home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Serba-serbi Diet GM yang Konon Bisa Turunkan Berat Badan dalam 7 Hari

Serba-serbi Diet GM yang Konon Bisa Turunkan Berat Badan dalam 7 Hari

Diet General Motors atau dikenal dengan diet GM adalah jenis diet yang mengharuskan Anda untuk membatasi menu dan porsi makan selama satu minggu. Jenis diet ini menjanjikan penurunan berat badan yang lumayan fantastis, hingga 7 kilogram. Menggiurkan bukan?

Apa itu diet GM?

aturan diet yang salah

Diet GM adalah diet yang akan mengharuskan Anda untuk merencanakan asupan makanan yang minim kalori namun kaya asupan gizi, yang harus dipatuhi selama 7 hari berturut-turut.

Pada awalnya, diet GM dibuat khusus untuk para karyawan General Motors pada 1985. Seiring waktu, diet ini menyebar ke kalangan umum. Kebanyakan menunya melibatkan variasi buah dan sayuran.

Sebagai contoh, makanan pada hari pertama, Anda hanya diperbolehkan makan buah-buahan. Lalu, di hari kedua, Anda hanya makan sayuran, dan seterusnya. Beberapa manfaat yang dijanjikan oleh diet GM yaitu:

  • kehilangan 7 kilogram berat tubuh hanya dalam satu minggu,
  • membuang racun dan kotoran dalam tubuh Anda,
  • memperbaiki fungsi sistem pencernaan, serta
  • meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak lebih banyak.

Panduan menjalani diet GM

diet dash diet hipertensi

Diet GM menganjurkan Anda untuk menambah asupan makanan yang mengandung banyak air. Sebab, buah, sayuran, dan makanan yang jenis ini dipercaya bisa meningkatkan pembakaran lemak sembari membantu membilas racun dari dalam tubuh.

Di bawah ini menu diet GM selama tujuh hari.

  1. Hari pertama. Anda dianjurkan untuk makan buah sebanyak mungkin. Boleh buah apa pun selain buah pisang karena mengandung gula dan kalori yang lumayan tinggi. Pilihan terbaiknya yaitu buah semangka karena termasuk buah dengan kandungan air yang banyak. Selain membantu mencegah dehidrasi, makanan kaya air juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda.
  2. Hari kedua. Anda dianjurkan untuk makan sayuran sebagai menu diet GM pada hari kedua. Sayuran ini boleh dimakan mentah ataupun dimasak terlebih dahulu. Kuncinya, hindari menggunakan minyak untuk mengolah sayuran. Anda bisa merebus atau memanggangnya.
  3. Hari ketiga. Pada hari ketiga, Anda masih dianjurkan makan buah dan sayuran. Makanlah berbagai jenis buah dan sayuran kesukaan Anda, kecuali pisang dan kentang.
  4. Hari keempat. Untuk hari keempat, Anda dianjurkan untuk makan menu buah pisang dan susu saja. Anda bisa makan 6 buah pisang berukuran besar, atau 8 buah pisang berukuran kecil. Sedangkan susu yang dikonsumsi disarankan menggunakan susu rendah lemak sebanyak 3 gelas.
  5. Hari kelima. Anda disarankan makan 2 porsi daging tanpa lemak (boleh daging sapi, ikan, atau ayam) sebanyak 300 gram ditemani dengan 6 buah tomat. Jangan lupa juga untuk meningkatkan asupan air mineral yang cukup untuk membantu pemecahan purin dari konsumsi daging. Sup sayuran juga bisa dijadikan menu diet GM di hari kelima.
  6. Hari keenam. Sama seperti hari sebelumnya, Anda dianjurkan makan daging sebanyak 300 gram dan sayuran apa pun, kecuali kentang.
  7. Hari ketujuh atau terakhir. Anda sudah diperbolehkan makan nasi, tapi hanya nasi merah. Selain itu Anda juga dianjurkan makan buah ataupun sayuran mentah. Boleh juga minum jus.

Anda dianjurkan untuk minum banyak air putih (12 – 15 gelas) setiap harinya selama menjalani diet ini. Hal ini bertujuan untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda.

Diet GM belum tentu aman untuk semua orang

kelaparan saat diet

Meskipun menganjurkan Anda mengonsumsi banyak makanan sehat seperti buah dan sayuran serta mengurangi makan-makanan yang manis, diet ini masih punya banyak kekurangan dibanding kelebihannya.

Beberapa hal yang harus diketahui yaitu belum ada penelitian pasti terkait diet ini mengenai proses, kekurangan, dan kelebihannya.

Diet ini tidak bisa dikatakan sebagai diet yang sehat dan seimbang karena berpotensi mengurangi nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Salah satunya yaitu nutrisi protein, karena tidak terdapat dalam buah dan sayuran.

Kekurangan gizi, apa pun bentuknya, tidak akan menyebabkan penurunan berat badan yang bertahan lama. Membatasi jenis makanan setiap hari malah bisa membuat Anda cepat pusing dan justru ingin makan lebih banyak pada hari ketiga atau keempat.

Kekurangan nutrisi dapat membuat Anda mengalami kerontokan rambut yang parah, kulit menjadi kering, mudah lelah, otot menjadi lemah, dan anemia.

Hanya sedikit kalori yang masuk ke tubuh ditambah dengan tidak diimbangi oleh olahraga teratur, membuat diet GM juga dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lebih lambat.

Diet GM juga bukan cara aman untuk turunkan berat badan

mempertahankan berat badan

Masalah lain yang juga membuat diet ini kurang efektif adalah durasinya yang hanya selama tujuh hari dan tidak berkelanjutan setelahnya.

Mungkin berat Anda akan turun setelahnya, tapi tak lama kemudian berat Anda bisa naik kembali. Apalagi bila Anda tidak mempertahankan pola makan yang sehat sehabis diet.

Inilah mengapa, diet GM bukan cara aman untuk menurunkan berat badan. Alih-alih menerapkan diet yoyo dan berat badan Anda pun turun kembali, cobalah untuk melakukan diet sehat sembari rajin berolahraga secara rutin.

Sebab, berat badan yang berkurang akan mengikuti ketika Anda makan makanan bergizi dengan diiringi banyaknya aktivitas seperti olahraga saat diet yang bisa membuat badan Anda sehat.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The GM Diet Plan: Lose Your Excess Weight in Just 7 Days. (n.d.). GM Diet. Retrieved 23 February 2021, from https://www.gmdiet.net/

Detoxes and Cleanses: What You Need To Know. (2019). National Center for Complementary and Integrative Health. Retrieved 23 February 2021, from https://www.nccih.nih.gov/health/detoxes-and-cleanses-what-you-need-to-know

The GM Diet. (2015). MedCrave. Retrieved 23 February 2021, from https://medcraveonline.com/AOWMC/the-gm-dietitrsquos-not-a-healthy-lifestyle-at-all.html

Lum T, Connolly M, Marx A, et al. Effects of Fresh Watermelon Consumption on the Acute Satiety Response and Cardiometabolic Risk Factors in Overweight and Obese Adults. Nutrients. 2019;11(3). Retrieved 23 February 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 01/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri