5 Penyakit yang Mengintai Kesehatan Tubuh Jika Anda Malas Sikat Gigi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Meski pahit didengar, masih banyak saja orang yang jarang gosok gigi; entah alasannya karena memang malas, lupa, tidak sempat, tidak punya cukup waktu luang, dan seterusnya. Padahal, wujud permasalahan dari gigi yang kotor bukan cuma gigi berlubang. Nyatanya ada banyak penyakit lain yang bisa muncul akibat malas gosok gigi sehingga kebersihan gigi jadi buruk.

Beragam masalah kesehatan akibat malas gosok gigi

Gigi yang sehat dan bersih adalah investasi untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut berbagai masalah yang siap mengintai bila Anda malas menjaga kebersihan gigi:

1. Bau mulut

hilangkan bau mulut

Gigi yang terus dibiarkan kotor dan tidak terawat dapat menimbulkan bau mulut. Kondisi ini disebabkan karena bakteri di dalam mulut menghasilkan gas sulfur (belerang). Alhasil, ketika Anda membuka atau membuang napas lewat mulut, keluarlah bau tidak sedap yang mengganggu.

Aroma tidak sedap yang keluar dari mulut ini bisa menurunkan kepercayaan diri bahkan memicu rasa cemas yang berlebih. Kalau dibiarkan terus, kondisi ini bisa membuat seseorang merasa minder dan pada akhirnya menarik diri dari lingkungan sosial.

Itu sebabnya, supay akibat satu ini, pastikan Anda tidak malas gosok gigi setiap hari.

2. Gigi berlubang

gigi berlubang

Karies atau gigi berlubang merupakan salah satu penyakit gigi yang paling umum. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja di segala kalangan usia. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan lansia yang jarang merawat kebersihan giginya dengan baik.

Sisa makanan, plak, dan bakteri yang dibiarkan terus menumpuk dapat menyebabkan struktur dan lapisan gigi mengalami kerusakan. Kerusakan ini diawali dengan terkikisnya lapis terluar gigi (enamel) yang kemudian menyebar sampai ke lapisan tengah gigi (dentin) dan bahkan akar gigi.

Lubang yang semula kecil lama-lama bisa semakin besar dan menyebabkan rasa sakit tak tertahankan. Dalam kasus yang parah, gigi berlubang juga bisa menyebabkan infeksi serius yang berujung pada gigi tanggal atau copot.

3. Penyakit gusi

penyebab gusi berdarah

Malas gosok gigi juga da menyebabkan penyakit gingivitis, yaitu peradangan dan pembengkakan gusi akibat infeksi.

Peradangan pada gusi dapat berujung pada infeksi gusi serius yang dinamai penyakit gusi. Penyakit gusi dalam istilah medis dinamai dengan periodontitis atau penyakit periodontal. Biasanya orang yang mengalami kondisi ini akan mengalami gejala khas seperti gusi mudah berdarah, bau mulut yang persisten, gigi renggang yang membuat sulit makan, hingga abses (gusi bernanah).

Jika tidak segera diobati, infeksi serius ini merusak jaringan lunak dan tulang penyokong gigi. Hal ini membuat gigi goyang dan lebih mudah untuk tanggal atau lepas.

Kondisi ini pun lama-lama bisa melemahkan sistem imun sehingga membuat penderitanya lebih sulit untuk melawan infeksi.

4. Penyakit jantung

isosorbide mononitrate adalah obat angina jantung sakit

Penelitian melaporkan bahwa kesehatan gigi yang buruk dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya sebanyak 3 kali lipat. Kenapa begitu?

Ternyata bakteri yang menginfeksi gusi dan menyebabkan penyakit periodontitis dapat ikut mengalir ke pembuluh darah dan menyebabkan peradangan dan kerusakan di pembuluh darah. Ini meningkatkan risiko Anda mengalami stroke, serangan jantung, dan sumbatan pembuluh darah.

Risiko umumnya akan meningkat bila Anda juga seorang perokok aktif.

5. Infeksi paru

cara membersihkan paru-paru

Selain memicu penyakit jantung, kesehatan gigi yang buruk juga bisa menyebabkan infeksi paru atau pneumonia. Secara umum mekanismenya sama seperti risiko penyakit jantung yang sudah disebutkan di atas.

Risiko ini mungkin terjadi akibat bakteri penyebab infeksi gusi terhirup saat bernapas lewat mulut sehingga masuk ke dalam paru dan menginfeksinya. Hal ini diamini oleh Dental Health Foundation, yayasan kesehatan gigi di Amerika Serikat. Dalam websitenya, mereka mengungkapkan bahwa gigi yang kotor dapat memengaruhi kesehatan paru.

Banyak orang malas merawat gigi dan mulutnya karena dinilai ribet dan buang-buang waktu. Padahal, sesederhana menyikat gigi secara teratur dua kali sehari menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Termasuk berbagai penyakit yang sudah disebutkan di atas.

Maka dari itu, jangan malas untuk gosok gigi dua kali sehari, ya! Perhatikan juga makanan yang Anda konsumsi sehari-hari dan kurangi kebiasaan merokok supaya gigi tetap sehat dan bebas dari masalah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Rekomendasi Obat Radang Gusi yang Ampuh, di Rumah dan di Apotek

Selain bengkak, gingivitis juga bisa menimbulkan rasa nyeri nyut-nyutan yang menjalar ke kepala. Apa saja pilihan obat untuk gingivitis atau radang gusi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Health Centers, Gigi dan Mulut 26 November 2020 . Waktu baca 9 menit

Gingivitis (Radang Gusi)

Gingivitis (radang gusi) adalah penyakit akibat infeksi bakteri yang menyebabkan gusi meradang hingga merah dan membengkak.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 26 November 2020 . Waktu baca 12 menit

Pulpitis

Pulpitis menjadi penyebab utama sakit gigi. Apa yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan dan mencegahnya? Temukan jawabannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Penyakit Gigi, Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 25 November 2020 . Waktu baca 6 menit

6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh

Sikap pasangan yang berubah drastis bisa menjadi tanda-tanda bahwa ia sedang selingkuh. Apa saja tanda-tanda yang bisa diperhatikan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 22 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gusi bengkak

Gusi Bengkak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 13 menit
penyebab bau mulut

Wajib Tahu 15 Penyebab Bau Mulut yang Mengganggu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 9 menit
bau mulut halitosis adalah

Bau Mulut (Halitosis)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 12 menit
infeksi gusi periodontitis

Periodontitis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 15 menit