Sarapan Sereal di Pagi Hari Memang Praktis, Tapi Apakah Sehat?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Semangkuk sereal dengan tambahan susu sering kali jadi pilihan menu sarapan untuk orang yang dikejar waktu. Pasalnya, sarapan sereal tak membutuhkan waktu yang lama, cepat, dan sangat praktis. Meski terkesan praktis, apakah sereal itu menu sarapan sehat yang pantas menjadi sajian pembuka di pagi hari? Simak dalam ulasan berikut ini.

Apakah sereal termasuk menu sarapan sehat?menu sereal sarapan

Sereal umumnya terbuat dari biji gandum pilihan yang diolah menjadi tepung bersama dengan gula dan air, lalu dimasak. Sereal juga melalui proses ekstrusi dan pengeringan. Hingga akhirnya dipadatkan dan dibentuk menjadi berbagai macam potongan yang menarik sebelum nantinya dikeringkan.

Sereal sering dianggap sebagai menu sarapan sehat. Tidak salah memang, karena terkadang sereal juga diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral yang membuatnya bernutrisi. Sarapan sereal sebenarnya baik, apalagi jika ditambah dengan susu, maka akan menambah pasokan kalsium, vitamin D, dan nutrisi sehat lainnya bagi tubuh.

Sayangnya, kebanyakan sereal yang dijual sekarang ini telah diberi tambahan gula yang cukup tinggi. Itu sebabnya, sereal sudah tidak lagi dianggap sebagai menu sarapan sehat karena mengandung gula yang tinggi dan dapat memicu naiknya gula darah. Jika gula darah terus-terusan naik, maka Anda akan berisiko mengalami penyakit diabetes.

Selain itu, lonjakan gula darah ini juga bisa bikin berat badan naik drastis. Hal ini karena tubuh sudah terbiasa diberikan makanan dari gula yang cukup banyak. Nah, ketika Anda tidak makan gula, tubuh justru akan kelaparan dan membuat Anda makan berlebihan.

Selain mengandung gula tambahan yang cukup banyak, tidak sedikit juga produk sereal yang diberi sejumlah pewarna buatan, penyedap, serta natrium dalam jumlah yang terbilang tinggi, dilansir dari laman Healthy Eating.

Jika tetap ingin sarapan sereal, apa yang harus dilakukan?

Sebenarnya, menyelipkan sereal sebagai menu sarapan sehat bukanlah ide yang buruk. Hanya saja, akan lebih baik bila Anda menyelinginya dengan makan menu makanan lain yang padat nutrisi. Namun, bila sereal tetap menjadi menu pilihan di pagi hari, sebaiknya perhatikan komposisi dalam satu mangkuk sereal Anda.

Demi bisa makan menu sarapan sehat, Anda bisa menambahkan irisan buah dan menggunakan susu, entah itu susu full cream atau susu skim yang rendah lemak. Hindari konsumsi susu kental manis sebagai campuran sereal, karena kandungan gula yang cukup tinggi.

Yang tak kalah penting, Anda juga harus lebih bijak saat hendak membeli sereal untuk sarapan. Nah, untuk membantu Anda dalam memilih produk sereal yang terbaik, beberapa tips ini mungkin bisa dicoba:

Cermati daftar komposisi bahan

zat aditif pada makanan

Jangan hanya berpatokan pada klaim kesehatan yang terpampang di bagian depan produk. Pastikan Anda juga selalu memeriksa semua daftar komposisi bahan, terutama dua atau tiga bahan di urutan awal karena biasanya yang paling banyak terkandung dalam produk sereal.

Perhatikan kandungan gula

nama lain gula

Idealnya, pilihlah sereal dengan kandungan gula yang tidak terlalu banyak, misalnya sekitar 5 gram gula dalam satu porsi. Jika Anda merasa kesulitan, tidak masalah untuk membandingkan terlebih dahulu antara produk sereal yang satu dan lainnya.

Terkadang ada produk yang tidak mencantumkan berapa banyak kandungan gula yang ada. Ini bisa jadi karena gula ditulis dengan nama yang berbeda, seperti sukrosa, fruktosa atau glukosa.

Bahkan beberapa produk sereal memang tidak mencantumkan kadar gula karena kandungannya yang cukup tinggi.

Patuhi petunjuk porsi untuk sekali makan

makanan agar cedera cepat sembuh

Sarapan dengan sereal memang enak dan lezat, sehingga membuat Anda ingin mengonsumsinya lagi dan lagi. Bahkan tak jarang, bisa menghabiskan beberapa porsi dalam sekali makan.

Padahal penting untuk selalu membaca dan mematuhi panduan porsi untuk sekali makan atau serving size yang biasanya diselipkan di bagian depan produk. Pastikan Anda makan dalam porsi yang sesuai.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Buah memang baik untuk kesehatan, tetapi ada buah yang perlu Anda hindari pada waktu tertentu. Apa saja buah yang perlu dihindari saat sarapan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Tips Makan Sehat, Nutrisi 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Sarapan Sehat dan Praktis dengan 4 Resep “Overnight Oatmeal”

Bisa dibuat di malam hari dan tinggal dimakan di pagi hari, resep overnight oatmeal ini cocok untuk Anda yang ingin sarapan sehat tapi tak punya waktu.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Resep Sehat, Nutrisi 16 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Sebelum Olahraga Pagi, Baiknya Sarapan Dulu Atau Tidak?

Anda mungkin berpikir olahraga tak boleh dilakukan saat perut kosong. Tapi menurut penelitian, olahraga sebelum sarapan justru bakar lemak lebih banyak.

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Gizi Olahraga, Nutrisi, Hidup Sehat 8 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Seberapa Banyak Harusnya Porsi Makan Nasi Saat Sarapan?

Apa benar menghindari makan nasi atau karbohidrat lain saat sarapan dapat menurunkan berat badan? Ketahui jawabannya di artikel berikut.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Fakta Gizi, Nutrisi 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

resep oatmeal sehat

7 Resep Oatmeal Sehat dan Mudah untuk di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
sarapan sayur

4 Cara Agar Sarapan Sayur Setiap Pagi Lebih Mudah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
sarapan tidak sehat

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 30 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
makanan terbaik untuk sarapan

6 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit