home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ewing's Sarcoma (Sarkoma Ewing)

Definisi Ewing's sarcoma|Tanda & gejala Ewing's sarcoma|Penyebab Ewing's sarcoma|Faktor-faktor risiko Ewing's sarcoma|Komplikasi Ewing's sarcoma|Diagnosis & pengobatan Ewing's sarcoma|Pengobatan Ewing's sarcoma di rumah|Pencegahan Ewing's sarcoma
Ewing's Sarcoma (Sarkoma Ewing)

Definisi Ewing's sarcoma

Apa itu Ewing’s sarkoma?

Ewing’s sarcoma atau Anda kenal dengan sebutan sarkoma Ewing adalah jenis kanker langka yang menyerang tulang atau jaringan lunak sekitar tulang.

Sel kanker biasanya paling sering muncul dan berawal pada tulang kaki atau tulang panggul, yakni tulang-tulang panjang pada tubuh. Meski begitu, sel kanker bisa muncul pada bagian tulang mana pun pada tubuh Anda. Paling jarang, jenis kanker ini muncul pada jaringan lunak sekitar dada, perut, atau tungkai sekitar kaki.

Jenis kanker ini memiliki banyak sebutan, seperti:

  • tumor neuroektodermal primitif perifer,
  • tumor Askin (bila terjadi pada dinding dada), dan
  • sarkoma Ewing ekstraosseous (kanker dimulai pada otot dan jaringan lunak sekitar tulang).

Seberapa umumkah kondisi ini?

Melansir dari situs Mayo Clinic, Ewing’s sarcoma adalah jenis kanker tulang yang paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja.

Ketimbang jenis kanker langka lainnya, sarkoma Ewing adalah jenis kanker paling umum yang menyerang anak dan orang dewasa muda.

Terdapat sekitar 1,7 juta anak usia kurang dari 15 tahun mengidap penyakit kanker tulang ini. Hanya sebagian kecil kasus kanker ini menyerang kelompok usia lain.

Tanda & gejala Ewing's sarcoma

Seseorang yang mengalami Ewing’s sarcoma biasanya menunjukkan gejala kanker, seperti:

  • Nyeri dan bengkak pada area tulang yang terkena.
  • Tubuh terasa lelah dan sering mengalami demam tanpa penyebab yang jelas.
  • Berat badan turun drastis.
  • Sering mengalami patah tulang tanpa sebab.

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda mengalami gejala-gejala kanker tulang yang tersebut, segera periksa ke dokter. Lebih dini terdeteksi dan lebih cepat diobati, membuat kualitas hidup penderitanya jadi lebih baik.

Penyebab Ewing's sarcoma

metastasis kanker

Hingga kini, penyebab pasti dari sarkoma Ewing tidak diketahui secara pasti. Akan tetapi, ilmuwan yakin bahwa jenis kanker ini berkaitan serat dengan perubahan (mutasi) DNA dalam tubuh.

DNA sendiri berisi serangkaian perintah pada sel untuk tumbuh, membelah, dan mati. Akibat terjadinya mutasi, perintah sel menjadi kacau. Sel akan berkembang biak lebih cepat dan terus hidup padahal seharusnya mati.

Kondisi ini menyebabkan penumpukan sel yang membentuk tumor. Seiring waktu sel kanker bisa menyebar dan merusak jaringan atau organ sehat yang berada di sekitarnya.

Sel kanker bisa saja pecah dan bermetastasis (menyebar) ke seluruh tubuh. Pada jenis kanker ini, mutasi gen paling sering mempengaruhi den EWSR1.

Faktor-faktor risiko Ewing's sarcoma

Siapa pun bisa mengalami sarkoma Ewing, akan tetapi ada beberapa orang yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini, yakni:

  • Berusia lebih muda, yakni kelompok usia anak-anak dan remaja.
  • Memiliki keturunan orang Eropa dan jarang terjadi pada orang keturunan Afrika dan Asia Timur.

Komplikasi Ewing's sarcoma

Ewing’s sarcoma dan pengobatannya dapat menimbulkan komplikasi, di antaranya:

  • Kanker bermetastasis. Sel kanker bisa menyebar dari tempat awalnya muncul, ke area lain, seperti paru-paru dan sumsum tulang belakang. Kondisi ini dapat membuat pengobatan dan pemulihan jadi lebih sulit.
  • Efek samping pengobatan kanker. Kemoterapi atau radioterapi dapat menyebabkan efek samping, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh sebab itulah, pasien perlu mendapatkan perawatan tambahan.

Diagnosis & pengobatan Ewing's sarcoma

osteosarcoma adalah

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Kanker tulang terdiri dari berbagai jenis. Agar dokter tidak salah dalam menegakkan penyakit sarkoma Ewing, pasien perlu menjalani serangkaian tes kesehatan, meliputi:

Pemeriksaan fisik

Pada pemeriksaan awal, dokter akan menanyakan gejala apa saja yang pasien alami. Kemudian, melakukan pemeriksaan fisik langsung sekaligus melihat riwayat kesehatannya.

