Cytarabine

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 14 menit
Bagikan sekarang

Cytarabine Obat Apa?

Untuk apa cytarabine?

Cytarabine adalah obat tunggal (digunakan sendiri) atau dikombinasi  dengan obat lain untuk mengobati berbagai jenis kanker. Obat ini adalah obat kemoterapi yang bekerja dengan cara memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker. 

Dosis Cytarabine

Bagaimana cara penggunaan Cytarabine?

Cytarabine adalah obat biasanya diberikan melalui suntikan ke dalam pembuluh darah oleh seorang ahli kesehatan. Obat ini juga dapat diberikan dengan metode lain tergantung pada kondisi medis Anda. Dosis didasarkan pada kondisi medis, ukuran tubuh, dan respon Anda terhadap pengobatan.

Minumlah banyak air saat menggunakan obat ini, kecuali dokter Anda menyarankan hal lain. Cara ini dapat membantu ginjal untuk membersihkan obat ini dari tubuh Anda dan dapat membantu Anda menghindari beberapa efek samping.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan Cytarabine?

Cytarabine adalah obat yang baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Efek samping Cytarabine

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis cytarabine untuk orang dewasa?

Dosis dewasa biasa untuk leukimia nonlimpositik akut:

Sebagai bagian dari kombinasi dengan kemoterapi:

100 mg / m2 / hari dengan infus IV secara berlanjut (hari ke1 sampai hari ke 7) atau 100 mg / m2 IV setiap 12 jam (hari ke1 sampai hari ke 7) dengan anthracycline.

Dosis dewasa biasa untuk lymphoma non-Hodgkin:

  • Induksi Leukemia Akut:

Gunakan sebanyak 100 sampai 200 mg / m2 / hari atau 2 sampai 6 mg / kg / hari sebagai infus IV yang berlanjut selama 24 jam atau dalam dosis yang terbagi dengan suntikan yang cepat selama 5 sampai 10 hari. Penggunaan ini dapat diulang sekitar setiap 2 minggu.

  • Untuk limfoma non-Hodgkin refraktori dan leukemia myeloid akut:

Gunakan sebanyak 2 sampai 3 g / m2 IV setiap dua belas jam sampai 12 dosis. Infus IV umumnya berlangsung selama 1 sampai 3 jam. Penggunaan dosis cytarabine harus ditunda atau dimodifikasi jika tingkat ANC di bawah 1000 / mm3 atau jumlah trombosit di bawah 50.000 / mm3.

  • Untuk leukimia granulositik / leukemia myelogenous kronis kronis:

Gunakan sebanyak 20 mg / m2 secara subkutan selama 10 hari per bulan selama 6 bulan dengan interferon alfa.

Dosis dewasa biasa untuk Leukemia Myelogenous kronis:

  • Induksi leukemia akut:

Gunakan sebanyak 100 sampai 200 mg / m2 / hari atau 2 sampai 6 mg / kg / hari sebagai infus IV secara berlanjut selama 24 jam atau dalam dosis yang terbagi dengan suntikan yang cepat selama 5 sampai 10 hari. Penggunaan ini dapat diulang setiap 2 minggu.

  • Untuk limfoma non-Hodgkin refraktori dan leukemia myeloid akut:

Gunakan sebanyak 2 sampai 3 g / m2 IV setiap dua belas jam hingga12 dosis. Infus IV umumnya berlangsung selama 1 sampai 3 jam. Dosis cytarabine harus ditunda atau dimodifikasi jika ANC di bawah 1000 / mm3 atau jumlah trombosit di bawah 50.000 / mm3.

  • Untuk leukimia granulocytic akut / leukemia myelogenous akut:

Gunakan sebanyak 20 mg / m2 secara subkutan selama 10 hari per bulan selama 6 bulan dengan interferon alfa.

Dosis dewasa biasa untuk leukimia myeloid akut:

  • Induksi Leukemia Akut:

Gunakan sebanyak 100 sampai 200 mg / m2 / hari atau 2 sampai 6 mg / kg / hari sebagai infus IV yang berlanjut selama 24 jam atau dalam dosis terbagi dengan suntikan yang cepat selama 5 sampai 10 hari. Penggunaan ini dapat diulang kira-kira setiap 2 minggu.

  • Untuk limfoma non-Hodgkin refraktori dan leukemia myeloid akut:

Gunakan sebanyak 2 sampai 3 g/m2 IV setiap dua belas jam sampai 12 dosis. Infus IV umumnya berlangsung selama 1 sampai 3 jam. Dosis cytarabine harus ditunda atau dimodifikasi jika ANC di bawah 1000 / mm3 atau jumlah trombosit di bawah 50.000 / mm3.

  • Untuk leukimia granulocytic akut/ leukemia myelogenous akut:

Gunakan sebanyak 20 mg / m2 secara subkutan selama 10 hari per bulan selama 6 bulan dengan interferon alfa.

Dosis dewasa biasa untuk leukemia:

  • Induksi Leukemia Akut:

Gunakan sebanyak 100 sampai 200 mg / m2 / hari atau 2 sampai 6 mg / kg / hari sebagai infus IV secara berlanjut selama 24 jam atau dalam dosis yang terbagi dengan suntikan yang cepat selama 5 sampai 10 hari. Penggunaan ini dapat diulang kira-kira setiap 2 minggu.

  • Untuk limfoma non-Hodgkin refraktori dan leukemia myeloid akut:

Gunakan sebanyak 2 sampai 3 g / m2 IV setiap dua belas jam sampai 12 dosis. Infus IV umumnya berlangsung selama 1 sampai 3 jam. Dosis cytarabine harus ditunda atau dimodifikasi jika ANC di bawah 1000 / mm3 atau jumlah trombosit di bawah 50.000 / mm3.

  • Untuk leukimka granulocytic akut / leukemia myelogenous akut:

Gunakan sebanyak 20 mg / m2 secara subkutan selama 10 hari per bulan selama 6 bulan dengan interferon alfa.

Bagaimana dosis Cytarabine untuk anak-anak?

  • Dosis anak-anak biasa untuk leukimia nonlimfositik akut:

Sebagai bagian dari kombinasi dengan kemoterapi:

100 mg / m2 / hari dengan infus IV yang berlanjut (hari 1- hari 7) atau 100 mg / m2 IV setiap 12 jam (hari 1 – hari 7) dengan anthracycline.

  • Dosis anak-anak biasa untuk lymphoma non-Hodgkin:

Untuk lymphoma non-Hodgkin refraktori dan leukemia myeloid akut:

1 sampai 3 g / m2 IV setiap dua belas jam sampai 12 dosis Infus IV biasanya berlangsung selama 1 sampai 3 jam. Dosis cytarabine harus ditunda atau dimodifikasi jika ANC di bawah 1000 / mm3 atau jumlah trombosit di bawah 50.000 / mm3.

  • Dosis anak-anak biasa untuk leukimia myeloid akut:

Untuk limfoma non-Hodgkin refraktori dan leukemia myeloid akut:

1 sampai 3 g / m2 IV setiap dua belas jam sampai 12 dosis Infus IV biasanya berlangsung selama 1 sampai 3 jam. Dosis cytarabine harus ditunda atau dimodifikasi jika ANC di bawah 1000 / mm3 atau jumlah trombosit di bawah 50.000 / mm3.

  • Dosis anak-anak biasa untuk leukimia meningeal:

Produsen telah menyatakan bahwa dosis mulai dari 5 mg / m2 hingga 75 mg / m2 telah digunakan secara intratekal dan frekuensi pemberian telah bervariasi dari sekali sehari selama 4 hari hingga sekali setiap 4 hari. Produsen lebih lanjut menyatakan bahwa 30 mg / m2 setiap 4 hari sampai tingkat cairan serebrospinal pada kondisi normal, diikuti oleh satu pengobatan tambahan yang merupakan terapi yang paling sering digunakan.

Namun, beberapa dokter merekomendasikan mengikuti dosis berdasarkan usia:

  • <1 tahun: 20 mg
  • 1 sampai 2 tahun: 30 mg
  • 2 sampai 3 tahun: 50 mg
  • > 3 tahun: 70 sampai 75 m

Dalam dosis apakah Cytarabine tersedia?

Cytarabine adalah obat yang tersedia dalam dosis:

  • Larutan 2% (5 mL) 5% (10 ml)
  • Bubuk 100 mg 500 mg 1000 mg 2000 mg

Peringatan dan Perhatian Obat Cytarabine

Efek samping apa yang dapat dialami karena cytarabine?

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat ini, risiko penggunaan obat harus dipertimbangkan terhadap manfaatnya. Ini adalah keputusan Anda dan dokter Anda.Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan cytarabin adalah sebagai berikut

Alergi

Cytarabine adalah obat yang dapat bereaksi bila Anda memiliki alergi tertentu. Beri tahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Juga beritahu ahli kesehatan jika Anda memiliki jenis alergi lain, seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, baca label atau paket bahan penyusun dengan hati-hati.

Anak-anak

Cytarabine adalah obat yang harus diperhatikan penggunaannya pada anak-anak. Meskipun tidak ada informasi spesifik yang membandingkan penggunaan cytarabine pada anak-anak dengan yang digunakan pada kelompok usia lainnya, obat ini tidak diharapkan untuk menimbulkan efek samping yang berbeda atau masalah pada anak-anak seperti yang terjadi pada orang dewasa.

Orang tua

Cytarabine adalah obat yang harus diperhatikan bila digunakan pada orangtua. Banyak obat-obatan belum diteliti secara khusus pada orang tua. Oleh karena itu, mungkin tidak diketahui apakah obat ini bekerja dengan cara yang sama pada orang dewasa muda. Meskipun tidak ada informasi spesifik membandingkan penggunaan cytarabine pada orang tua dengan yang digunakan pada kelompok usia lainnya, obat ini tidak diharapkan untuk menimbulkan efek samping yang berbeda atau masalah pada orang tua seperti yang terjadi pada orang dewasa muda.

Apakah Cytarabine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Cytarabine adalah obat yang belum diketahui efeknya pada ibu hamil dan menyusui. Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Amerika    

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Amerika :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Interaksi Obat Cytarabine

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan cytarabine?

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat ini, risiko penggunaan obat harus dipertimbangkan terhadap manfaatnya. Ini adalah keputusan Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, berikut harus dipertimbangkan:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Juga beritahu ahli kesehatan jika Anda memiliki jenis alergi lain, seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, baca label atau paket bahan penyusun dengan hati-hati.

Anak-anak

Meskipun tidak ada informasi spesifik yang membandingkan penggunaan cytarabine pada anak-anak dengan yang digunakan pada kelompok usia lainnya, obat ini tidak diharapkan untuk menimbulkan efek samping yang berbeda atau masalah pada anak-anak seperti yang terjadi pada orang dewasa.

Orang tua

Banyak obat-obatan belum diteliti secara khusus pada orang tua. Oleh karena itu, mungkin tidak diketahui apakah obat ini bekerja dengan cara yang sama pada orang dewasa muda. Meskipun tidak ada informasi spesifik membandingkan penggunaan cytarabine pada orang tua dengan yang digunakan pada kelompok usia lainnya, obat ini tidak diharapkan untuk menimbulkan efek samping yang berbeda atau masalah pada orang tua seperti yang terjadi pada orang dewasa muda.

Apakah cytarabine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Overdosis Cytarabine

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan cytarabine?

Cytarabine adalah obat yang bisa berinteraksi dengan obat lain. Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan sekaligus, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama-sama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis, atau melakukan tindakan pencegahan lainnya yang mungkin diperlukan. Beritahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat lain yang beredar di pasaran.

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut ini tidak dianjurkan. Dokter Anda mungkin memutuskan untuk tidak memberikan obat ini pada Anda atau mengubah beberapa obat lain yang Anda gunakan.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Cytarabine?

Cytarabine adalah obat yang dapat berinteraksi dengan alkohol atau bahkan makanan tertentu. Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Cytarabine?

Cytarabine adalah obat yang dapat berinteraksi dengan beberapa kondisi kesehatan tertentu. Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • cacar (termasuk paparan yang baru)
  • herpes zoster (shingles) – risiko penyakit semakin parah dan dapat mempengaruhi bagian lain dari tubuh
  • encok (riwayat encok)

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Gejala Kanker Tenggorokan yang Paling Mudah Dikenali

Meski kanker jenis ini masih dibilang jarang, tapi tak ada salahnya untuk mengenali ciri-ciri atau gejala kanker tenggorokan sejak dini. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 25 Oktober 2019 . Waktu baca 7 menit

3 Cara Utama Mengobati Kanker Esofagus di Rumah Sakit

Semakin dini kanker esofagus didiagnosis, maka pengobatannya akan kian mudah. Berikut cara mengobati kanker esofagus yang paling sering dianjurkan dokter.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 24 Oktober 2019 . Waktu baca 6 menit

6 Cara Mencegah Kanker Tenggorokan Sejak Dini

Kanker tenggorokan dapat menyerang siapa saja. Namun, jangan khawatir. Ada banyak cara mencegah kanker tenggorokan untuk Anda terapkan mulai sekarang.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 22 Oktober 2019 . Waktu baca 7 menit

Kanker Lidah Stadium 4: Gejala, Harapan Hidup, dan Cara Mengobatinya

Setiap jenis kanker memiliki tahapan stadiumnya masing-masing. Begitu pula kanker lidah. Lantas, apa artinya jika Anda didiagnosis kanker lidah stadium 4?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 20 Oktober 2019 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat herbal tradisional kanker kolorektal usus besar kolon rektum

5 Jenis Obat Herbal yang Berpontensi Mengobati Kanker Kolorektal

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 31 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit
obat pengobatan kanker lambung perut bisa sembuh

Obat dan Jenis Pengobatan untuk Kanker Lambung (Perut)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25 Agustus 2020 . Waktu baca 7 menit
operasi kanker tenggorokan

5 Jenis Operasi yang Paling Sering Direkomendasikan Dokter untuk Kanker Tenggorokan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 31 Oktober 2019 . Waktu baca 5 menit
gejala kanker esofagus

5 Gejala Kanker Esofagus yang Paling Mudah Dikenali

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28 Oktober 2019 . Waktu baca 5 menit