Definisi

Apa itu ulcerative colitis?

Ulcerative colitis (UC) adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada lapisan saluran pencernaan. Kadang peradangan dapat menyebabkan perdarahan dan menghasilkan nanah atau lendir. Cairan pada saluran pencernaan berpindah ke usus besar sehingga usus besar perlu dikosongkan dengan sering, mengakibatkan diare.

Seberapa umumkah ulcerative colitis?

Ulcerative colitis mempengaruhi pria dan wanita dan merupakan penyakit turunan. Orang-orang berusia 15 hingga 35 sering kali mengalami penyakit ini, dan kebanyakan mengalaminya seumur hidup. Beberapa orang memiliki rasa sakit yang lebih parah dan sering.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala ulcerative colitis?

Gejala utama adalah sakit perut dan diare, darah dan lendir pada feses. Buang air besar dapat meredakan rasa sakit pada bagian kiri perut. Apabila kondisi memburuk, diare meningkat dan menjadi sering terjadi dalam sehari. Penyembuhan dapat terjadi, namun lebih dari 75% pasien akan mengalami kondisi ini lagi.

Gejala lainnya meliputi kelelahan, penurunan berat badan, anoreksia, dan demam. Gejala lainnya yang mempengaruhi usus besar adalah nyeri sendi, biasanya pada lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan. Gangguan pada mata juga dapat terjadi. Komplikasi meliputi perdarahan berat, perforasi usus, hipertrofik usus (usus merenggang), dan peritonitis. Orang-orang dengan ulcerative colitis memiliki risiko yang lebih besar terhadap kanker usus besar.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter bila Anda mengalami gejala-gejala berikut ini:

  • Demam atau menggigil, frekuensi buang air besar yang meningkat, atau perdarahan.
  • Perut kembung, nyeri, atau muntah-muntah.

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab ulcerative colitis?

Penyebab ulcerative colitis belum diketahui. Sebelumnya, orang-orang menduga pola makan dan stress adalah penyebabnya, namun akhir-akhir ini dokter mengetahui bahwa faktor-faktor tersebut dapat memperparah, namun bukanlah penyebab ulcerative colitis.

Kemungkinan penyebab lainnya adalah disfungsi pada sistem imun. Saat sistem imun melawan virus atau bakteri, respon imun yang abnormal menyebabkan sistem imun menyerang sel pada sistem pencernaan.

Faktor genetik juga berperan dalam ulcerative colitis karena penyakit ini lebih umum terjadi pada orang-orang dengan anggota keluarga yang pernah mengalami penyakit ini. Namun, kebanyakan pasien tidak memiliki sejarah keluarga.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk ulcerative colitis?

Ada banyak faktor risiko untuk ulcerative colitis, yaitu:

  • Usia: ulcerative colitis biasanya muncul sebelum usia 30 tahun. Namun, UC dapat terjadi pada usia berapapun, dan beberapa orang mungkin tidak mengalami penyakit ini sebelum usia 60 tahun.
  • Ras: walau orang berkulit putih memiliki risiko terinfeksi paling besar, namun penyakit ini dapat terjadi pada ras apapun. Jika Anda memiliki ras Yahudi Ashkenazi, risiko Anda lebih besar.
  • Sejarah keluarga: risiko Anda lebih tinggi apabila Anda memiliki anggota keluarga seperti orangtua, saudara kandung, atau anak, yang juga memiliki penyakit tersebut
  • Penggunaan isotretinoin: Isotretinoin (Amnesteem, Claravis, Sotret; dulunya disebut accutane) adalah jenis obat yang kadang digunakan untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa obat tersebut meningkatkan faktor risiko UC, namun hubungan antara UC dan isotretinoin belum diketahui.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana cara mendiagnosis ulcerative colitis?

Dokter akan memeriksa sejarah medis keluarga Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter akan mengambil sampel darah dan feses untuk memeriksa perdarahan dan infeksi. UC didiagnosis melalui identifikasi endoskopis. Dalam prosedur ini, sebuah kabel fleksibel dengan lampu akan dimasukkan ke dalam rektum untuk melihat kondisi anus dan bagian bawah usus. Sampel lapisan usus kemudian diangkat untuk diperiksa dengan mikroskop.

Bagaimana ulcerative colitis ditangani?

Tujuan dari perawatan adalah untuk mengurangi gejala, mengendalikan peradangan, dan mencegah komplikasi.

Pengobatan utama yang digunakan untuk mengobati UC adalah obat radang, seperti mesalamine, sulfasalazine, olsalazine dan steroid.

Mesalamine digunakan untuk mencegah penyakit muncul kembali dan mengatasi gejala ringan hingga sedang agar tidak memburuk. Gejala yang parah membutuhan perawatan rumah sakit, maka biarkan usus beristirahat (jangan makan) dan gunakan infus.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi ulcerative colitis?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi ulcerative colitis:

  • Gunakan obat-obatan sesuai petunjuk dokter.
  • Tanyakan pada dokter jika Anda dapat menggunakan vitamin, suplemen mineral atau tablet zat besi.
  • Jagalah aktivitas fisik yang normal.
  • Kunjungi dokter secara rutin. Kolonoskopi penting untuk memonitor pencegahan penyakit dari berkembang menjadi kanker.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan