Tips Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak dengan Fibrosis Kistik

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Setiap orangtua perlu memastikan pemenuhan nutrisi untuk anaknya. Nutrisi berperan penting dalam mendukung kesehatan anak secara fisik dan mental. Begitu juga anak dengan kondisi fibrosis kistik perlu mendapatkan pemenuhan nutrisi optimal untuk pertumbuhannya.

Pada anak dengan fibrosis kistik membutuhkan perhatian nutrisi khusus karena sistem tubuh yang tidak berjalan dengan normal. Tak perlu cemas Bu, ada cara agar si kecil bisa mencukupi asupan nutrisinya.

Memenuhi nutrisi untuk anak dengan fibrosis kistik

imunisasi vaksin rotavirus

Fibrosis kistik merupakan kondisi genetik abnormal, ketika sel mengalami “error” sehingga terjadi ketidakseimbangan antara air dan garam di dalam tubuh. Kondisi tersebut memicu respon tubuh dengan memproduksi mukus atau lendir yang kental.

Lendir kental ini dapat menghalangi paru-paru dan jalur pernapasan. Hal ini membuat anak rentan terhadap infeksi dan gangguan penapasan. 

Fibrosis kistik pada anak tidak hanya mempengaruhi sistem pernapasan, tetapi juga sistem pencernaan. Kenapa bisa? Fibrosis kistik juga mengakibatkan insufiensi pankreas. 

Pankreas bertugas untuk memproduksi enzim yang memecah lemak, karbohidrat, dan protein. Insufiensi pankreas pada fibrosis kistik membuat enzim tidak melewati usus halus, sehingga tubuh tidak bisa mencerna makanan dengan baik.

Untuk itu, anak yang mengalami fibrosis kistik perlu mendapatkan nutrisi tambahan sebagai berikut.

1. Garam

manfaat garam epsom

Fibrosis kistik pada anak perlu memenuhi asupan garam sebagai nutrisi harian untuk dukung performa fisiknya. Terutama ketika anak sedang berolahraga dan berada di cuaca yang panas.

Garam atau natrium merupakan elektrolit penting yang bergungsi menjaga kestabilan cairan dan sel di dalam tubuh. Asupan garam penting bagi penderita fibrosis kistik yang mengalami ketidakseimbangan cairan tubuh.

Mengutip laman Kids Health, biasanya ahli nutrisi akan menyarankan penambahan garam pada susu formula, cemilan asin, dan sport drinks yang mengandung beragam elektrolit ketika anak sedang berolahraga. 

2. Kalsium

protein untuk anak saat puasa

Kalsium, nutrisi penting yang perlu dipenuhi anak normal maupun dengan fibrosis kistik untuk dukung kesehatan tulang. Fibrosis kistik dengan insufiensi pankreas berisiko mengalami osteopenia atau osteoporosis, sehingga tulang lemah dan mudah rapuh. 

Anak perlu diberikan sumber kalsium yang baik untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Kalsium bisa diperoleh melalui susu sapi, pilih susu full-fat agar kebutuhan lemak dan kalori si kecil juga terpenuhi.

3. Kalori

nutrisi untuk daya tahan tubuh anak

Anak dengan fibrosis kistik membutuhkan nutrisi kalori ekstra agar ia bisa bertumbuh sehat dan kuat. Kalori dapat mudah diperoleh dari makanan sehari-hari, di antaranya:

  • pasta
  • nasi
  • sayuran
  • oatmeal
  • full-fat yoghurt
  • selai kacang

Ada banyak makanan sehat yang mengandung tinggi kalori untuk anak. Anda juga bisa mengkreasikan beragam makanan agar anak bisa lebih semangat makan. Perlu Ibu catat, ada baiknya hindari makanan rendah kalori untuk anak, seperti buah-buahan kering, pretzel, dan kue manis. 

Apakah anak butuh nutrisi tambahan lewat suplemen?

nutrisi untuk anak fibrosis kistik

Anak dengan fibrosis kistik membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk pertumbuhannya. Sebagian orangtua mungkin sudah berusaha keras, tetapi nutrisinya tidak dinilai cukup oleh dokter anak.

Biasanya dokter atau ahli gizi akan menyarankan penambahan suplemen nutrisi untuk anak. Suplemen nutrisi ini mengandung tinggi kalori, protein, vitamin, dan mineral. Suplementasi ini dapat membantu penambahan berat badan anak.

Bila suplemen tidak bisa membantu pertumbuhan anak, biasanya dokter akan merekomendasikan pemberian makanan lewat tabung atau feeding tube. Metode ini menghubungkan langsung makanan cair dari dalam tabung, langsung ke perut anak sebagai cara pemenuhan nutrisi optimal.

Pemberian feeding tube dilakukan di malam hari agar anak mendapatkan kalori ekstra. Ini dilakukan jika anak fibrosis kistik tidak menunjukkan pertambahan berat badan. 

Kini Ibu tak perlu bingung lagi bagaimana cara memberi asupan nutrisi untuk anak dengan fibrosis kistik. Beragam nutrisi dan metode di atas dapat membantu anak tetap sehat semasa hidupnya. Bila ada yang perlu dikonsultasikan dalam pemberian asupan anak, jangan sungkan untuk bertanya ke dokter anak. Bagaimanapun, nutrisi anak berkontribusi terhadap masa depannya kelak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber