Folamil Genio

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Oktober 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Folamil Genio digunakan?

Folamil Genio adalah suplemen multivitamin dan mineral yang digunakan selama masa kehamilan dan menyusui. Suplemen ini dapat membantu mencegah serta mengatasi kekurangan vitamin atau mineral pada ibu hamil dan menyusui.

Salah satu kandungan utama yang terdapat dalam Folamil Genio adalah asam folat. Asupan asam folat yang cukup selama kehamilan mendukung proses tumbuh kembang janin dalam kandungan. Selain itu, suplemen ini bermanfaat untuk mencegah gangguan kehamilan yang bisa terjadi akibat kekurangan asam folat.

Selain asam folat, kandungan lain yang ada dalam Folamil Genio meliputi berbagai jenis vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui, mulai dari beta karoten, vitamin B kompleks, hingga DHA.

Bagaimana aturan pakai Folamil Genio?

Folamil Genio dalam bentuk kaplet ditelan lewat mulut (diminum) sesuai anjuran dari dokter atau sesuai aturan minum obat yang tertera pada kemasan. Biasanya, obat ini diminum 1 kali setiap hari setelah makan.

Jangan gunakan obat ini melebihi dosis yang dianjurkan, lebih sedikit, lebih lama dari yang disarankan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan suplemen ini?

Folamil Genio paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlaku obat telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis Folamil Genio untuk ibu hamil dan menyusui?

Ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk minum satu kaplet obat ini per hari setelah makan. Konsultasikan pada dokter untuk menentukan dosis terbaik dan paling aman bagi Anda.

Dalam dosis dan bentuk apa suplemen ini tersedia?

Suplemen ini tersedia dalam bentuk kapsul lunak. Dalam 1 strip Folamil Genio  terdapat 30 butir kapsul.

Dilansir dari MIMS, setiap kapsul Folamil Genio mengandung bahan-bahan berikut:

  • asam folat 1 mg
  • beta karoten 10.000 IU
  • vitamin B1 3 mg
  • vitamin B2 3,4 mg
  • nicotinamide 20 mg
  • vitamin B6 2 mg
  • kalsium D pantotenat 7,5 mg
  • kalsium karbonat 100 mg
  • vitamin B12 4 mcg
  • vitamin D3 400 IU
  • vitamin K1 50 mcg
  • biotin 30 mcg
  • copper gluconate 0,1 mg
  • iron polymaltose complex (IPC) 30 mg
  • DHA (docahexaenoic acid) dare algae 40 mg
  • ARA (arachidonic acid) 8 mg

Efek Samping

Apa efek samping Folamil Genio yang mungkin terjadi?

Seperti penggunaan obat-obatan lainnya, penggunaan suplemen Folamil Genio dapat menyebabkan beberapa efek samping. Kebanyakan dari efek samping jarang terjadi dan tidak memerlukan pengobatan tambahan.

Namun, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki masalah apapun setelah minum obat ini.

Hati-hati pada orang yang sensitif terhadap salah satu atau beberapa kandungan dalam suplemen Folamil Genio. Selain itu, efek samping serius yang mungkin terjadi adalah feses menjadi berwarna hitam. Jika digunakan sesuai dengan dosis yang direkomendasikan, kemungkinan adanya keluhan timbulnya efek samping sangatlah kecil.

Tidak semua orang mengalami efek samping saat menggunakan suplemen ini. Mungkin juga ada beberapa efek samping yang belum disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Folamil Genio?

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi Folamil Genio, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Obat-obatan tertentu

Beri tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda gunakan, baik obat resep, nonresep, suplemen, atau obat herbal. Hal ini dikarenakan beberapa jenis obat mungkin dapat berinteraksi dengan suplemen ini.

Kondisi kehamilan

Pastikan Anda tidak mengonsumsi suplemen ini saat kehamilan trimester pertama, kecuali jika dokter kandungan Anda meresepkan suplemen ini dengan dosis yang disesuaikan.

Penyakit atau kondisi kesehatan

Selain itu, penting juga untuk menginformasikan dokter mengenai penyakit atau kondisi kesehatan lain yang sedang Anda derita. Kemungkinan suplemen ini dapat memicu terjadinya interaksi dengan penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap Folamil Genio atau bahan lainnya yang terkandung dalam suplemen ini. Selain itu, periksakan diri Anda untuk mengetahui jika Anda memiliki alergi lain, misalnya terhadap makanan, pewarna, atau hewan tertentu.

Apakah suplemen ini dapat dipastikan aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan suplemen ini, terutama jika Anda sedang hamil dengan kondisi atau gangguan kesehatan tertentu.

Folamil Genio termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B (tidak berisiko pada beberapa penelitian) menurut US Food and Drugs Administration (FDA), setara dengan Badan POM di Indonesia. Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan obat apapun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Folamil Genio?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Folamil Genio mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi. Karena itu, folamil mungkin akan menurunkan efek obat levodopa. Levodopa adalah obat yang biasa digunakan pada pasien penyakit Parkinson.

Makanan dan minuman apa yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Folamil Genio?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dengan makanan dapat terjadi.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Folamil Genio boleh dikonsumsi bersama dengan atau tanpa makanan. Bagi wanita yang punya masalah pencernaan, disarankan untuk minum suplemen ini saat makan. Minum suplemen ini saat makan juga diyakini mampu meningkatkan penyerapan suplemen dalam tubuh.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang dapat berinteraksi dengan Folamil Genio?

Folamil Genio tidak dianjurkan untuk wanita yang memiliki kondisi-kondisi kesehatan di bawah ini:

Selain itu, Folamil Genio sebaiknya digunakan secara berhati-hati untuk wanita dengan kondisi gagal hati kronis, gagal ginjal kronis, gangguan fungsi ginjal dan hati, dan penyakit tiroid (hipotiroidisme atau hipertiroidisme).

Overdosis

Bagaimana gejala overdosis Folamil Genio dan apa efeknya?

Bila setelah mengonsumsi suplemen ini warna gigi Anda berubah jadi kekuningan, kecokelatan, atau kehitaman, segera hentikan pemakaian. Segera periksa ke dokter untuk mencegah atau mengatasi efek samping yang lebih serius.

Selain itu, waspadai pula gejala-gejala overdosis obat atau suplemen di bawah ini:

  • mual
  • muntah-muntah
  • pusing
  • hilang keseimbangan
  • mati rasa dan kesemutan
  • kejang-kejang

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada situasi gawat darurat atau overdosis, hubungi 119 atau segera larikan ke rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Jika Anda melewatkan satu dosis, minum sesegera mungkin saat Anda ingat. Namun, jika Anda baru ingat setelah sudah waktunya untuk dosis selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlupa, dan lanjutkan pemakaian sesuai jadwal. Jangan gunakan suplemen ini dengan dosis digandakan.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Direkomendasikan untuk Anda

    prenagen esensis

    Prenagen Esensis

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 18 Juni 2019 . Waktu baca 6 menit
    Folavit

    Folavit

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
    Dipublikasikan tanggal: 21 Februari 2019 . Waktu baca 7 menit