home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Manfaat Memenuhi Kebutuhan DHA untuk Ibu Hamil (Masih Perlukah Suplemen?)

Manfaat Memenuhi Kebutuhan DHA untuk Ibu Hamil (Masih Perlukah Suplemen?)

Pernahkah Anda mendengar bahwa DHA dibutuhkan untuk ibu hamil? Katanya, DHA bukan hanya memberikan manfaat untuk ibu yang sedang mengandung, tetapi juga baik untuk bayi di dalam kandungan.

Sebenarnya, apa manfaat DHA dan seberapa baik manfaat yang dapat diberikan untuk ibu hamil?

Apa itu DHA?

mengatasi sembelit pada ibu hamil obat susah bab untuk

DHA atau kependekan dari docosahexaeonic acid adalah salah satu jenis asam lemak omega-3. Lemak memang biasanya dibagi menjadi dua jenis yakni lemak nabati (tumbuhan) dan lemak hewani (hewan).

Namun, secara garis besarnya, ada dua pembagian lemak keseluruhan yaitu lemak “baik” dan lemak “jahat”.

Sesuai dengan namanya, lemak “jahat” adalah istilah yang dipakai untuk memudahkan pengelompokkan lemak jenuh dan lemak trans.

Makan makanan dengan kandungan lemak “jahat” terlalu banyak berisiko menyebabkan penyakit di kemudian hari, seperti penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

Berbeda dengan lemak “baik” yang terbagi menjadi asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda.

Nah, asam lemak tak jenuh ganda ini kemudian dibagi lagi menjadi asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6.

DHA berasal dari asam lemak omega-3 yang memiliki 3 jenis. Jadi, jenis asam lemak omega-3 seluruhnya meliputi docosahexaeonic acid (DHA), eicosapentaeonic acid (EPA), dan alpha-linolenic acid (ALA).

Setiap asam lemak punya manfaat yang unik, termasuk DHA. Manfaat DHA bagi tubuh di antaranya mendukung fungsi otak, kerja jantung, kesehatan mata, fungsi kulit, hingga kerja sendi.

Manfaat DHA tersebut bisa diperoleh semua orang, tak terkecuali untuk ibu hamil dan bayi di dalam kandungan.

Apa saja manfaat DHA untuk ibu hamil?

berhubungan intim saat hamil

Ada berbagai manfaat DHA yang bisa didapatkan secara cuma-cuma bila kebutuhan hariannya tercukupi dengan baik, termasuk buat ibu yang sedang hamil.

Berikut beragam manfaat DHA untuk ibu dan bayi saat kehamilan:

1. Mendukung suasana hati bahagia selama dan setelah persalinan

Salah satu manfaat DHA untuk ibu hamil yakni mendukung suasana hati (mood) senantiasa bahagia.

Manfaat baik dengan memenuhi kebutuhan DHA harian ini bahkan sudah bisa dirasakan ibu sejak mengandung hingga setelah melahirkan normal maupun operasi caesar.

Secara tidak langsung, DHA mendukung kelancaran persalinan yang sehat. Apalagi di masa setelah melahirkan biasanya ibu mudah dirundung perasaan cemas, terharu, dan sangat sensitif.

Kombinasi perasaan tersebut dapat berujung menimbulkan baby blues hingga depresi postpartum pada ibu pascamelahirkan.

Di sinilah peran DHA untuk mengembalikan mood ibu agar selalu bahagia.

2. Mendukung perkembangan otak, mata, dan sistem saraf bayi

DHA dikenal sebagai salah satu zat gizi yang penting selama kehamilan.

Ini karena asupan DHA yang cukup dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak, retina mata, hingga sistem saraf bayi di dalam kandungan, melansir dari Mayo Clinic.

Selama masa kehamilan, otak bayi berkembang paling cepat di trimester ketiga. Perkembangan otak selanjutkan diteruskan saat bayi sudah lahir atau sampai usia dua tahun pertama.

Itulah mengapa di masa kehamilan, termasuk trimester 3, penyerapan DHA dari ibu ke bayi sangat banyak. Sayangnya, itu berisiko mengalami defisiensi atau kekurangan asam lemak seperti DHA.

Jika kebutuhan DHA harian tidak terpenuhi untuk jangka waktu yang lama, ibu bisa mengalami depresi postpartum setelah melahirkan nanti.

Atas dasar itulah penting untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 karena mengandung DHA selama kehamilan, bahkan sebelumnya.

3. Meningkatkan fokus dan menurunkan risiko alergi

American Pregnancy Association menyebutkan bahwa asupan DHA yang cukup selama kehamilan bisa mengoptimalkan perilaku, perhatian, fokus, dan proses pembelajaran bayi nantinya.

Menariknya lagi, manfaat DHA untuk ibu hamil yakni dapat menurunkan risiko bayi mengalami alergi saat lahir karena memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Berapa kebutuhan DHA untuk ibu hamil?

sarapan ibu hamil

Melihat begitu baiknya manfaat DHA bagi ibu hamil dan bayi yang sedang dikandung, memenuhi kebutuhan DHA harian tentu sebaiknya tidak dilewatkan.

Kebutuhan DHA untuk ibu hamil yaitu sekitar 300 miligram (mg) per hari.

Ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan DHA setiap harinya dari berbagai macam makanan maupun suplemen atau vitamin.

Apa saja makanan sumber DHA untuk ibu hamil?

manfaat ikan salmon untuk kulit

Asupan DHA untuk ibu hamil bisa didapatkan dari makanan laut seperti ikan salmon, tuna, dan sarden. Namun, pastikan Anda memilih ikan yang rendah kandungan merkuri.

Selain itu, sumber minuman dan makanan untuk ibu hamil seperti susu, jus jeruk, dan telur juga biasanya mengandung DHA sehingga bisa jadi pilihan lain.

Perlukah ibu minum suplemen DHA selama kehamilan?

obat kolesterol untuk ibu hamil

Meski manfaat DHA untuk ibu baru benar-benar dibutuhkan saat sudah mengandung, ada baiknya penuhi kebutuhan zat gizi ini sebelum kehamilan.

Setidaknya sekitar 6 bulan sebelum kehamilan atau memutuskan untuk menikah, simpanan lemak esensial di dalam tubuh Anda sudah tercukupi dengan baik.

Hal ini bukan hanya sebagai persiapan kehamilan seorang bayi, tapi juga untuk berjaga-jaga bila nantinya Anda hamil bayi kembar atau langsung hamil dalam jarak yang berdekatan setelah melahirkan.

DHA, yang merupakan jenis asam lemak omega-3, disebut lemak esensial karena tidak disintesis oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari sumber makanan maupun suplemen.

Mempersiapkan persediaan DHA penting bagi ibu agar asam lemak omega-3, khususnya DHA, tidak habis dan dapat terus memenuhi kebutuhan ibu serta bayi saat kehamilan.

Kabar baiknya, asupan DHA tidak hanya bisa Anda peroleh dari sumber makanan dan minuman harian.

Kebutuhan DHA harian untuk ibu hamil juga bisa dipenuhi dari vitamin hamil atau suplemen DHA.

Anda juga bisa minum suplemen minyak ikan omega-3 sebelum dan selama masa kehamilan karena mengandung DHA.

Bahkan, saat bayi sudah lahir dan Anda sedang menyusui pun masih diperbolehkan untuk minum suplemen minyak ikan omega-3 guna memenuhi kebutuhan Anda dan tahap awal kehidupan bayi.

Minum vitamin hamil atau suplemen DHA bisa menjadi pilihan untuk ibu hamil bila khawatir mengenai kandungan merkuri di dalam ikan.

Menariknya lagi, ibu yang rutin minum suplemen DHA selama masa kehamilan bisa melahirkan bayi dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Omega 3 Fatty Acids: FAQs. Retrieved 12 November 2020, from https://americanpregnancy.org/health-fitness/omega-3-fatty-acids-faqs-4922/

Vitamins and Other Nutrients During Pregnancy. Retrieved 12 November 2020, from https://www.marchofdimes.org/pregnancy/vitamins-and-other-nutrients-during-pregnancy.aspx

Are Omega-3 Supplements Good for Baby?. Retrieved 12 November 2020, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/first-year-of-life/omega-3-supplements-baby-4582/

Pregnancy Week by Week. Retrieved 12 November 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-and-fish/art-20044185?p=1

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal diperbarui 21/04/2017
x