Rambut Kering, Bagaimana Cara Ampuh Mengatasinya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 November 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Salah satu ciri-ciri rambut rusak adalah helaian rambut kering dan kusam. Selain itu, kondisi rambut ini juga lebih rentan rontok dan berketombe. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi rambut ini agar lebih sehat dan berkilau. Bagaimana caranya?

Penyebab rambut yang kering

masker rambut kering

Sebelum mengetahui apa saja cara mengatasi rambut kering, kenali dahulu mengapa kondisi rambut ini bisa terjadi. Rambut kering adalah kondisi yang terjadi ketika kulit kepala tidak menghasilkan minyak yang cukup untuk melembapkan rambut. 

Kondisi rambut ini pun muncul karena batang rambut tidak dapat menyerap atau mempertahankan kelembapan alaminya. Akibatnya, rambut jadi bercabang dan mudah patah.

Ada banyak hal yang menyebabkan rambut kering, meliputi sebagai berikut.

  • Kulit kepala kering dan mengelupas yang bisa menyebabkan rambut berketombe.
  • Usia dan perubahan hormon yang memengaruhi produksi minyak di kulit kepala.
  • Terpapar sinar matahari dan zat kimia, seperti klorin di kolam renang.
  • Terlalu sering menggunakan alat penata rambut, seperti hair dryer dan catok.
  • Penggunaan sampo dan kondisioner yang tidak sesuai jenis rambut.
  • Rambut rusak akibat pewarna rambut dan produk perawatan rambut lainnya.

Selain beberapa faktor di atas, penyebab lain kondisi rambut ini adalah lapisan kutikula yang rusak. Pada rambut yang sehat, kutikula rambut berfungsi melindungi rambut dari panas dan kerusakan akibat sinar matahari. 

Cara mengatasi rambut kering

Bagi Anda yang memiliki rambut kering tidak perlu khawatir. Berbagai cara di bawah ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi rambut kering.

1. Pilih sampo sesuai jenis rambut

Salah satu cara mengatasi rambut kering adalah memilih produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Pada kasus ini, Anda perlu berhati-hati saat memilih sampo untuk rambut kering. 

Pertama-tama, tentu harus mengenali apa saja bahan yang baik untuk rambut Anda. Nah, berikut ini beberapa bahan yang diklaim efektif merawat rambut kering. 

Shea butter

Sumber: Thread by Zalora

Salah satu bahan yang sebaiknya ada di dalam sampo untuk mengatasi rambut kering adalah shea butter. Krim yang berasal dari lemak kacang pohon Vitellaria paradoxa ini kaya akan vitamin, protein, mineral, dan senyawa antioksidan yang baik. 

Selain bermanfaat untuk tubuh, shea butter juga sering dijumpai pada produk perawatan rambut, termasuk sampo dan kondisioner rambut untuk kondisi ini. Pasalnya, kandungan vitamin A dan E di dalamnya menjaga kelembapan kulit kepala. 

Tidak hanya itu, krim dari lemak kacang shea ini juga mencegah rambut menjadi bercabang. 

Minyak

Semakin banyak kandungan minyak untuk rambut dalam sampo, peluang memiliki rambut sehat dan berkilau juga semakin tinggi. Hal ini juga sangat membantu merawat kondisi rambut ini. 

Salah satu jenis minyak yang berkhasiat untuk rambut kering adalah minyak zaitun dan alpukat. Hal ini mungkin dikarenakan minyak nabati dapat mencegah kerusakan pangkal rambut dan mengurangi risiko rambut patah. 

Bahkan, kandungan minyak pada sampo juga dapat menembus lapisan rambut dan mengurangi jumlah air yang terserap. Alhasil, rambut pun tidak lagi mengembang karena kelembapannya tetap terjaga berkat minyak di dalam sampo untuk rambut dengan kondisi ini. 

Ber-pH rendah

Kandungan pH yang rendah dalam sebuah sampo ternyata baik digunakan sebagai cara untuk mengatasi rambut kering. Hal ini dibuktikan lewat penelitian dari International Journal of Trichology.

Peneliti melaporkan bahwa pH yang terlalu tinggi dapat meningkatkan muatan listrik negatif pada permukaan rambut. Akibatnya, gesekan antar serat rambut semakin banyak dan menyebabkan kerusakan kutikula serta serat.

Itu sebabnya, sampo ber-pH rendah (kurang dari 5,5) lebih cocok untuk rambut kering karena membantu menjaga kelembapan rambut.

Jenis alkohol tertentu

Selain pH yang rendah, ternyata ada jenis alkohol tertentu yang juga membantu menjaga kelembapan kulit kepala agar rambut tidak cepat kering. Jenis alkohol yang akan disebutkan nantinya tidak memiliki muatan listrik yang menyebabkan rambut kusut. 

Selain itu, alkohol di bawah ini juga dipercaya tidak mengubah senyawanya dalam larutan air karena sifatnya yang tidak dapat dipisahkan (hidrofilik). 

  • Cetearyl alkohol
  • Cetyl alkohol
  • Stearyl alkohol

2. Pakai bahan-bahan alami untuk kulit kepala kering

Tidak hanya memilih sampo dan kondisioner, ternyata ada cara mengatasi kulit kepala kering dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami di bawah ini dipercaya dapat menjaga kelembapan kondisi rambut ini dan bisa digunakan sebagai masker rambut.

Minyak kelapa

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa minyak adalah bahan alami yang berguna dalam perawatan kondisi rambut ini. Nah, salah satunya adalah minyak kelapa.

Begini, kandungan di dalam minyak kelapa bersifat antijamur dan antibakteri yang membantu mengurangi risiko infeksi kulit kepala. Bahkan, kedua sifat tersebut juga membantu menjaga kelembapan kulit kepala dan membuat rambut menjadi lebih halus.

Cara memakainya
  • Oleskan minyak kelapa secukupnya di kulit kepala
  • Pijat hingga minyak meresap
  • Diamkan selama 10 menit
  • Bilas rambut hingga bersih

Telur

manfaat telur omega 3

Di balik baunya yang amis, telur ternyata bisa digunakan sebagai cara mengatasi kondisi rambut ini. Kandungan lesitin dan protein dalam telur diklaim membantu menguatkan dan memperbaiki kerusakan rambut. Hal ini yang membuat rambut tampak berkilau dan lebih lembap.

Cara memakainya
  • Campurkan 3 telur, 2 sdm minyak zaitun, dan 1 sdm madu
  • Aduk hingga rata dan oleskan di kulit kepala dan rambut yang sudah dibasahi
  • Tutup kepala dengan shower cap selama 30 menit
  • Bilas rambut dengan sampo dan air dingin hingga bersih

Minyak zaitun

Minyak zaitun telah dikenal sejak lama sebagai bahan alami untuk merawat rambut. Hal ini mungkin dikarenakan kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squaline di dalamnya adalah emolien yang bersifat melembapkan. 

Meski penelitiannya masih kurang, minyak zaitun terbukti dapat menembus batang rambut. Dengan begitu rambut pun lebih lembap, kuat, dan lembut. Selain itu, minyak zaitun juga dipercaya dapat menghaluskan kutikula rambut, sehingga rambut tampak lebih berkilau.

3. Konsumsi omega-3

Tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, mengubah pola makan menjadi lebih sehat ternyata juga berpengaruh terhadap rambut Anda. Salah satu makanan yang ternyata baik untuk merawat kondisi rambut adalah asam lemak omega-3. 

Asam lemak omega 3 ternyata dapat membantu mengembalikan kilau alami rambut yang hilang akibat terlalu kering. Sementara itu, antioksidan di dalamnya juga membantu melawan stres oksidatif yang membuat rambut tampak kusam. 

Maka dari itu, konsumsi omega 3 dapat menjadi salah satu cara mengatasi kondisi rambut ini. Anda bisa mendapatkan khasiat omega-3 dari makanan berikut. 

  • Ikan kembung, sarden, tuna, dan salmon
  • Kacang merah dan kacang kenari
  • Brokoli dan tomat

4. Tidak sering keramas

sampo psoriasis kulit kepala

Mencuci rambut adalah salah satu cara menjaga kebersihan rambut. Namun, terlalu sering melakukan keramas ternyata tidak baik bagi pemilik kondisi rambut ini. Hal ini dikarenakan keramas dengan sampo setiap hari dapat menghilangkan minyak alami dari rambut.

Bila jumlahnya terlalu banyak, rambut akan berminyak. Namun, ketika kulit kepala kekurangan minyak, rambut akan menjadi kering. Bagi pemilik rambut kering tentu hal ini bisa menjadi mimpi buruk karena rambut yang kering akan terlihat kusam. 

Itu sebabnya, sebaiknya tidak terlalu sering keramas saat merawat kondisi rambut ini. Selain itu, pilih sampo dan kondisioner khusus rambut kering yang tidak terlalu banyak ‘melucuti’ minyak alami di kulit kepala. 

5. Batasi penggunaan hair dryer atau alat catok

Salah satu penyebab kondisi rambut ini adalah sering terpapar panas dari alat penata rambut, seperti alat pengering, pengeriting, atau pelurus rambut. Nah, cara mengatasi rambut yang terlanjur kering tentu saja dengan menghindari itu semua. 

Sebuah penelitian mengungkapkan soal kesehatan batang rambut sebelum dan setelah rambut dikeringkan. Hasilnya, peserta yang mengeringkan rambut dengan hair dryer mengalami kerusakan yang cukup terlihat dan membuatnya menjadi kering. 

Alih-alih sering menggunakan pengering rambut, Anda bisa menutupi rambut yang basah dengan kain atau handuk dan menunggunya hingga kering.

Cara mengatasi rambut kering artinya sama saja dengan merawat rambut dan kulit kepala. Selalu perhatikan produk perawatan rambut yang digunakan agar terhindar dari masalah kulit kepala yang serius.

Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, tanyakan kepada dokter spesialis kulit atau dermatolog untuk solusi yang lebih tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Masalah bau badan tak sedap bikin kurang pede? Tenang, dua bahan alami ini bisa membantu mengurangi bau badan ketika deodoran saja tidak mempan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Berlari tidak boleh sembarangan. Ada sejumlah kesalahan saat lari yang patut dihindari supaya waktu berolahraga Anda tak terbuang sia-sia.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Olahraga Kardio, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit



Direkomendasikan untuk Anda

polip hidung

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit