Definisi

Apa itu ragi infeksi jamur vagina?

Vaginitis adalah peradangan (pembengkakan, kemerahan) pada vagina yang disebabkan oleh banyak penyebab berbeda. Salah satunya adalah infeksi jamur Candida albicans. Penyakit yang disebabkan oleh Candida vaginitis biasa terjadi. Sebanyak 75% wanita di dunia dapat memiliki penyakit radang vagina.

Dalam kebanyakan kasus, Candida vaginitis dapat dihilangkan dengan cepat dan mudah. Namun, penyakit ini sangat menular dan sangat rentan untuk kambuh kembali.

Seberapa umumkah ragi infeksi jamur vagina?

Perempuan di semua usia berisiko terkena penyakit ini. Penyakit ini dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala infeksi jamur vagina?

Gejala yang paling umum adalah terasa gatal pada vagina dan vulva, muncul benjolan putih, kadang-kadang sedikit lengket. Juga, dalam beberapa kasus, cairan vagina mungkin juga memiliki nanah.

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Bila Anda merasakan adanya tanda-tanda penyakit ini, Anda harus periksa ke rumah sakit atau dokter untuk pengujian dan pemeriksaan. Penyakit ini dapat dengan mudah disembuhkan, Anda harus konsultasi dengan dokter agar lebih cepat disembuhkan dan tidak menyebar ke orang lain.

Penyebab

Apa penyebab infeksi jamur vagina?

Candida adalah penyebabnya.

Perempuan berisiko tinggi terkena infeksi jamur vagina karena penggunaan antibiotik yang membunuh bakteri sehat yang melindungi vaginanya. Tanpa bakteri menguntungkan, kondisi ini akan mempermudah jamur berkembang.

Wanita yang memiliki diabetes; hamil; menggunakan pil kontrasepsi, melakukan terapi steroid dalam jangka panjang juga mampu mengalami infeksi jamur vagina. Penyebab lainnya adalah penyiraman vagina dengan air yang berlebihan, makanan kurang bergizi, kurang tidur, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk infeksi jamur vagina?

Ada banyak faktor risiko untuk penyakit ini seperti:

  • Penggunaan antibiotik dalam jangka panjang
  • Diabetes (kencing manis) yang tidak dikontrol
  • Kerusakan atau gangguan kekebalan tubuh
  • Penyiraman dengan air yang tidak benar
  • Pengobatan pada vagina yang berkepanjangan

Jika tidak ada faktor risiko bukan berarti Anda tidak bisa mengalami penyakit ini. Faktor-faktor ini hanya untuk referensi saja. Anda harus konsultasi ke dokter spesialis untuk lebih jelasnya.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk infeksi jamur vagina?

Krim vagina, supositoria vagina dan obat oral dapat digunakan untuk pengobatan. Krim vagina, supositoria vagina dapat dibeli tanpa resep dokter; namun obat oral perlu resep dari dokter.

Antijamur yang biasa digunakan termasuk clotrimazole, miconazole, nistatin, dan terconazole. Flukonazol Wich diberikan secara oral. Efek samping dari obat-obatan tersebut sangat jarang terjadi, tetapi dalam beberapa kasus dapat menyebabkan iritasi vagina atau vulva.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk infeksi jamur vagina?

Pertama, dokter akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda untuk menentukan apakah Anda telah mengalami infeksi jamur vagina atau penyakit menular seksual. Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan panggul untuk memeriksa tanda‐tanda infeksi di luar maupun di dalam vagina dan leher rahim. Akhirnya, dilakukan uji laboratorium pada cairan vagina di bawah mikroskop untuk menentukan jenis jamur menyebabkan peradangan.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi infeksi jamur vagina?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi infeksi jamur vagina:

Periksakan diri Anda ke dokter secara teratur untuk memantau perkembangan infeksi serta kesehatan Anda.

  • Dengarkan petunjuk dari dokter, jangan sembarangan menggunakan obat atau tidak menggunakan obat tanpa izin dokter
  • Gunakan semua obat sesuai petunjuk. Jika Anda tidak menyelesaikan pengobatan, infeksi mungkin tidak hilang sepenuhnya dan penyakit ini bisa kembali
  • Mandilah jika Anda merasa gatal dan tidak nyaman. Rendam vulva selama 10-15 menit dalam air hangat, kemudian tepuk ringan bagian tersebut dengan handuk hingga kering
  • Makanlah yoghurt yang mengandung ragi setiap hari. Yogurt dapat membantu menghentikan infeksi jamur kambuh kembali dan juga merupakan sumber kalsium, karena kalsium efektif untuk mendukung perkembangan bakteri menguntungkan dalam vagina
  • Jangan melakukan hubungan seks saat melakukan pengobatan. Jika demikian, Anda diminta untuk menggunakan kondom untuk menghindari infeksi dan penyakit lain yang lebih parah
  • Jangan memakai pakaian ketat yang tidak ada sirkulasi udara (seperti celana yang terlalu ketat)

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016