Tetracycline

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 10 menit
Bagikan sekarang

Tetracycline Obat Apa?

Untuk apa tetracycline?

Tetracycline adalah obat dengan fungsi untuk mengobati berbagai macam infeksi, termasuk jerawat. Tetracycline tergolong sebagai antibiotik yang bekerja menghentikan pertumbuhan bakteri.

Antibiotik tidak akan berpengaruh pada infeksi viral seperti demam dan influenza. Mengonsumsi antibiotik yang tidak diperlukan berisiko semakin rentannya tubuh Anda terhadap infeksi dan akan kebal terhadap pengobatan antibiotik di kemudian hari. Gunakan obat ini sesuai dengan instruksi dokter Anda.

Tetracycline juga dapat dikombinasikan dengan obat anti-ulkus untuk mengobati beberapa jenis sakit maag.

Dosis tetracycline dan efek samping tetracycline akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan tetracycline?

Tetracycline bekerja optimal saat dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, baik 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan. Untuk menghindari sakit perut, tanyakan dokter Anda jika Anda dapat mengonsumsi obat ini dengan makanan tertentu. Dianjurkan untuk minum obat ini dengan satu gelas air mineral (240 ml), kecuali dokter Anda menyarankan sebaliknya. Jangan berbaring selama 10 menit setelah minum obat ini. Untuk alasan ini, jangan mengonsumsi obat tepat sebelum waktu tidur.

Minum obat ini 2-3 jam sebelum atau setelah mengonsumsi produk yang mengandung magnesium, aluminium, atau kalsium, termasuk antasida, quinapril, bentuk-bentuk tertentu ddI (kunyah/tablet atau larutan minum untuk anak), vitamin/mineral, dan sukralfat. Ikuti petunjuk yang sama dengan produk susu (misalnya, susu, yogurt), jus buah-buahan kaya kalsium, subsalisilat, zat besi, dan zinc. Produk-produk tersebut akan terikat dengan tetracycline dan berakibat penyerapan obat yang tidak optimal.

Dosis selalu diberikan berdasarkan berat badan (pada pasien anak), kondisi kesehatan, dan bagaimana Anda merespon terapi.

Antibiotik bekerja optimal saat kadar obat-obatan dalam tubuh Anda berada dalam  kondisi stabil. Dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini dalam rentang waktu yang seimbang.

Konsumsi obat ini sampai habis sesuai masa konsumsi yang telah diresepkan oleh dokter Anda. Menghentikan dosis terlalu dini berisiko kembalinya infeksi akibat semakin berkembangnya bakteri dalam tubuh.

Jika kondisi kesehatan Anda tidak membaik, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan tetracycline?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Tetracycline

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis tetracycline untuk orang dewasa?

Dosis umum untuk dewasa dengan Jerawat

500 mg diminum langsung dua kali sehari selama 2 minggu atau lebih, tergantung pada sifat dan tingkat keparahan infeksi.

Dosis umum untuk dewasa pengidap Bronchitis

500 mg diminum langsung tiap 6 jam per hari, selama 7 – 10 hari. Pemberian dosis bergantung pada sifat dan tingkat keparahan infeksi; dapat diberikan selama 4 sampai 5 hari seminggu selama musim dingin sebagai profilaksis terhadap bronkitis kronis menular.

Dosis umum untuk dewasa pengidap Brucellosis

500 mg diminum langsung 4 kali sehari selama 3 minggu diberikan dengan streptomisin 1 g IM dua kali sehari pada minggu pertama dan sekali sehari pada minggu kedua.

Dosis umum untuk dewasa pengidap Chlamydia

Infeksi uretra, endoserviks, atau anus: 500 mg diminum langsung 4 kali sehari selama minimal 7 hari.

Partner si pasien juga harus diperiksa/diobati.

US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan terapi doxycycline oral untuk pengobatan infeksi klamidia pada pasien yang tidak dalam masa kehamilan.

Dosis umum untuk dewasa pengidap infeksi Helicobacter pylori

500 mg diminum langsung setiap 6 jam selama 14 hari dibarengi dengan bismuth, metronidazole, dan blocker H2.

Dosis umum untuk dewasa pengidap Lyme Disease – Arthritis

500 mg diminum langsung setiap 6 jam selama 14 – 30 hari, tergantung pada sifat dan tingkat keparahan infeksi.

Dosis umum untuk dewasa pengidap Lyme Disease – Carditis

500 mg diminum langsung setiap 6 jam selama 14 – 30 hari, tergantung pada sifat dan tingkat keparahan infeksi

Bagaimana dosis tetracycline untuk anak-anak?

Usia >8 tahun: 25 – 50 mg/kg diminum langsung per hari, dosis dibagi dalam 4 dosis yang sama

Dalam dosis apakah tetracycline tersedia?

