Muntaber adalah kepanjangan dari muntah dan berak (buang air besar). Biasanya penyakit ini menyerang anak-anak, tapi orang di semua usia pun bisa terkena penyakit ini. Anak-anak mempunyai kekebalan tubuh yang masih lemah dibandingkan orang dewasa sehingga anak lebih mudah untuk terkena penyakit muntaber.

Tidak hanya menyerang Anda yang tinggal di perkampungan saja, namun penyakit muntaber juga bisa menyerang Anda yang tinggal di lingkungan perkotaan.

Apa itu muntaber?

Muntaber atau dalam bahasa medis disebut juga dengan gastroenteritis adalah penyakit yang menyerang lambung dan usus Anda. Saat Anda mengalami muntaber, Anda akan mengalami diare, muntah, merasa sakit perut, kram perut, demam, sakit kepala, dan kelelahan.

Terus-terusan muntah dan buang air besar dapat menyebabkan dehidrasi, di mana kondisi ini sangat berbahaya terutama bagi anak-anak. Untuk itu, sebaiknya bawa anak ke dokter saat anak mulai menunjukkan gejala muntaber agar muntaber tidak bertambah parah.

Apa saja penyebab penyakit muntaber?

Penyakit muntaber disebabkan oleh virus dan bakteri. Pada banyak anak, muntaber disebabkan oleh virus yang disebut rotavirus. Sedangkan, pada orang dewasa muntaber disebabkan oleh norovirus atau bakteri yang berasal dari makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Penyakit muntaber yang disebabkan oleh virus merupakan penyakit yang sangat menular. Penyakit ini bisa menyebar melalui muntah atau feses orang yang terinfeksi. Anda bisa tertular penyakit ini dengan cara kontak langsung (seperti berjabat tangan) dengan orang yang sakit muntaber atau yang di tangannya terdapat virus muntaber, memegang benda yang terkontaminasi virus muntaber, atau dari makanan dan minuman yang terkontaminasi virus muntaber.

Dari penyebab-penyebab tersebut, bisa dilihat bahwa lingkungan sangat berpengaruh pada penyebaran virus dan bakteri penyebab muntaber. Lingkungan yang kotor berpotensi dapat menyebarkan virus dan bakteri ini. Tidak hanya di perkampungan yang kotor, di sudut kota yang kotor dan padat penduduk mungkin juga bisa menjadi tempat penyebaran bakteri atau virus penyebab muntaber. Jadi, di mana pun Anda berada sebaiknya jaga kebersihan lingkungan Anda untuk mencegah muntaber dan penyakit lain.

Bagaimana cara mencegah muntaber?

Semua orang di semua usia dapat mengalami muntaber. Muntaber menular lewat makanan yang terkontaminasi kotoran yang mengandung kuman penyebab muntaber. Beberapa hal dapat Anda lakukan sebagai upaya untuk mencegah muntaber, seperti:

  • Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, terutama sebelum dan sesudah makan, serta setelah buang air kecil atau buang air besar.
  • Jangan berbagi sendok-garpu, gelas, atau peralatan pribadi Anda lainnya dengan orang lain, terutama dengan orang di sekitar Anda yang terinfeksi muntaber.
  • Selalu buang air besar dan buang air kecil di toilet dan bersihkan setelah menggunakannya.
  • Jaga kebersihan dalam proses memasak makanan Anda dan usahakan untuk mengonsumsi makanan yang telah dimasak hingga matang. 
  • Sebaiknya anak-anak menjalani imunisasi rotavirus saat berusia 2 sampai 3 bulan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca