home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenali Tanda dan Gejala Kanker Tulang Berdasarkan Jenisnya

Mengenali Tanda dan Gejala Kanker Tulang Berdasarkan Jenisnya

Gejala kanker tulang pada umumnya diawali dengan nyeri tulang yang semakin memburuk, munculnya benjolan atau bengkak di tempat sel kanker bertumbuh, dan tulang yang rentan patah. Selain itu, kanker tulang juga bisa menyebabkan tangan atau kaki terasa dingin hingga kesemutan atau mati rasa pada area yang terkena kanker.

Meski begitu, gejalanya bisa semakin bervariasi ketika sel kanker sudah menyebar menjadi beberapa tipe. Untuk mengetahui lebih jauh gejala kanker tulang berdasarkan jenisnya, simak ulasannya berikut ini.

Gejala kanker tulang berdasarkan jenisnya

Berikut gejala kanker tulang sesuai dengan jenisnya, yaitu:

1. Osteosarcoma

Osteosarcoma cenderung terjadi pada lapisan luat tulang lengan, tetapi juga bisa muncul di tulang kaki. Kanker jenis ini umumnya memengaruhi anak-anak. Berikut gejala-gejala kanker tulang osteosarcoma, seperti:

  • Nyeri tulang. Awalnya muncul rasa sakit yang terjadi, muncul tidak terus-menerus namun akan lebih lebih buruk di malam hari. Rasa nyeri meningkat seiring dengan aktivitas dan bisa mengakibatkan lemas jika tumor berada di tulang tungkai
  • Muncul benjolan dan memar. Umumnya terasa beberapa minggu setelah rasa nyeri pada tulang muncul. Gejala ini sering muncul pada anak-anak, namun jarang terjadi pada orang dewasa.
  • Tulang patah. Osteosarcoma cenderung membuat tulang di lokasi tumor menjadi lemah dan akhirnya patah, sering kali tidak membuat tulang pecah.

2. Ewing Sarcoma

Kanker Ewing sarcoma termasuk kanker langka yang terjadi pada jaringan lunak yang mengelilingi tulang atau langsung pada tulang. Biasanya terjadi pada tulang lengan, tungkai, atau tulang panggul. Berikut gejala-gejala kanker tulang ewing sarcoma:

  • Demam. Umumnya muncul berkepanjangan.
  • Nyeri tulang. Dilansir dari Cancer, sekitar 85% anak dan remaja dengan ewing sarkoma mengalami beberapa keluhan yang tidak menentupada tulang, seperti nyeri, bengkak, kaku.
  • Terdapat benjolan. Muncul benjolan di permukaan kulit yang bila disentuh terasa hangat dan lembut.
  • Patah tulang. Terjadi tulang patah tanpa adanya cedera. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan tumor pada tulang yang membuat tulang menjadi lemah dan akhirnya patah.

3. Chondrosarcoma

Jenis kanker ini bisa terjadi pada panggul, paha, dan bahu pada orang dewasa. Sel kanker terbentuk di jaringan subchondral, yaitu jaringan ikat di antara tulang. Berikut gejala-gejala kanker tulang chondrosarcoma, seperti:

  • Nyeri tulang. Nyeri ini tidak terjadi secara terus menerus, namun bisa memburuk pada malam hari atau saat melakukan aktivitas yang berat.
  • Pembengkakan. Selain timbul bengkak, juga dapat diiringi kekakuan tulang.
  • Tubuh terasa lemas.
  • Muncul benjolan pada tulang.
  • Gangguan saluran kencing. Bila kanker ini terjadi di panggul, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami gangguan saluran kencing.

4. Fibrosarcoma

Fibrosarcoma merupakan jenis kanker yang terjadi pada jaringan fibrosa yang membungkus tendon, ligamen, dan otot. Umumnya terjadi pada area kaki atau batang tubuh. Seperti jenis kanker lainnya, gejala kanker jenis ini adalah:

  • Benjolan. Umumnya benjolan terasa di bawah kulit.
  • Tulang nyeri. Selain rasa nyeri, tulang juga sulit digerakkan.
  • Masalah pernapasan. Bila sel kanker tumbuh di sekitar perut, bisa menyebabkan masalah pernapasan.

Peluang sembuh lebih tinggi jika kanker tulang dideteksi dini

Sama seperti kanker lainnya, peluang sembuh dan harapan hidup dari kanker tulang akan meningkat jika kanker berhasil dideteksi dini. Semakin cepat Anda mendapat diagnosis, maka semakin cepat dokter untuk merencanakan pengobatannya.

Itu sebabnya begitu Anda mulai mencurigai atau mengalami satu (atau lebih) dari daftar gejala kanker tulang di atas, segera konsultasikan ke dokter. Gejala kanker tulang dapat disalahpahami sebagai gejala penyakit lainnya. Sebab, tidak semua pembengkakan atau benjolan yang muncul merupakan kanker. Maka, dokter biasanya akan melakukan rontgen terlebih dulu untuk mengetahui lebih jauh apakah benjolan tersebut benjolan kanker atau bukan.

Bila benjolan tersebut merupakan kanker, maka Anda akan ditangani oleh ahli ortopedi, untuk mengangkat tumor dan ahli onkologi medis untuk mengatasi rasa sakit dan gejala kanker tulang yang timbul.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ewing Sarcoma – Childhood and Adolescence: Symptoms and Signs. https://www.cancer.net/cancer-types/ewing-sarcoma-childhood-and-adolescence/symptoms-and-signs. Diakses pada 22 Desember 2017.

Signs and Symptoms of Osteosarcoma. https://www.cancer.org/cancer/osteosarcoma/detection-diagnosis-staging/signs-and-symptoms.html. Diakses pada 22 Desember 2017.

What Is Chondrosarcoma? https://www.webmd.com/cancer/what-is-chondrosarcoma#1. Diakses pada 22 Desember 2017.

Bone Cancer. https://www.medicinenet.com/bone_cancer_overview/article.htm. Diakses pada 22 Desember 2017.

What Is Fibrosarcoma and How Is It Treated? https://www.healthline.com/health/fibrosarcoma. Diakses pada 22 Desember 2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 30/06/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x