Tablet 250 mg; 500 mg

Efek samping Tetracycline

Efek samping apa yang dapat dialami karena tetracycline?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan tetracycline dan segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping serius berikut:

  • sakit kepala parah, pusing, penglihatan kabur
  • demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu
  • lecet parah, kulit mengelupas, dan ruam merah pada kulit
  • urin lebih sedikit dari biasanya atau tidak sama sekali
  • pucat atau kulit menguning, urin berwarna gelap, demam, linglung atau badan terasa lemas; sakit parah di perut bagian atas yang menyebar ke punggung, mual dan muntah, detak jantung cepat
  • hilang nafsu makan, sakit kuning (menguningnya kulit atau mata)
  • mudah memar atau perdarahan, kelelahan yang tidak biasa

Efek samping yang tidak serius, termasuk:

  • luka atau bengkak di dubur atau area genital
  • mual ringan, muntah, diare, atau sakit perut
  • bercak putih atau luka di dalam mulut atau bibir Anda
  • pembengkakan lidah, kesulitan menelan; atau
  • gatal pada vagina atau bokong

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Tetracycline

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan tetracycline?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda.

Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk nonresep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Tetracycline dapat menyebabkan perubahan warna permanen gigi dan memperlambat pertumbuhan tulang. Obat-obatan ini tidak boleh diberikan kepada anak-anak usia 8 tahun dan balita kecuali jika disarankan oleh dokter anak.

Lansia

Banyak obat-obatan belum diteliti secara khusus pada orang tua. Oleh karena itu, mungkin tidak diketahui apakah mereka bekerja seefektif pada orang dewasa yang lebih muda atau justru menyebabkan efek samping yang berbeda atau masalah pada orang tua. Tidak ada informasi spesifik mengenai perbandingan penggunaan tetracycline pada orang tua dengan digunakan pada kelompok usia lainnya.

Apakah tetracycline aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi Obat Tetracycline

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan tetracycline?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasuslain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan berikut tidak direkomendasikan. Dokter Anda mungkin tak akan meresepkan obat ini kepada Anda atau akan mengganti beberapa obat yang sudah Anda konsumsi.

  • Acitretin
  • Metoksifluran

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Amoksisilin
  • Ampisilin
  • Atazanavir
  • Bacampicillin
  • Bexarotene
  • Cloxacillin
  • Dicloxacillin
  • Digoxin
  • Etretina
  • Isotretinoin
  • Methicillin
  • Methotrexate
  • Nafcillin
  • Oksasilin
  • Penisilin G
  • Penisilin G Benzatin
  • Penisilin G Prokain
  • Penisilin V
  • Piperacillin
  • Pivampicillin
  • Sultamicillin
  • Temocillin
  • Tretinoin

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan tetracycline?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan tetracycline?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • diabetes insipidus (diabetes air)demeclocycline dapat memperburuk kondisi kesehatan ini
  • penyakit ginjal (tidak berlaku untuk doxycycline atau minocycline)pasien dengan penyakit ginjal berpeluang tinggi mendapat efek samping
  • gangguan hatipasien dengan penyakit hati berpeluang tinggi mendapat efek samping jika mereka menggunakan doxycycline atau minocycline

Overdosis Tetracycline

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sebesar Apa Dampak Orang Tanpa Gejala COVID-19 Berpengaruh Terhadap Penularan Wabah?

Lebih dari 50% penularan COVID-19 terjadi dari orang tanpa gejala (OTG) termasuk mereka yang berada di tahap awal infeksi dan masih belum bergejala.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 26 November 2020 . Waktu baca 3 menit

6 Penyebab Orang Dewasa Ngompol Saat Tidur

Penyebab ngompol pada orang dewasa bisa jadi adalah sebuah sinyal Anda mengalami gangguan kesehatan tertentu seperti efek obat, diabetes, dan lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Aturan Diet untuk Wanita di Usia 40 Tahun ke Atas

Bagi wanita, mengonsumsi ikan salmon 2 kali dalam seminggu merupakan salah satu cara diet di usia 40 tahun ke atas untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Berapa Lama Antibodi Pasien COVID-19 Sembuh dapat Bertahan?

Banyak pasien COVID-19 mengalami infeksi kedua meski telah sembuh. Berapa lama antibodi yang dihasilkan pada saat infeksi pertama bisa bertahan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengobati gingivitis

Rekomendasi Obat Radang Gusi yang Ampuh, di Rumah dan di Apotek

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 9 menit
bentuk anatomi vagina

Panduan Lengkap Seputar Anatomi Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit
Gingivitis

Gingivitis (Radang Gusi)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 12 menit
kedutan mata kiri atas

9 Cara Alami Memanjangkan Bulu Mata Supaya Lebih Lentik

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit