Panduan Sehat Diet GM, Cara Cepat Turun Berat Badan dalam 7 Hari

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Diet General Motors atau dikenal dengan diet GM adalah jenis diet yang mengharuskan Anda untuk membatasi menu dan porsi makan selama satu minggu. Diet ini menjanjikan penurunan berat badan yang lumayan fantastis—hingga 7 kilogram. Menggiurkan untuk dicoba bukan? Akan tetapi, tentu hasil akhir ini akan bisa mulus tercapai jika Anda melakukannya dengan benar. Simak serba-serbi diet GM dan panduan tepat menjalaninya di bawah ini.

Apa itu diet GM?

aturan diet yang salah

Diet GM awal mulanya digunakan untuk karyawan General Motors pada tahun 1985 di Amerika Serikat dan menyebar ke kalangan umum. Diet GM adalah diet yang akan mengharuskan Anda untuk merencanakan asupan makanan yang minim kalori namun kaya asupan gizi, yang harus dipatuhi selama 7 hari berturut-turut. Penting untuk dicatat bahwa kebanyakan menu diet GM melibatkan variasi buah dan sayuran.

Misalnya, makanan pada hari pertama, Anda hanya diperbolehkan makan buah-buahan. Lalu, di hari kedua, Anda hanya makan sayuran, dan seterusnya. Beberapa manfaat yang dijanjikan oleh diet GM adalah:

  • Kehilangan 7 kilogram berat tubuh hanya dalam satu minggu
  • Membuang racun dan kotoran dalam tubuh Anda
  • Memperbaiki fungsi sistem pencernaan
  • Meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak lebih banyak

Panduan menjalani diet GM

diet dash diet hipertensi

Diet GM menganjurkan Anda untuk memperbanyak makan makanan yang mengandung banyak air. Sebab, buah, sayuran, dan makanan yang mengandung banyak air dipercaya bisa meningkatkan pembakaran lemak sembari membantu membilas racun dari dalam tubuh.

Contoh rencana menu diet GM adalah:

  1. Hari pertama. Anda dianjurkan untuk makan buah sebanyak mungkin. Boleh buah apa pun, kecuali pisang. Dibandingkan jenis buah lainnya, pisang mengandung gula dan kalori yang lumayan tinggi. Pilihan terbaiknya konsumsilah semangka. Pasalnya, buah satu ini mengandung mengandung banyak air. Selain membantu mencegah dehidrasi, buah yang kaya air juga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda.
  2. Hari kedua. Anda dianjurkan untuk makan sayuran sebagai menu diet GM di hari kedua. Sayuran ini boleh dimakan mentah ataupun dimasak terlebih dahulu. Kuncinya, hindari menggunakan minyak untuk mengolah sayuran. Anda bisa merebus atau memanggangnya. 
  3. Hari ketiga. Pada hari ketiga ini, Anda masih dianjurkan makan buah dan sayuran. Makanlah berbagai jenis buah dan sayuran kesukaan Anda, kecuali pisang dan kentang.
  4. Hari keempat. Untuk menu diet GM di hari keempat, Anda dianjurkan untuk makan buah pisang dan susu saja. Anda bisa makan 6 buah pisang berukuran besar, atau 8 buah pisang berukuran kecil. Sedangkan susu yang dikonsumsi disarankan menggunakan susu rendah lemak sebanyak 3 gelas.
  5. Hari kelima. Anda disarankan makan 2 porsi daging tanpa lemak (boleh daging sapi, ikan, atau ayam) sebanyak 300 gram ditemani dengan 6 buah tomat. Jangan lupa juga untuk meningkatkan asupan air mineral yang cukup untuk membantu pemecahan purin dari konsumsi daging. Sup sayuran juga bisa dijadikan menu diet GM di hari kelima.
  6. Hari keenam. Sama seperti hari sebelumnya, Anda dianjurkan makan daging sebanyak 300 gram dan sayuran apa pun, kecuali kentang.
  7. Hari ketujuh atau terakhir. Anda sudah diperbolehkan makan nasi, tapi hanya nasi merah. Selain itu Anda juga dianjurkan makan buah ataupun sayuran mentah. Boleh juga minum jus. 

Anda dianjurkan untuk minum banyak air putih (hingga 12-15 gelas) setiap harinya selama menjalani diet ini. Hal ini bertujuan untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda.

Namun, diet GM belum tentu aman untuk semua orang

kelaparan saat diet

Meskipun diet ini menganjurkan Anda mengonsumsi banyak makanan sehat, seperti buah dan sayuran serta mengurangi makan-makanan yang manis, diet ini masih punya banyak kekurangan dibanding kelebihannya. Beberapa hal yang harus diketahui adalah belum ada penelitian pasti terkait diet ini mengenai proses, kekurangan, dan kelebihannya.

Diet ini juga berpotensi mengurangi nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, karena tidak terdapat dalam buah dan sayuran. Meski asupan protein dapat meningkatkan nafsu makan dan berat badan, tapi kita tidak boleh juga serta-merta melupakan pentingnya fungsi protein bagi tubuh. Protein penting untuk perbaikan dan regenerasi sel serta jaringan tubuh, mengatur hormon dan sistem imun tubuh, hingga menyuplai energi dan membentuk otot.

Alhasil, diet GM bisa membuat tubuh kekurangan proteinSelain itu, kekurangan gizi penting dalam tubuh, apa pun bentuknya, tidak akan menyebabkan penurunan berat badan yang bertahan lama. Yang ada, membatasi jenis makanan setiap hari malah bisa membuat Anda cepat pusing dan justru ingin makan lebih banyak pada hari ketiga atau keempat.

Kekurangan nutrisi dapat membuat Anda mengalami kerontokan rambut yang parah, kulit menjadi kering, mudah lelah, otot menjadi lemah, dan anemia. Hanya sedikit kalori yang masuk ke tubuh ditambah dengan tidak diimbangi oleh olahraga teratur, membuat diet GM juga dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lebih lambat

Diet GM juga bukan cara aman untuk turunkan berat badan

mempertahankan berat badan

Masalah paling utama dari diet GM adalah diet ini hanya dilakukan selama 7 hari, dan tidak berkelanjutan setelahnya. Artinya, meski sudah turun, berat badan Anda sangat mungkin mengalami kenaikan kembali. Hal ini umumnya terjadi pada mereka yang sudah tidak lagi menerapkan pola makan sehat setelah diet.

Inilah mengapa, diet GM bukan cara aman untuk menurunkan berat badan. Alih-alih menerapkan diet “yo-yo”, dan berat badan Anda pun turun kembali, cobalah untuk melakukan diet sehat sembari rajin berolahraga secara rutin. Sebab, berat badan yang berkurang akan mengikuti ketika Anda makan makanan bergizi dengan diiringi banyaknya aktivitas yang bisa membuat badan Anda sehat.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Anda mungkin cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan mual. Nah, ternyata masih ada khasiat lain dari kunyit yang mungkin belum Anda tahu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 25 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Wabah Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kesehatan Masyarakat

Rasa kesepian banyak dialami oleh masyarakat modern. Bahkan, kondisi psikologis ini bisa dianggap sebagai salah satu ancaman kesehatan yang serius.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Tak Hanya Lemak, Kebanyakan Makan Garam Juga Bikin Tubuh Gemuk

Makanan berlemak selalu dinilai sebagai penyebab kenaikan berat badan. Eits, jangan salah, kebanyakan makan garam juga bisa membuat Anda lebih cepat gemuk.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Obesitas, Nutrisi 25 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Tahukah Anda bahwa mentega dan margarin tidaklah sama? Salah satunya ternyata berisiko bagi jantung, kolesterol, dan berat badan Anda. Yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengusir semut

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Seks setelah haid

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit
menguji keperawanan wanita

Bisakah Mengetahui Keperawanan Wanita Lewat Ciri Fisiknya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit