Definisi

Apa itu osteosarcoma (osteosarkoma)?

Osteosarcoma (osteosarkoma), atau sarcoma osteogenik, adalah sejenis kanker tulang yang berawal dari sel-sel yang membentuk tulang. Penyakit ini muncul ketika sel malah membentuk tumor kanker dan bukannya menumbuhkan tulang baru seperti biasanya.

Osteosarcoma biasanya terjadi pada tulang panjang di dalam lengan dan kaki, sering kali di dekat lutut atau bahu, walaupun bisa terjadi pada setiap tulang.

Penyakit ini lebih jarang terjadi pada tulang panggul, rahang, atau rusuk, juga jarang berkembang di dalam jari tangan atau jari kaki.

Seberapa umumkah osteosarcoma (osteosarkoma)?

Faktanya, meskipun termasuk jenis kanker tulang paling umum, osteosarcoma sebenarnya langka. Osteosarcoma mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa muda tapi juga bisa terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Risiko mengidap osteosarcoma sedikit lebih tinggi pada pria daripada wanita. Penyakit ini bisa diatasi dengan mengurangi faktor risiko.

Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala osteosarcoma (osteosarkoma)?

Tanda dan gejala osteosarcoma adalah:

  • Bengkak atau benjolan di sekitar tulang atau ujung tulang, nyeri di dekat area yang terpengaruh
  • Nyeri atau rasa sakit pada tulang atau sendi
  • Patah tulang yang tidak tampak disebabkan oleh alasan normal, misalnya jatuh
  • Sakit tulang

Jika anak mengidap penyakit ini, mereka mungkin mengalami rasa sakit pada malam hari atau setelah bermain atau beraktivitas fisik. Selain itu, mereka mungkin pincang bila osteosarcoma mempengaruhi kaki mereka.

Beberapa gejala atau tanda lainnya mungkin tidak tercantum di atas. Jika Anda merasa cemas tentang gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter jika Anda mengalami rasa sakit, bengkak, atau kerusakan dalam sistem muskuloskeleton. Anda juga perlu menemui dokter secepatnya bila mengalami rasa sakit dan bengkak yang tidak kunjung hilang atau penyebabnya tidak jelas dalam tulang atau sendi.

Penyebab

Apa penyebab osteosarcoma (osteosarkoma)?

Osteosarcoma disebabkan oleh fakta bahwa sel abnormal terus membelah dan bertahan hidup lebih lama dari biasanya. Mereka mulai membentuk kumpulan jaringan yang menjadi tumor dan mengakibatkan penyakit ini pada akhirnya.

Kondisi ini juga merupakan akibat dari kesalahan dalam DNA, juga disebut kode genetik. Karena adanya kesalahan, sel yang tumbuh untuk membuat tulang menciptakan tumor osteosarcoma, yang berarti bahwa penyakit terjadi sebagai kesalahan dalam sel DNA. Kesalahan ini memberi tahu sel untuk bertumbuh dan membelah secara tidak terkendali.

Menjalani sejumlah pengobatan macam terapi radiasi untuk jenis kanker lainnya, atau obat kanker bernama agen alkylate, juga bisa menyebabkan penyakit ini.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk osteosarcoma (osteosarkoma)?

Ada banyak faktor risiko osteosarcoma, yaitu:

  • Gangguan genetik bawaan. Sindrom genetik langka tertentu yang menurun dalam keluarga meningkatkan risiko kanker tulang, termasuk sindrom Li-Fraumeni dan retinoblastoma bawaan.
  • Penyakit tulang Paget.
  • Terapi radiasi kanker. mengalami dosis radiasi besar misalnya yang diberikan selama terapi radiasi kanker juga meningkatkan risiko osteosarcoma di masa depan.
  • Saat ini atau sebelumnya memiliki sejumlah tumor di dalam tulang rawan, yang merupakan jaringan penghubung di dalam tulang.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk osteosarcoma (osteosarkoma)?

Kebanyakan osteosarcoma diobati dengan pendekatan tiga tahap yang meliputi kemoterapi, operasi, dan kemoterapi tambahan lanjutan. Sebelumnya, kemoterapi dapat dilakukan sehingga mungkin membantu menghancurkan tumor sebanyak mungkin sebelum operasi.

Pasien dipilih ketika kanker tulang dapat dihilangkan tanpa mengamputasi anggota tubuh. Celah karena kanker yang diangkat lalu diisi dengan cangkok tulang atau anggota tubuh buatan untuk memastikan bahwa pasien mampu menjaga fungsi anggota tubuh sebisa mungkin.

Langkah ketiga adalah Anda diberikan tahap kemoterapi kedua sebelum operasi.

Operasi pemisahan anggota tubuh untuk mengobati penyakit bisa sulit dilakukan dalam beberapa kasus. Jika tumor telah menyerbu pembuluh darah penting atau bagian sendi terdekat, anggota tubuh mungkin harus diamputasi.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk osteosarcoma (osteosarkoma)?

Langkah pertama yang dokter lakukan untuk mendiagnosis osteosarcoma adalah menanyakan gejala dan menanyakan apakah Anda bermasalah dalam menggerakkan anggota tubuh atau sendi, serta mencari tahu penyebab sakit dan pembengkakan anggota tubuh yang lebih umum, misalnya cedera olahraga dan arthritis. Area yang sakit, rasa panas, bengkak, dan nyeri akan diperiksa sehingga dokter mampu mencari tanda pembengkakan atau cairan sendi.

Seandainya dokter tidak mendapatkan penyebab gejala yang sebenarnya, x-ray area serta tes darah bisa dilakukan. Tes darah akan normal sementara x-ray umumnya menunjukkan kelainan karakter yang mengindikasikan kanker.

Jika Anda dipastikan memiliki tumor tulang dengan bukti x-ray, Anda mungkin disarankan untuk pergi ke pusat medis utama untuk mengobati kanker tulang. Di sana, Anda mungkin menjalani scan magnetic resonance imaging (MRI) area untuk menentukan seberapa jauh tumor telah menyerang saraf, pembuluh darah, dan sendi terdekat.

Dokter juga membutuhkan biopsi untuk memastikan diagnosis. Dalam biopsi, sepotong kecil tulang Anda diambil untuk menemukan sel kanker di dalam laboratorium.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi osteosarcoma (osteosarkoma)?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan di bawah ini mungkin membantu mengurangi risiko terkena osteosarcoma:

  • Mendapatkan vitamin dan nutrisi untuk sistem tulang. Ingat ¬†untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi nutrisi tersebut.
  • Untuk mengurangi gejala, Anda dapat memanfaatkan beberapa bentuk akupunktur dan pijat.
  • Pelajari kanker tulang untuk membuat keputusan tentang perawatan Anda.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016