4 Alasan Mengapa Si Kecil Wajib Sarapan Setiap Pagi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Apakah anak Anda selalu sarapan dulu di pagi hari sebelum ia melakukan kegiatannya? Banyak orangtua yang membiarkan anaknya tidak sarapan pagi. Padahal, tanpa disadari hal ini akan berdampak pada kesehatannya. Saking pentingnya, bahkan para ahli menyatakan bahwa mengonsumsi menu sarapan sehat adalah ‘ritual harian’ yang wajib dilakukan dan sebaiknya tidak dilewatkan, apalagi pada usia dini.

Mengapa anak harus sarapan setiap hari?

1. Si kecil butuh energi setelah perutnya kosong semalaman

Hal dasar yang menjadi alasan mengapa anak harus sarapan setiap pagi adalah untuk memenuhi kebutuhan energinya. Sebenarnya, setiap orang – tak terkecuali – sebaiknya sarapan pagi sebelum mulai beraktivitas. Pasalnya, sarapan adalah modal bagi tubuh untuk beraktivitas setelah tidak makan apapun semalaman.

Setelah hampir 12 jam tidak mengonsumsi apapun, tubuh kita khususnya otak membutuhkan makanan untuk membuatnya dapat bekerja dengan baik.

2. Anak yang sarapan punya konsentrasi dan fokus yang lebih baik

Mungkin banyak orangtua yang takut anaknya mengantuk di sekolah jika sebelumnya diberikan sarapan. Padahal sebaliknya, justru anak yang tidak sarapan akan mengalami kelelahan di sekolah dan hal ini akan membuat konsentrasinya berkurang.

Bahkan para ahli juga percaya bahwa hal tersebut akan memengaruhi mood-nya di sekolah dan tentu saja ini akan membuatnya lebih sulit untuk menerima pelajaran di sekolah.

3. Menu sarapan yang sehat dibutuhkan si kecil untuk meningkatkan prestasi akademisnya

Sarapan atau tidak, dapat memengaruhi prestasi si kecil di sekolah. Ya, para ahli mengungkapkan kalau sarapan bisa meningkatkan prestasi si kecil hingga 4,5 kali lipat lebih baik. Bahkan hal ini telah dibuktikan dalam penelitian internasional maupun nasional. Salah satunya penelitian yang dilakukan pada anak SD di Bali. Dalam riset ini, diketahui bahwa anak-anak yang memiliki kebiasaan sarapan dengan nutrisi yang cukup, punya prestasi lebih baik daripada anak yang tidak sarapan.

4. Anak harus sarapan agar tidak kegemukan

Tak hanya kemampuan kognitif dan prestasinya yang semakin baik, status kesehatannya juga akan terjaga bisa anak sarapan setiap hari. Anak akan terhindar dari kegemukan yang saat ini sangat rentan terjadi pada anak-anak usia sekolah di Indonesia.

Bila anak tidak makan dulu di pagi hari, maka ketika ia makan siang, ia akan merasa sangat lapar dan akhirnya mengonsumsi makanan dua kali lipat lebih banyak dari yang seharusnya. Jika hal ini terus terjadi dan orangtua tidak dapat mengendalikan asupan makan si kecil, maka kegemukan akan terjadi.

Kegemukan sendiri sangat berkaitan dengan berbagai penyakit tidak menular.

Ya, anak yang kegemukan atau obesitas memiliki peluang lebih besar untuk terserang penyakit jantung, diabetes, gangguan fungsi ginjal, dan stroke di kemudian hari. Tidak mau kan membuat si kecil memiliki risiko seperti ini?

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Yang juga perlu Anda baca