home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pola Makan yang Sesuai untuk Anda Berdasarkan Golongan Darah

Pola Makan yang Sesuai untuk Anda Berdasarkan Golongan Darah

Kata orang, golongan darah bisa mempengaruhi kepribadian; jadi tidak heran jika banyak orang yang mengaitkan sikap seseorang dengan golongan darah yang dimiliki. Namun sayangnya, hingga saat ini belum ada bukti kuat yang menyatakan adanya hubungan antara golongan darah dengan kepribadian seseorang. Sebaliknya, justru telah banyak penelitian yang membuktikan adanya hubungan antara golongan darah dengan risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit lain yang berhubungan dengan respon stres imun.

Menurut Peter D’Adamo dalam bukunya yang berjudul Eat Right for Your Type disebutkan bahwa darah adalah makanan paling mendasar bagi tubuh Anda; sehingga jenis darah yang berbeda akan bereaksi berbeda pula terhadap makanan yang Anda makan. Oleh karena itu, Peter D’Adamo memberikan rekomendasi makanan berdasarkan golongan darah seperti berikut ini.

Pola makan untuk golongan darah A

Golongan darah A cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih sensitif, sehingga terlalu banyak tekanan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka lebih cepat dibandingkan golongan darah lainnya. Mereka memiliki kadar asam lambung lebih rendah sehingga cenderung sulit mencerna makanan yang mengandung protein hewani dan lemak.

Mereka lebih dianjurkan untuk konsumsi makanan yang mengandung protein nabati seperti kedelai, tempe, kacang polong, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan yang berifat alkali seperti alpukat, kurma, apel, berry, dan lain-lain. Namun karena pemilik golongan darah A cenderung sensitif terhadap lektin, maka mereka tidak dianjurkan untuk konsumsi kentang, umbi-umbian, serta pepaya, mangga, dan jeruk yang dapat memicu diabetes.

Pola makan untuk golongan darah B

Golongan darah B lebih fleksibel dibandingkan dengan golongan darah lainnya khususnya A dan O karena mereka dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani maupun nabati. Mereka dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi daging merah, sayuran hijau, telur, dan produk susu rendah lemak.

Namun, pemilik golongan darah B tidak dianjurkan untuk konsumsi ayam, gandum, jagung, kacang, tomat, kacang tanah dan biji wijen karena makanan tersebut dapat mempengaruhi proses metabolisme tubuh yang dapat mengakibatkan kelelahan, retensi cairan, dan hipoglikemia.

Pola makan untuk golongan darah O

Pemilik golongan darah O cenderung memiliki kadar asam lambung yang tinggi dan memiliki kemampuan untuk mencerna protein dan lemak dengan mudah. Faktor pencernaan ini sangat meningkatkan kemampuan tipe O untuk memetabolisme kolesterol dalam produk hewani secara lebih efisien dan mengasimilasi kalsium dengan lebih baik.

Pemilik golongan darah O tidak dianjurkan untuk sering mengonsumsi susu dan olahannya karena produk tersebut sulit dicerna oleh tubuh. Oleh karena mereka cenderung alergi terhadap gluten, maka mereka tidak dianjurkan untuk konsumsi kubis, kembang kol, dan gandum yang dapat menghambat hormon tiroid dan berpengaruh buruk bagi insulin yang dapat menghambat sistem metabolisme tubuh.

Pola makan sehat berdasarkan golongan darah O adalah buah-buahan yang bersifat alkali seperti alpukat, apel, kurma, bawang putih, wortel, seledri, serta daging sapi, domba, kalkun, ayam, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dan seafood karena dapat meningkatkan produksi hormon.

Pola makan untuk golongan darah AB

Sama seperti golongan darah A, orang dengan tipe golongan darah AB memiliki asam lambung yang rendah sehingga mereka tidak dianjurkan untuk makan daging karena sistem pencernaannya sulit menerima makanan tersebut. Mereka juga tidak dianjurkan untuk konsumsi kafein dan alkohol terlebih saat mereka sedang stres. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah tahu, susu, sayuran hijau, dan makanan laut yang merupakan sumber terbaik protein seperti salmon, sarden, tuna, dan ikan kakap merah.

Apakah pola makan berdasarkan golongan darah ini memang efektif?

Pola makan tersebut dibuat oleh Peter D’Adamo untuk membantu Anda menurunkan berat badan atau diet sesuai golongan darah. Namun sayangnya, studi pada tahun 2013 menyebutkan bahwa tidak ada bukti kuat yang mendukung manfaat pola makan berdasarkan golongan darah tersebut.

Pada diet golongan darah, Anda akan menghindari beberapa makanan olahan dan karbohidrat sederhana yang mungkin dapat membantu Anda menurunkan berat badan; hanya saja, hal ini tidak ada kaitannya dengan golongan darah. Bahkan saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa diet golongan darah dapat membantu pencernaan dan memberikan lebih banyak energi.

American Diabetes Association justru memperingatkan agar Anda tidak perlu memusatkan perhatian pada makanan tertentu dan tidak dianjurkan untuk menghindari kelompok makanan tertentu kecuali jika Anda alergi atau memiliki pantangan terhadap makanan tersebut.

Namun, jika diet golongan darah ini membuat Anda tertarik, yang perlu Anda ingat adalah bahwa diet ini disusun sebagai rekomendasi alternatif dalam menurunkan berat badan, bukan sebagai upaya pembatasan makanan berdasarkan golongan darah Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

http://www.webmd.com/diet/a-z/blood-type-diet diakses pada 16/06/2017 pukul 07.34 WIB.

http://www.dadamo.com/txt/index.pl?1003 diakses pada 16/06/2017 pukul 07.36 WIB.

http://www.dadamo.com/txt/index.pl?1006 diakses pada 16/06/2017 pukul 07.40 WIB.

http://www.dadamo.com/txt/index.pl?1005 diakses pada 16/06/2017 pukul 07.41 WIB.

http://www.dadamo.com/txt/index.pl?1004 diakses pada 16/06/2017 pukul 07.48 WIB.

http://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0126983 diakses pada 16/06/2017 pukul 07.52 WIB.

https://bodyecology.com/articles/link_blood_type_personality_diet.php diakses pada 16/06/2017 pukul 07.56 WIB.


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novi Sulistia Wati Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x