Ingin Senantiasa Awet Muda Sampai Tua Nanti? Intip di Sini Rahasianya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Banyak tips awet muda di luaran sana yang menyarankan Anda untuk suntik botox atau operasi plastik kalau ingin menjaga penampilan fisik tetap seperti remaja ABG meski usia sudah senja. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa awet muda, apalagi sampai merisikokan kesehatan tubuh. Rahasia awet muda sebenarnya sederhana saja: banyak makan buah dan sayur sejak masih muda. Kenapa begitu?

Apa penyebab penuaan?

Seiring waktu, bukan usia Anda yang bertambah tua. Tubuh Anda pun juga akan ikut menua dari luar dan dalam.

Berbagai fungsi organ tubuh akan mulai menurun secara alami karena faktor “U”, alias usia. Kulit tidak akan lagi memproduksi kolagen dan melanin sebanyak masa muda dulu. Semakin tua, massa otot juga akan terus menurun. Akibatnya, kulit Anda akan perlahan mengering, berkeriput, kendur, dan berwarna pucat kusam.

Sementara itu, faktor seperti paparan sinar matahari, polusi udara dan asap kendaraan bermotor, kebiasaan merokok, stres, masalah tidur, hingga pola makan dan rutinitas fisik ikut menyebabkan penuaan dari luar.

Meski begitu, efek penuaan dari macam-macam faktor luar tersebut bisa Anda lawan dengan membaca tips awet muda berikut.

Rajin makan buah dan sayur, tips awet muda yang sering dipandang sebelah mata

Buah dan sayuran adalah sumber makanan tinggi vitamin serta segudang antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dua jenis vitamin yang paling berperan penting untuk kulit senantiasa awet muda adalah vitamin C dan vitamin E.

Di dalam tubuh, vitamin C membantu membentuk kolagen, protein khusus yang membuat kulit kenyal, kencang, dan lembap. Vitamin C juga telah terbukti dapat meningkatkan kerja kolagen untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat penuaan dan paparan sinar UV matahari, seperti flek dan noda hitam, atau kerusakan yang terkait jerawat, misalnya bekas jerawat dan luka bopeng. Selain itu, vitamin yang identik dengan rasa asam segar ini juga terbukti ampuh mengurangi garis halus dan keriput di wajah berkat sifat antioksidannya yang melawan radikal bebas penyebab penuaan.

Peningkatan produksi kolagen berkat vitamin C juga dapat memperkuat pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya. Struktur pembuluh darah yang kuat dan elastis akan membuat aliran darah makin lancar ke seluruh tubuh, termasuk juga kulit dan wajah. Semakin lancar peredaran darah Anda, semakin banyak oksigen dan nutrisi yang dikirim ke kulit. Hal ini membuat penampilan keseluruhan kulit Anda tampak sehat, muda, dan bercahaya.

makan buah yang paling sehat

Sama dengan vitamin C, vitamin E juga merupakan antioksidan yang berfungsi melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Vitamin E menyerap sinar UV yang berbahaya dari matahari untuk membantu mencegah terbentuknya bercak gelap dan kerutan pada kulit. Selain itu, vitamin E membantu menyembuhkan kulit kasar dan kering dengan melembapkannya dari dalam, sekaligus mengurangi peradangan pada kulit. Vitamin ini juga terbukti ampuh untuk menghilangkan bekas luka membandel.

Sementara itu, kandungan antioksidan dan betakaroten dalam banyak sayuran serta buah-buahan juga bekerja mencegah kulit memerah teriritasi akibat paparan radikal bebas dari sinar matahari. Betakaroten juga dapat menjaga kulit tetap lentur dan kenyal, dan mencegah terjadinya keriput.

Buah dan sayur apa saja yang bisa bikin awet muda?

Tips awet muda ini bisa Anda dapatkan dengan makan buah dan sayur tinggi vitamin C, vitamin E dan antioksidan beta karoten. Di antaranya:

  •  Buah sitrus, seperti jeruk, jeruk bali, lemon.
  • Stroberi.
  • Brokoli dan bayam.
  • Selada dan tomat.
  • Alpukat.
  • Mangga.
  • Jambu biji.
  • Pepaya.
  • Kiwi.
  • Nanas.
  • Ubi manis.

Anda disarankan untuk makan sayur dan buah segar minimal 5 porsi untuk sepanjang hari. Misalnya, satu porsi lauk sayur saat sarapan dan semangkuk buah untuk cuci mulut, ngerujak setelah makan siang, saat ngemil sore, saat makan malam, dan camilan sebelum tidur.

Jika bosan ngemil buah dan sayuran segar, Anda dapat mengolahnya dengan berbagai cara agar lebih menggoyang lidah. Misalnya,membuat jus campuran berbagai buah-buahan. Anda juga dapat mensiasatinya dengan membuat sajian salad sayuran segar dengan sedikit minyak zaitun yang juga tinggi vitamin E.

Tips awet muda lain yang juga sama mudahnya untuk dilakukan sejak saat ini

Selain dengan makan buah dan sayur, ada banyak hal mudah lainnya yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang untuk menjaga penampulan fisik tetap awet muda di usia lanjut nanti.

  • Jaga gaya hidup sehat dengan pola makan bergizi seimbang, olahraga teratur, dan jaga berat badan.
  • Hindari atau berhenti merokok; hindari juga asap rokok.
  • Lakukan relaksasi atau kegiatan-kegiatan menyenangkan yang membuat Anda meraasa bahagia dan tidak stres.
  • Lindungi kulit dari paparan sinar matahari menggunakan tabir surya minimal SPF-30 sebelum keluar rumah. Akan lebih baik lagi jika ditambah dengan menggunakan kaca mata hitam, topi pinggir lebar, pakaian lengan panjang, dan celana panjang ketika beraktivitas di bawah sinar matahari terik. Ingat, di samping menyebabkan penuaan, paparan sinar matahari berlebih dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Vagina Anda luka? Jangan digaruk atau dibersihkan dengan sembarang sabun. Apa penyebab lecet dan luka di vagina? Dan bagaimana mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Yang jelas, bulu alias rambut halus yang lebat ini diakibatkan tingginya hormon testosteron. Tapi apakah ini berarti nafsu seksualnya juga lebih tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Kesehatan Seksual, Tips Seks 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya pakai earphone saat tidur

Waspada Bahaya Infeksi Telinga Akibat Pakai Earphone Saat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit