Thiamine

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Thiamine Obat Apa?

Untuk apa Thiamine?

Thiamine adalah vitamin B1. Thiamine ditemukan pada makanan seperti serealia, gandum utuh, daging, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan. Thiamin berperan penting dalam pencernaan karbohidrat dari makanan ke produk yang diperlukan oleh tubuh.

Thiamine digunakan untuk mengobati atau mencegah defisiensi vitamin B1. Injeksi thiamin biasanya digunakan untuk mengobati beri-beri, kondisi serius akibat kekurangan vitamin B1 berkepanjangan.

Thiamin yang dikonsumsi dengan cara diminum (oral) tersedia tanpa resep. Thiamin injeksi harus diberikan oleh penyedia layanan kesehatan.

Thiamin juga mungkin digunakan untuk tujuan-tujuan yang tidak disertakan pada panduan pengobatan ini.

Bagaimana cara penggunaan Thiamine?

Gunakan sebagaimana yang dianjurkan pada label, atau seperti yang diresepkan oleh dokter Anda. Jangan gunakan dalam jumlah yang lebih besar, lebih kecil, atau lebih lama dari yang disarankan.

Thiamin injeksi disuntikkan ke dalam otot. Anda mungkin akan ditunjukkan cara penggunaan injeksi untuk dilakukan di rumah. Jangan menyuntik diri sendiri apabila Anda tidak sepenuhnya mengerti cara melakukannya, dan buanglah jarum serta suntikan dengan benar.

Jangan menggunakan obat injeksi apabila telah berubah warna atau ada partikel-partikel di dalamnya. Hubungi dokter Anda untuk resep baru.

Dosis thiamine yang disarankan meningkat seiring dengan usia. Ikuti instruksi dari penyedia layanan kesehatan Anda. Anda juga mungkin dapat melihat daftar “dietary reference intake” dari National Academy of Sciences atau “dietary reference intake” dari U.S. Department of Agriculture untuk informasi lebih lanjut.

Thiamin hanya berupa sebagian dari program pengobatan yang mungkin juga termasuk diet khusus. Penting untuk mengikuti rencana diet yang dibuat oleh dokter atau ahli gizi untuk Anda. Anda juga harus mengenal dengan baik daftar makanan yang harus Anda makan atau hindari untuk membantu mengontrol kondisi Anda.

Bagaimana cara penyimpanan Thiamine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.    

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Thiamine

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Thiamine untuk orang dewasa?

Dosis untuk beri-beri pada orang dewasa:

10-20 mg IM tiga kali sehari hingga 2 minggu. Setelah itu, gunakan multivitamin terapi oral yang mengandung 5-10 mg thiamine sehari selama satu bulan. Lengkapi juga dengan diet yang lengkap dan seimbang.

Neuritis pada kehamilan:

Apabila mual dan muntah yang parah menghalangi terapi oral, berikan 5-10 mg IM per hari.

‘Basah’ dengan gagal myocardial:

Sebagai pengobatan kondisi jantung gawat darurat. Thiamine diberikan perlahan lewat infus.

Dosis untuk defisiensi thiamine pada orang dewasa:

Apabila diberikan dextrose: pada pasien dengan status thiamin yang marginal, berikan 100 mg dalam beberapa liter pertama cairan infus untuk mencegah terjadinya gagal jantung.

Untuk suplemen vitamin/mineral pada dewasa:

50-100 mg oral sehari sekali.

Untuk Wernicke’s Encephalopathy pada dewasa:

100 mg infus sebagai dosis awal diikuti dengan 50-100 mg/hari IM atau infus hingga pasien biasa menjalani diet seimbang.

Bagaimana dosis Thiamine untuk anak-anak?

Dosis untuk beri-beri pada Anak-anak:

10-25 mg IM atau infus per hari (apabila dalam keadaan kritis), atau 10-50 mg oral setiap hari selama 2 minggu, lalu 5-10 mg oral per hari selama satu bulan. Apabila gejala muncul kembali: berikan 25 mg infus dengan hati-hati.

Dosis untuk defisiensi thiamin pada anak-anak:

Apabila diberikan dextrose: untuk pasien dengan status thiamin marginal, berikan 100 mg pada beberapa liter pertama dari caran infus untuk mencegah terjadinya gagal jantung.

Dosis untuk suplemen vitamin/mineral pada anak-anak:

Bayi: 0.3-0.5 mg oral sekali sehari; Anak-anak 0.5-1 mg oral sekali sehari.

Dalam dosis apakah Thiamine tersedia?

  • Kapsul, oral 50 mg
  • Solusi, injeksi 100 mg/ml
  • Tablet 50 mg; 100 mg; 250 mg

Efek samping Thiamine

Efek samping apa yang dapat dialami karena Thiamine?

Apabila Anda mengalami reaksi alergi pada obat ini, segera cari pertolongan medis. Gejala reaksi alergi dapat berupa: Gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Segera hubungi dokter apabila Anda mengalami efek samping serius seperti:

  • Bibir membiru
  • Nyeri dada, sulit bernapas
  • Feses berwarna hitam, atau berdarah
  • Batuk berdarah atau muntahan yang terlihat seperti kopi

Efek samping ringan dapat termasuk:

  • Mual, perasaan tercekat pada tenggorokan
  • Berkeringat, merasa hangat
  • Ruam atau gatal
  • Gelisah
  • Benjolan atau rasa sakit di mana injeksi thiamine diberikan

Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Thiamine

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Thiamine?

Jangan gunakan thiamine apabila Anda pernah mengalami reaksi alergi karena thiamine.

Tanyakan pada dokter atau apoteker sebelum Anda menggunakan thiamine apabila Anda memiliki kondisi kesehatan lain, atau apabila Anda menggunakan obat-obatan atau produk herbal lain, atau apabila Anda memiliki alergi terhadap obat-obatan atau makanan tertentu.

Apakah Thiamine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Interaksi Obat Thiamine

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Thiamine?

Meskipun beberapa obat tertentu tidak direkomendasikan untuk digunakan bersamaan, pada kasus lain dua obat-obatan yang berbeda dapat digunakan bersamaan meskipun interaksi obat mungkin terjadi. Pada kasus-kasus seperti ini, dokter Anda mungkin akan mengganti dosis, atau pencegahan lain yang perlu dilakukan. Beritahu penyedia layanan kesehatan Anda apabila Anda menggunakan obat-obatan resep atau non-resep lain.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Thiamine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Thiamine?

Adanya masalah kesehatan lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahu dokter apabila Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis Thiamine

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Xerostomia (Mulut Kering)

Xerostomia adalah kondisi mulut yang kering. Cari tahu gejala, penyebab, faktor risiko, dan cara pengobatan xerostomia di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 27 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Mengatasi Gangguan pada Lidah Dimulai dengan Menjaga Kebersihannya

Demi menjaga kesehatan lidah, membersihkan lidah sama pentingnya dengan menggosok gigi. Simak tips menjaga kebersihan lidah di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 27 November 2020 . Waktu baca 7 menit

8 Penyebab Lidah Bengkak Sebagai Gejala Glositis yang Paling Umum

Faktanya, ada banyak sekali penyebab lidah bengkak. Mulai dari hal-hal yang sepele, hingga tanda dari kondisi medis tertentu.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 27 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Glositis (Radang Lidah)

Jika Anda mengalami lidah bengkak, meradang, dan berubah warna, mungkin Anda mengalami penyakit glossitis. Apa penyebab dan bagaimana mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 27 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab bau mulut

Wajib Tahu 15 Penyebab Bau Mulut yang Mengganggu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 9 menit
bau mulut halitosis adalah

Bau Mulut (Halitosis)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 12 menit
cara mengatasi mulut kering

10 Cara Ampuh Mengatasi Masalah Mulut Kering

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 7 menit
penyebab mulut kering

7 Penyebab Mulut Kering Selain Dehidrasi yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 6 menit