memiliki kegelisahan yang signifikan. Beberapa penderita asma dapat mengalami gejala pada awal kontak intim yang mencegah berlangsungnya hubungan seks, dan beberapa orang mengalami gejala 4 sampai 6 jam setelah hubungan seksual.

Hal ini tidak dapat dianggap varian exercise-induced asthma alias asma yang dipicu olahraga, karena gejalanya tidak tampak pada olahraga, namun pada aktivitas seksual. Bentuk asma ini dapat ditangani dengan mengonsumsi obat sebelum seks, atau mungkin merupakan pertanda asma Anda tidak terkendali dengan baik dan memerlukan penanganan lebih lanjut.

Human seminal plasma allergy

Terjadi paling sering pada wanita, penderita mengalami reaksi hipersensitif dan pasien mengalami alergi cairan seks pasangannya.

Condom induced asthma

Pada kondisi ini, pasien mengalami gejala yang terkait alergi lateks dari penggunaan kondom.

Hubungan seks pertama kali

Melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya dapat menyebabkan asma atau memicu asma yang sudah ada. Karena seks merupakan pengalaman emosional yang intens, seks dapat menyebabkan produksi stimuli yang signifikan yang dapat memicu respon sistem imun melalui produksi sel mast dan basofil.

Tampaknya, asma mempengaruhi kehidupan seksual dan kualitas kehidupan secara signifikan untuk banyak orang.

Apa yang harus lakukan jika asma mengganggu kehidupan seksual saya?

Bicarakan dengan dokter

Membicarakan dengan dokter mungkin sulit dilakukan, namun sedikit persiapan dapat membantu Anda membahas topik ini.

Memperlakukan seks seperti pemicu lainnya

Anda dapat mengidentifikasi dan menangani gejala asma terkait dengan seks seperti dengan pemicu lainnya, tanpa perlu menghindarinya.

Penanganan

Seperti asma pada umumnya, jika gejala Anda tidak ditangani dengan baik, Anda mungkin memerlukan pengobatan tambahan atau melakukan penanganan tertentu untuk mencegah gejala.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca