Definisi

Apa itu kista ginjal?

Kista ginjal sederhana adalah kantung bulat berisi cairan yang terbentuk di dalam ginjal atau pada ginjal. Ginjal sendiri merupakan dua organ berbentuk kacang dengan fungsi utama menyaring limbah dari darah Anda dan membuat urin. Ada empat jenis kista ginjal dan jenis yang paling umum disebut kista non-kanker atau kista ginjal sederhana. Untungnya, kista ginjal sederhana jarang menyebabkan gagal ginjal atau komplikasi.

Seberapa umumkah kista ginjal?

Kista ginjal sederhana terjadi sekitar 5% dari populasi secara umum, lebih umum terjadi pada pria dan mempengaruhi sekitar 65-70% dari massa ginjal. Usia yang lebih tua lebih rentan terkena kista ginjal sederhana, hingga 25-33%. Hal ini dapat dikelola dengan mengurangi faktor risiko Anda. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kista ginjal?

Kista ginjal sederhana mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali. Namun, jika kista tumbuh cukup besar, mungkin menjadi masalah. Gejala umum dari kista ginjal sederhana adalah:

  • Muncul tonjolan pada perut Anda yang disebabkan oleh kista
  • Ketidaknyamanan atau nyeri di perut atau sisi perut
  • Darah dalam urin
  • Sering buang air kecil
  • Tekanan darah tinggi (belum diketahui kaitannya)

Kadang-kadang gejala sangat ringan sehingga orang dengan penyakit ini akan hidup sepanjang usia mereka tanpa pernah diketahui bahwa mereka memiliki kista ginjal.

Kemungkinan ada tanda-­tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang tercantum di atas atau memiliki pertanyaan, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

Tubuh masing-­masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab kista ginjal?

Belum ada penjelasan komplit tentang kista ginjal sederhana. Suatu teori menunjukkan bahwa kista ginjal sederhana berkembang ketika lapisan permukaan ginjal melemah dan membentuk kantung. Kanuong ini kemudian terisi dengan cairan, terlepas, dan berkembang menjadi kista.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kista ginjal?

Risiko memiliki kista ginjal sederhana dapat meningkat dalam dengan kondisi:

  • Jenis kelamin: kista ginjal sederhana lebih sering terjadi pada pria
  • Umur: meskipun kondisi inj dapat terjadi pada semua usia, tetapi semakin tua usia Anda berarti Anda lebih mungkin untuk terkena kista ginjal.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk kista ginjal?

Jika kista tidak menimbulkan masalah, Anda mungkin tidak perlu menjalani pengobatan apapun. Lingkup kinerja prosedur tergantung pada seberapa parah kondisi Anda.

Dalam kasus ringan, dokter akan melakukan prosedur kecil untuk mengalirkan cairan di dalam kista keluar. Dokter mungkin mengisi kista dengan larutan yang mengandung alkohol untuk menghindari kekambuhan.

Dalam situasi yang lebih rumit seperti kekambuhan atau tonjolan cairan terlalu besar, Anda mungkin perlu prosedur kedua untuk menguras cairan dan menghilangkan atau membakar dinding luarnya.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk kista ginjal?

Dokter Anda akan mendiagnosis adanya kista dengan menanyakan riwayat kesehatan dan riwayat keluarga. Mereka mungkin meminta tes pencitraan seperti USG dan computer tomography (CT) atau magnetic resonance imaging (MRI) scan untuk menentukan ukuran, bentuk, dan sifat kista. Anda juga mungkin perlu menjalani tes darah dan urin untuk menentukan perubahan fungsi ginjal dan risiko gagal ginjal.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kista ginjal?

Berikut gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kista ginjal sederhana:

  • Cek kesehatan Anda secara berkala pertahun. Banyak kista ginjal  sederhana yang terdeteksi saat pemeriksaan medis (medical check up)..
  • Olahraga. Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan Anda secara umum dan juga kesehatan ginjal Anda.
  • Makan diet seimbang. Cobalah mengurangi makanan berlemak dan bergula. Lemak akan ditransfer ke darah Anda, membuat ginjal Anda bekerja lebih keras untuk menyaring darah.
  • Mengurangi stres. Stres dapat memicu atau memperburuk tanda-tanda dan gejala. Yoga, tai chi, pijat, meditasi, atau senam pernapasan dalam dapat membantu.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan