Gigi Anak Berlubang dan Hitam? 4 Makanan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16/07/2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Menjaga kesehatan gigi dan mulut anak sangat penting dilakukan. Selain dengan mengajak anak sikat gigi secara rutin, Anda juga perlu memerhatikan jenis makanan yang Anda berikan. Pasalnya, penyebab gigi anak hitam dan berlubang sering kali akibat kesalahan orangtua saat memberi makan.

Ayo, coba perhatikan lagi, apakah benar Anda sering memberikan jenis makanan dan minuman ini pada anak sehingga membuat gigi kecilnya jadi berlubang?

Beragam makanan penyebab gigi berlubang pada anak

Anda ingin gigi anak tetap seputih kapas, kuat seperti baja, dan terhindar dari gigi berlubang? Tenang, caranya gampang, kok.

Mulai sekarang, perhatikan lagi jenis makanan dan minuman yang Anda berikan pada si kecil. Makanan penyebab gigi berlubang bukan cuma permen dan cokelat saja.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang tanpa disadari terlihat sehat dan enak, tapi ternyata justru menjadi dalang penyebab gigi berlubang pada anak.

1. Permen rasa buah

Meski embel-embelnya rasa buah, permen tetap saja mengandung gula yang bisa menempel pada gigi anak. Alih-alih bikin tubuh jadi sehat, kandungan gulanya justru bisa menimbulkan plak dan mengikis enamel gigi anak secara perlahan.

Hal ini berlaku juga untuk makanan lengket dan kenyal lainnya seperti kismis, oatmeal, selai kacang, karamel, madu, dan sirup. Semua makanan ini dapat membuat air liur jadi sulit membilas sisa-sisa gula yang menempel di gigi.

Meskipun Anda sudah mengajak anak menyikat gigi setelah makan permen, sisa-sisa permen tersebut masih bisa menyelip di sela-sela gigi dan mengundang pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu, sebaiknya batasi pemberian permen untuk anak supaya giginya tetap sehat dan tidak berlubang.

2. Minuman bersoda

remaja minum soda

Mulai sekarang, jangan isi kulkas Anda dengan minuman bersoda dan jus buah berwarna-warni. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun sekarang ini sudah mulai banyak yang suka minum soda. Entah karena menyukai rasanya yang manis atau karena ikut-ikutan temannya di sekolah.

Minuman soda termasuk salah satu minuman terburuk untuk kesehatan gigi. Seorang pimpinan dari American Academy of Pediatric Dentistry, drg. Jade Miller, DDS mengungkapkan kepada Parents bahwa soda mengandung asam yang dapat melemahkan struktur gigi.

Bahkan, kandungan pH soda berkisar 2 sampai 3 yang artinya hampir setara dengan asam pada baterai daripada air. Semakin rendah pH pada minuman, maka semakin cepat pula kandungannya mengikis lapisan gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Oleh karena itu, selalu awasi jenis makanan dan minuman yang anak konsumsi setiap hari. Ajari anak mengenai pentingnya minum air putih yang bukan cuma bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tapi juga menjaga giginya tetap sehat dan bersih.

3. Biskuit

biskuit anak
Sumber: Today’s Parent

Hampir semua orangtua pernah memberikan biskuit untuk anaknya. Biasanya, makanan yang satu ini sering diberikan sebagai camilan untuk anak di sela-sela waktu makan utamanya.

Tanpa disadari, biskuit ternyata menjadi salah satu penyebab gigi berlubang pada anak, lho. Beberapa jenis biskuit mengandung gula dan kaya karbohidrat. Kedua kombinasi bahan tersebut justru menjadi makanan favorit bagi bakteri di mulut untuk tumbuh dan berkembang biak.

Bakteri menggunakan gula dari makanan untuk menghasilkan asam yang dapat mengikis email gigi. Bahkan, asam yang dihasilkan ini bisa bertahan selama hampir setengah jam setelah dimakan oleh si kecil. Hal ini lama-kelamaan akan merusak gigi anak, apalagi kalau si kecil terus-menerus ngemil biskuit setiap hari.

4. Nasi dan pasta

balita makan malam

Nasi, pasta, dan roti ternyata bisa menjadi penyebab gigi berlubang pada anak Anda. Padahal, nasi menjadi salah satu makanan pokok yang hampir tak pernah terlewatkan dalam menu makanan Anda dan keluarga.

Kandungan karbohidrat sederhana pada nasi dan pasta dapat diubah dengan cepat menjadi gula. Akibatnya, asupan gula dalam tubuh semakin banyak dan dapat mengikis lapisan gigi secara perlahan.

Apalagi kalau Anda menambahkan selai ke dalam setangkup roti untuk si kecil, maka Anda sudah menambahkan dua kali lipat asupan gula ke dalam tubuh anak. Namun, ini bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh memberikan nasi, pasta, maupun roti, kok.

Jenis makanan yang baik untuk kesehatan gigi anak

Setelah ini, Anda mungkin jadi bingung harus memberikan camilan apa yang baik untuk kesehatan gigi anak. Tenang dulu, ada beberapa makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi si kecil, kok.

Jika Anda mencari camilan sehat yang mengenyangkan dan aman untuk kesehatan gigi anak, coba berikan buah apel segar. Selain sehat, apel kaya akan serat yang berfungsi sebagai pembersih gigi alami.

Selain buah apel, Anda juga bisa memberikan si kecil potongan keju sebagai camilan sorenya. Keju tidak akan menyebabkan gigi berlubang, tapi justru membantu menetralisasi asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut. Bahkan, kandungan kalsiumnya dapat menguatkan gigi anak di masa pertumbuhannya.

Apa pun jenis makanan yang dikonsumsi oleh anak, pastikan Anda mengajaknya menyikat gigi setelah makan. Yang tak kalah penting, sebaiknya periksakan gigi anak secara rutin mulai usia satu tahun. Tak perlu menunggu anak sampai tumbuh besar, ini justru mencegah jangan sampai masalah gigi berlubang terjadi pada buah hati kesayangan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat Protein Whey untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Salah satu jenis protein yang juga ternyata dibutuhkan untuk pertumbuhan anak adalah whey protein. Apa saja manfaatnya dan apa saja sumber makanannya?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
susu formula whey protein untuk anak
Parenting, Nutrisi Anak 22/05/2020 . Waktu baca 4 menit

6 Tips Agar BAB Anak Lancar dan Tidak Keras

Ibu perlu menerapkan pola hidup sehat kepada anak, agar BAB si kecil lancar dan tidak keras. Ikuti tips ini untuk membantu melancarkan pencernaan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
agar bab lancar dan tidak keras
Serat Anak, Parenting, Nutrisi Anak 14/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Peran dan Manfaat Nutrisi dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Salah satu manfaat dari nutrisi adalah untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Jika asupannya tidak mencukupi, berbagai gangguan kesehatan dapat terjadi.

Ditulis oleh: Roby Rizki
Parenting, Nutrisi Anak 04/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Vitamin Terbaik untuk Sistem Pencernaan Anak

Vitamin merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan sistem pencernaan anak. Lantas, jenis vitamin mana yang paling baik? Lihat di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Nutrisi Anak 23/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor

Peran Penting Nutrisi untuk Kurangi Dampak Stunting pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 27/07/2020 . Waktu baca 6 menit
Konten Bersponsor
protein susu soya

Ibu Harus Tahu, Ini Beda Kandungan Protein dalam Susu Kedelai dan Susu Sapi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . Waktu baca 6 menit
Konten Bersponsor
nutrisi untuk anak aktif

Kebutuhan Asupan Nutrisi yang Perlu Dipenuhi Anak Aktif dan Suka Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . Waktu baca 6 menit
Konten Bersponsor
protein untuk anak saat puasa

Cara Protein Whey Membantu Tubuh Anak Tetap Fit saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020 . Waktu baca 5 menit