home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa yang Membuat Rambut Cepat Panjang (atau Malah Lambat Panjangnya)?

Apa yang Membuat Rambut Cepat Panjang (atau Malah Lambat Panjangnya)?

Jika Anda perhatikan, rambut Anda mungkin cepat panjang meskipun baru dipotong. Sementara rambut orang lain panjangnya tak secepat rambut Anda. Lalu mengapa saya memiliki rambut cepat panjang sementara yang lain tidak? Apakah hal ini normal?

Tak semua orang mempunyai rambut cepat panjang

Mungkin Anda menyadari jika Anda baru saja potong rambut atau mengganti gaya rambut, tapi kok sudah panjang saja lagi dalam waktu yang singkat. Hal ini tak terjadi pada Anda saja kok. Banyak orang yang juga mengalami hal yang serupa, namun ada pula yang menunggu dalam waktu yang sedikit lebih lama.

Sebenarnya, rambut setiap orang memanjang sekitar 15 cm per tahun. Namun tetap saja ada perbedaan kecepatan pertumbuhan rambut pada setiap orang. Contoh sederhananya saja, perbedaan pertumbuhan rambut pada pria dan wanita. Wanita terlihat sangat mudah memanjangkan rambut dan tak memerlukan waktu yang lama. Tidak seperti pria yang harus menunggu lebih lama agar rambutnya lebih panjang.

Lalu, apa yang menyebabkan rambut cepat panjang atau sebaliknya?

Pada dasarnya, pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh beberapa hal seperti:

1. Hormon

Pertumbuhan rambut Anda dipengaruhi dan diatur langsung oleh beberapa hormon, seperti hormon gonadotropins, androgens, dan tiroid. Masing-masing individu pasti memiliki komposisi atau takaran hormon yang berbeda-beda. Hal ini yang kemudian menyebabkan Anda memiliki rambut cepat panjang ketimbang teman Anda yang lain.

2. Pemilihan makanan

Makanan memengaruhi kesehatan rambut. Semua makanan dan minuman yang Anda konsumsi tentu akan memengaruhi fungsi tubuh, termasuk dengan pertumbuhan rambut. Orang yang mengonsumsi makanan yang kaya gizi cenderung memiliki rambut yang sehat.

3. Kebiasaan dalam merawat rambut

Hal ini pasti sangat berpengaruh. Semakin baik Anda merawat rambut Anda, entah itu diberikan pelembab atau masker rambut, maka akan semakin bagus pula kualitas rambut, termasuk panjang rambut. Hindari pemakaian alat elektronik yang dapat merusak rambut terlalu sering.

4. Ras

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam International Journal of Dermatology. Penelitian ini juga menemukan bahwa suku dan ras juga ikut andil dalam memengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut. Misalnya saja diketahui jika pertumbuhan rambut pada orang Asia lebih cepat ketimbang orang afrika.

Bagaimana caranya agar rambut cepat panjang?

Bagi Anda yang ingin membuat rambut cepat panjang, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Mengonsumsi makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut. Rambut Anda sebenarnya terdiri dari protein, sehingga jika ingin membuat rambut cepat panjang Anda membutuhkan asupan protein yang baik. Jadi, penuhi menu makanan Anda dengan makanan yang berprotein tinggi, seperti daging sapi, daging ayam, telur, dan ikan.
  • Gunakan ekstrak lidah buaya untuk diusapkan ke rambut Anda setiap malam sebelum Anda pergi tidur. Menurut para ahli dermatologi, ekstrak lidah buaya sudah terbukti ampuh merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.
  • Cobalah untuk melakukan yoga. Gerakan yoga seperti headstand, yaitu gerakan tubuh tegak dengan bertumpu pada kepala dan ditopang oleh kedua tangan. Gerakan headstand ini akan memengaruhi aliran darah ke kepala Anda, jadi dapat meningkatkan percepatan pertumbuhan rambut. Selain itu gerakan yoga juga bisa mencegah Anda stres dan depresi, di mana kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

WebMD. (2017). The Basics of Hair Loss. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/understanding-hair-loss-basics#1  [Accessed 12 Jun. 2017].

Wiley, S. (2013). Hormones That Affect Hair Growth. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/150138-hormones-that-affect-hair-growth/  [Accessed 12 Jun. 2017].

WebMD. (2017). Help for Hair Loss. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/science-hair#1  [Accessed 12 Jun. 2017].

 


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 22/06/2017
x