home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Masalah Rambut dan Kulit Kepala, Harus ke Dokter Spesialis Apa?

Masalah Rambut dan Kulit Kepala, Harus ke Dokter Spesialis Apa?

Rambut rontok parah dan kerusakan rambut lainnya memang tidak cukup hanya diatasi dengan perawatan di rumah. Anda tentu perlu berkonsultasi dengan dokter. Namun, dokter spesialis apa yang harus didatangi untuk mengatasi masalah rambut seperti rambut rontok?

Adakah dokter spesialis rambut?

dokter spesialis kulit dermatolog

Masalah kulit kepala yang memengaruhi kesehatan rambut tentu akan mengganggu, tidak hanya kesehatan, melainkan juga penampilan Anda. Berbagai cara telah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut tanpa bantuan dokter, tetapi tidak kunjung membaik.

Kebanyakan orang mungkin bingung harus ke dokter spesialis apa untuk mengatasi masalah rambut, termasuk rambut rontok.

Kabar baiknya, Anda bisa menemui dokter spesialis kulit atau biasa disebut dermatolog. Selain berkutat dalam bidang kulit, dermatolog juga menangani masalah rambut dan masalah pada kuku.

Masalah rambut terkadang membuat sebagian orang merasa bahwa mereka bisa mengatasinya dengan bahan-bahan alami. Namun, tidak jarang gangguan yang dialami justru semakin parah dan perawatan yang dilakukan tidak bertahan lama.

Untungnya, kini banyak orang yang berminat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk menangani masalah rambut, termasuk kerontokan. Semakin cepat masalah ini diperiksa, semakin besar peluang Anda untuk cepat pulih.

Ingat, dokter spesialis rambut memang tidak ada. Namun, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit karena rambut adalah salah satu ranah mereka.

Masalah rambut yang ditangani dermatolog

Tidak hanya kulit, dermatolog juga dapat menangani kerusakan rambut, seperti kerontokan, rambut bercabang, hingga efek dari pewarna rambut.

Begini, kulit adalah salah satu organ terbesar di tubuh manusia dan menjadi benteng pertama melawan bakteri serta cedera. Maka dari itu, apa pun yang terjadi pada kulit, dapat berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk rambut.

Berikut ini beberapa masalah rambut yang ditangani dokter spesialis kulit.

  • Kebotakan (alopecia areata/totalis/universalis)
  • Bekas luka akibat kerontokan rambut, seperti lichen planopilaris
  • Hirsutisme dan hipertrikosis atau pertumbuhan rambut yang berlebihan
  • Kerontokan rambut akibat penyakit autoimun atau kondisi kesehatan lainnya

Begini Ciri-Ciri Rambut Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu masalah yang paling sering ditangani oleh dermatolog adalah rambut rontok. Rambut rontok yang berlebihan dapat menjadi pertanda sebuah kondisi serius, sehingga memerlukan penanganan dari dokter agar tidak berujung pada kebotakan.

Umumnya, dokter spesialis kulit akan menghubungkan penyebab rambut rontok dengan kulit kepala, misalnya infeksi atau kurap di kulit kepala.

Kurap di kulit kepala atau tinea capitis ini biasa terjadi pada anak-anak dan menyebabkan akar rambut tidak kuat, sehingga mudah rontok. Bila tidak diobati dengan cepat, tentu bisa membuat rambut botak.

Diagnosis dokter spesialis kulit terhadap masalah rambut

Pada saat berkonsultasi dengan dermatolog seputar masalah rambut, seperti rambut rontok, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Selain itu, dokter juga akan bertanya seputar riwayat kesehatan Anda dan keluarga meliputi:

  • jumlah rambut yang rontok setiap harinya,
  • berapa lama sudah mengalami rambut rontok,
  • tiwayat kesehatan keluarga,
  • pola makan dan cara merawat rambut,
  • kondisi kesehatan, seperti radang sendi atau masalah tiroid,
  • riwayat kesehatan mental, seperti stres dan depresi, serta
  • konsumsi obat-obatan untuk tiroid, sendi, dan penyakit jantung.

Setelah itu, dokter akan menganalisis jawaban yang diberikan dan mungkin akan menyarankan Anda untuk menjalani sejumlah pemeriksaan, yakni:

  • tes darah untuk menentukan adanya masalah tiroid atau tidak,
  • uji tarik rambut untuk melihat berapa banyak rambut yang rontok,
  • biopsi kulit kepala untuk melihat apakah terdapat infeksi kulit kepala, serta
  • mikroskopi cahaya membantu mendiagnosis masalah pada batang rambut.

Bagaimana dengan anak yang mengalami masalah rambut?

tourette syndrome sindrom tourette adalah

Bila khawatir anak Anda mengalami masalah terkait rambut dan kulit kepala, bawalah ke dokter spesialis kulit anak. Hal ini sangat dibutuhkan mengingat anak sering tidak dapat mengutarakan apa yang sebenarnya mengganggu kesehatan mereka.

Anak juga tidak selalu dapat menjawab pertanyaan medis atau sabar dan kooperatif selama pemeriksaan. Itu sebabnya, dokter spesialis kulit anak ada untuk memeriksa dan merawatt anak dengan cara yang membuat mereka nyaman.

Dibekali dengan pelatihan dan pengalaman khusus, ahli dermatolog anak akan tahu apa yang tumbuh dan berkembang secara normal pada anak. Ada banyak penyakit kulit pada masa kanak-kanak yang berkaitan dengan rambut, termasuk kutu rambut dan rambut rontok.

Pada beberapa kasus, penyakit kulit pada anak menunjukkan gejala yang lebih unik dibandingkan orang dewasa.

Kerusakan rambut dan masalah kulit kepala terkadang membutuhkan penanganan khusus dari dokter. Jika Anda sudah merasa terganggu dengan kondisi yang dialami, segera periksakan diri ke dokter spesialis kulit untuk mengatasi masalah rambut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hair and Scalp Disorders. (n.d). Penn Medicine Dermatology. Retrieved 4 November 2020, from https://dermatology.upenn.edu/clinical-programs/hair-and-scalp-disorders/ 

What is a dermatologist?. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 4 November 2020, from https://www.aad.org/public/fad/what-is-a-derm 

What is a pediatric dermatology?. (2017). Healthy Children. Retrieved 4 November 2020, from https://www.healthychildren.org/English/family-life/health-management/pediatric-specialists/Pages/What-is-a-Pediatric-Dermatologist.aspx 

Hair Loss: tips for managing. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 4 November 2020, from https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/treatment/tips

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi pada 24/11/2020
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x