Tes pencitraan

Setelahnya, dokter akan meminta pasien untuk menjalani tes pencitraan, seperti rontgen, CT scan, PET scan, dan pemindaian tulang.

Tujuannya untuk mencari lokasi kanker serta mengetahui apakah sel kanker sudah menyebar atau belum.

Biopsi

Pada prosedur biopsi, dokter akan mengambil jaringan yang dicurigai sebagai kanker. Sampel akan dibawa laboratorium untuk diperiksa.

Ada dua cara pengambilkan sampel jaringan biopsi, yakni menggunakan jarum kecil atau lewat pembedahan (membuat sayatan di kulit).

Pemeriksaan gen

Guna mengetahui jenis kanker, dokter bisa menggunakan cara ini. Pasalnya, beberapa sel kanker terjadi akibat mutasi gen.

Pada kasus sarkoma Ewing, gen yang bertanggung jawab adalah gen EWSR1 atau penyatuan gen EWSR1 denga gen lain menjadi gen EWS-FLI1.

Apa saja cara mengobati Ewing’s sarcoma?

Agar kanker tulang ini tidak menimbulkan komplikasi yang berujung dengan kematian, dokter biasanya dokter akan merekomendasikan pengobatan, berupa:

Kemoterapi

Pengobatan kanker ini menggunakan obat-obatan khusus yang bekerja untuk membunuh sel kanker. Perawatan bisa mengandalkan dua atau lebih obat yang dokter berikan dengan cara disuntik, diminum, atau keduanya.

Kemoterapi biasanya menjadi perawatan lini pertama dengan tujuan untuk mengecilkan tumor sehingga mempermudah operasi pengangkatannya.

Jika kanker sudah stadium lanjut atau menyebar ke area lain, kemoterapi bisa berfungsi sebagai perawatan pereda nyeri dan memperlambat pertumbuhan kanker.

Operasi

Sel kanker yang pada tubuh bisa berkembang dan menyebar. Oleh sebab itulah, dokter akan melakukan operasi untuk menghilangkan sel kanker.

Perawatan ini bisa melibatkan pengangkatan sebagian kecil, maupun tulang secara utuh. Ini bergantung dengan ukuran, lokasi kanker, dan apakah kanker sudah mengalami penyusutan atau belum setelah kemoterapi.

Radioterapi

Terapi radiasi menggunakan sinar berenergi tinggi, seperti sinar-X dan proton, untuk membunuh sel kanker. Pengobatan ini biasanya dokter pilih untuk membunuh sel kanker yang tersisa setelah operasi.

Terapi ini bisaa juga menjadi opsi perawatan jika pasien tidak mungkin operasi, karena bisa mengganggu fungsi tubuh yang penting, contoh menghilangkan fungsi usus atau kandung kemih.

Pengobatan Ewing's sarcoma di rumah

cara mencegah pencegahan kanker lambung perut

Mengobati kanker tulang jenis ini tidak hanya mengandalkan pengobatan rumah sakit saja. Pasien juga perlu melakukan perubahan gaya hidup yang sesuai dengan untuk pengidap kanker, seperti:

  • Iikuti pengobatan dan terapi yang dokter sarankan sesuai jadwal.
  • Istirahat cukup untuk membantu tubuh lebih cepat pulih dari operasi, dan membantu meningkatkan sistem imun.
  • Konsumsi makanan yang menyehatkan, terutama kaya antioksidan yang baik untuk sel tubuh, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Olahraga secara rutin untuk membantu mengendalikan berat badan tetap ideal, serta lakukan pola hidup sehat untuk penderita kanker.
  • Berhenti merokok dan membatasi konsumsi alkohol.

Pencegahan Ewing's sarcoma

Tidak ada cara yang diketahui ampuh untuk mencegah kanker sarkoma Ewing. Namun, tes genetik bisa membantu seseorang untuk mengetahui apakah dirinya berisiko dengan kanker ini atau tidak.

Jika berisiko tinggi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk mengubah gaya hidup lebih sehat dan melakukan skrining kanker secara rutin.

Anda wajib berhenti merokok, membatasi konsumsi alkohol, menerapkan pola makan yang sehat, dan rajin berolahraga.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ewing sarcoma Treatment (pdq.®)–patient version. (n.d.). Retrieved May 03, 2021, from https://www.cancer.gov/types/bone/patient/ewing-treatment-pdq.

Ewing’s sarcoma – OrthoInfo – AAOS. (n.d.). Retrieved May 03, 2021, from https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases–conditions/ewings-sarcoma/.

Ewing sarcoma. (2020, February 06). Retrieved May 03, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ewing-sarcoma/symptoms-causes/syc-20351071.

Can bone cancer be prevented?: Ways to prevent bone cancer. (n.d.). Retrieved May 04, 2021, from https://www.cancer.org/cancer/bone-cancer/causes-risks-prevention/prevented.html.

Living as a bone cancer survivor. (n.d.). Retrieved May 04, 2021, from https://www.cancer.org/cancer/bone-cancer/after-treatment/follow-up.html.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 29/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x