6 Gejala Infeksi Jamur Vagina yang Harus Diwaspadai

    6 Gejala Infeksi Jamur Vagina yang Harus Diwaspadai

    Dikutip dari WebMD, sekitar 75 persen wanita dapat mengalami infeksi jamur vagina setidaknya satu kali dalam hidupnya. Ini artinya Anda pun dapat berisiko terkena infeksi jamur vagina, atau bahkan tidak sadar bahwa Anda sedang mengalaminya. Coba perhatikan, apakah Anda mengalami salah satu atau gejala infeksi jamur vagina berikut ini?

    Berbagai gejala infeksi jamur vagina

    Sensasi tidak nyaman dan gatal vagina adalah gejala infeksi jamur vagina yang paling umum. Namun, hal ini biasanya disertai dengan gejala lainnya yang meliputi:

    1. Keputihan yang menggumpal

    mengatasi keputihan berlebihan

    Keputihan adalah hal yang normal dialami oleh semua wanita, terlebih menjelang haid. Namun hati-hati, keputihan yang tidak normal bisa menjadi gejala infeksi jamur vagina, lho!

    Pari Ghodsi, M.D., seorang dokter kandungan sekaligus pakar kesehatan wanita di Los Angeles, mengungkapkan bahwa keputihan karena infeksi jamur vagina cenderung berbentuk bongkahan (menggumpal) berair menyerupai keju cottage, berwarna kekuningan atau kehijauan, dan mengeluarkan bau tak sedap.

    2. Vagina terasa sangat gatal

    penyebab keputihan dan gatal vagina

    Sebagian wanita terkadang mengalami vagina gatal karena berbagai penyebab, salah satunya karena infeksi jamur vagina. Bedanya, rasa gatal di organ intim Anda akan terasa sangat mengganggu dan membuat Anda tidak tahan ingin menggaruknya.

    Namun, segatal apa pun vagina Anda, jangan sekali-kali menggaruknya. Ini hanya akan semakin mengiritasi lapisan vagina yang lunak.

    3. Nyeri saat buang air kecil

    frekuensi buang air kecil dalam sehari infeksi saluran kencing

    Jangan sepelekan saat Anda merasa sakit saat buang air kecil. Selain menjadi tanda infeksi jamur vagina, ini juga bisa jadi sinyal infeksi saluran kencing hingga penyakit kelamin.

    4. Bibir vagina berwarna kemerahan dan bengkak

    bibir vagina besar hipertrofi labia

    Cobalah ambil kaca kecil dan arahkan pada vagina Anda. Perhatikan, apakah bibir vagina dan vulva tampak kemerahan atau bengkak? Jika ya, bisa jadi Anda terkena infeksi jamur vagina.

    5. Sakit perut bagian bawah

    penyebab sakit perut

    Wanita dapat mengalami kram perut di bagian bawah saat terkena infeksi jamur vagina. Gejala ini tentu berbeda dengan kram perut menjelang haid. Bedanya, sakit perut ini terjadi terus-terusan dan tak kunjung hilang meskipun Anda sudah mencoba istirahat.

    6. Sakit saat berhubungan seks

    sakit saat berhubungan seks

    Tidak hanya mengganggu kesehatan, infeksi jamur vagina juga membuat hubungan seksual Anda jadi tidak nyaman. Pasalnya, vagina akan terasa panas sehingga menyebabkan sakit saat berhubungan seksual.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Yusra Firdaus


    Ditulis oleh Adelia Marista Safitri · Tanggal diperbarui 22/04/2021

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan