Definisi

Apa itu kanker pankreas?

Kanker pankreas adalah penyakit di mana adanya peningkatan jumlah sel abnormal di dalam pankreas. Pankreas adalah sebuah kelenjar yang terletak di belakang perut dan tepat di depan tulang belakang. Pankreas berperan dalam membantu mencerna makanan, dan memproduksi berbagai macam hormon termasuk insulin untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Apabila dideteksi lebih awal, kanker pankreas dapat diobati secara efektif. Tetapi karena gejala-gejala kanker tersebut jarang terlihat, kanker pankreas lebih sulit untuk dideteksi lebih awal.

Gejala kanker pankreas, penyebab kanker pankreas, dan obat kanker pankreas, akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Seberapa umumkah kanker pankreas?

Biasanya semakin tua umur seseorang, semakin besar risiko terkena kanker pankreas. Pengidap kanker ini kebanyakan berumur 45 tahun ke atas. Kurang lebih 2/3 dari pengidap kanker ini berumur 65 tahun ke atas, yaitu sekitar umur 71. Perempuan biasanya lebih banyak terkena kanker pankreas daripada laki-laki. Kanker ini bisa dicegah dengan cara meminimalisasi faktor risikonya. Dimohon konsultasikan dahulu dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kanker pankreas?

Gejala tahap awal dari kanker pankreas sulit untuk diidentifikasi. Seiring dengan berkembangnya kanker dalam tubuh, gejala-gejala ini dapat terlihat:

  • Nyeri pada bagian belakang badan
  • Mata menguning
  • Nafsu makan berkurang drastis
  • Depresi
  • Penggumpalan darah
  • Urin berwarna kuning gelap
  • Badan terasa sakit
  • Badan terasa lemah dan lelah

Beberapa gejala lain mungkin tidak dicantumkan di sini. Dimohon untuk berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mengalami tanda-tanda tersebut.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Hubungi dokter apabila Anda merasakan adanya gejala yang tidak terjelaskan seperti berat badan berkurang, nyeri pada beberapa area otot tubuh, menguningnya mata, ataupun gejala-gejala lain di atas. Respon tubuh setiap orang berbeda-beda. Berkonsultasi dengan dokter adalah langkah yang terbaik untuk mendiagnosis dan mengobati Anda.

Penyebab

Apa penyebab kanker pankreas?

Para dokter dan ilmuwan belum bisa memastikan apa saja penyebab pasti dari kanker pankreas. Menurut beberapa dokter, kanker pankreas muncul ketika adanya perubahan DNA dalam sel. Sel-sel yang bermutasi tersebut memperbanyak diri dan tumbuh secara cepat. Sel-sel tersebut kemudian bersatu, menjadi tumor yang menyebabkan kanker, menjangkit sel sekitarnya dan menyebar ke bagian tubuh lainnya (kanker idiosinkratik). Kebanyakan kanker pankreas berasal dari sel-sel yang terdapat pada lapisan dalam dari saluran-saluran pankreas. Jenis kanker ini disebut dengan pankreas karsinoma atau kanker pankreas eksokrin. Pada kasus lain yang jarang terjadi, kanker ini terbentuk dalam sel-sel pankreas yang memproduksi hormon, kasus ini disebut dengan islet cell cancer atau kanker pankreas endoktrin.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kanker pankreas?

Terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker pankreas, di antaranya:

  • Ras: Ras Afrika-Amerika mempunyai risiko yang paling tinggi di antara ras lainnya
  • Obesitas
  • Pankreatitis akut
  • Diabetes

Riwayat keluarga yang berhubungan dengan sindrom genetik termasuk mutasi genetik BRCA2, sindrom lynch, sel-sel tumor yang berasal dari genetic tar malignant mole, atau pasien kanker pankreas, merokok.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk kanker pankreas?

Pilihan pengobatan yang sesuai bisa dipilih oleh para dokter berdasarkan status kesehatan pasien dan progres kanker.

Pengobatan bisa termasuk:

Operasi

Operasi pada bagian kepala pankreas: Dengan metode ini, dokter akan memotong kepala pankreas, sebagian usus kecil, dan saluran kantong empedu. Jika kanker menyebar, mungkin sedikit bagian dari perut akan diangkat.

Operasi pankreas total: metode ini mengangkat semua ekor dan sebagian dari pankreas. Limpa juga kemungkinan diangkat. Operasi ini mungkin menyebabkan infeksi dan pendarahan.

Radioterapi

Terapi radiasi menggunakan energi sinar X untuk menghancurkan semua sel kanker. Pengobatan ini biasanya ditentukan setelah operasi, atau dikombinasikan dengan kemoterapi.

Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan dengan menggunakan obat-obatan atau zat kimia untuk membunuh sel-sel kanker. Para pasien mungkin menggunakan satu jenis obat atau lebih selama masa terapi. Metode ini biasanya dilakukan bersama dengan radioterapi. Untuk kanker pankreas stadium akhir, kemoterapi bisa dikombinasikan dengan terapi target untuk menghancurkan sel-sel kanker.

Terapi Target

Terapi Target menggunakan erlotinib (Tarceva) untuk menghindari pertumbuhan sel-sel kanker.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk kanker pankreas?

Dokter bisa melakukan diagnosis gejala dan gambaran awal melalui beberapa metode, seperti tomografi (CT), magnetic resonance imaging, dan ultrasound. Beberapa metode ini membantu dokter untuk menentukan stadium kanker secara akurat (tidak termasuk kecepatan penyebarannya).
Para dokter juga bisa melakukan metode yang bernama retrograde cholangiopancreatography endoscopic (ERCP). Metode ini menggunakan sebuah pipa sintetis kecil halus yang dimasukkan pada usus melewati tenggorokan, kemudian setelah itu dokter melakukan analisa radiograph. Lebih lanjut lagi, dokter mungkin mengangkat sampel lapisan pankreas dan menelitinya menggunakan sebuah mikroskop untuk melihat sel-sel kanker. Metode ini dinamakan biopsi.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker pankreas?

Anda bisa membatasi penyebaran kanker melalui langkah sebagai berikut:

  • Melakukan diet yang sehat dan olahraga ringan secara teratur.
  • Memiliki motivasi yang kuat dan optimis
  • Melakukan kunjungan dokter secara berkala
  • Melakukan pengobatan yang disarankan oleh dokter.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan